KESEHATAN
25 Maret 2020

Selain Jeruk, Ini 4 Buah Penambah Kekebalan Tubuh yang Patut Dikonsumsi

Yuk, mulai konsumsi buah ini Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Di tengah wabah virus COVID-19 ini, tentunya penting menjaga tubuh agar tetap sehat. Salah satunya, dengan mengonsumsi buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada banyak buah yang tersedia, tetapi buah-buahan berikut ini memiliki nutrisi untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sehingga, Moms bisa mengurangi suplemen vitamin dan mulai mengonsumsi sumber vitamin yang alami.

"Buah adalah sumber yang kaya vitamin, mineral, serat dan air, yang enak dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis," kata ahli gizi Ian Marber, mengutip Best Health.

Baca Juga: Supaya Tidak Sakit, Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan 3 Bahan Ini

Buah untuk Kekebalan Tubuh

Buah berikut ini bisa Moms konsumsi langsung, diolah menjadi smoothie, atau dimasukkan ke salah buah yang menyegarkan. Pastikan buah dalam kondisi yang segar dan layak dikonsumsi ya, Moms.

1. Buah Kiwi

buah untuk kekebalan tubuh-kiwi

Foto: Orami Photo Stock

Buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C, yang merupakan nutrisi penting sebagai penambah kekebalan tubuh.

Dalam Canadian Journal of Physiology and Pharmacology, disebutkan bahwa kiwi dapat mengurangi penyakit pilek atau flu, terutama pada kelompok berisiko seperti orang dewasa di atas usia 65 dan anak-anak.

2. Pepaya

buah untuk kekebalan tubuh-pepaya

Foto: Orami Photo Stock

Buah pepaya tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan, tetapi juga menjadi salah satu buah untuk kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C-nya.

Dalam situs Nutrition Data, diketahui kandungan vitamin C buah pepaya sebesar 86.5 mg, atau 144% dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu porsi sajian 140 gram.

Baca Juga: Makan Pepaya saat Hamil Berbahaya, Benarkah?

3. Blueberi

buah untuk kekebalan tubuh-blueberi

Foto: Orami Photo Stock

Buah-buahan kecil ini juga merupakan buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan flavonoidnya dapat membantu mengurangi kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, blueberi memiliki banyak vitamin, termasuk vitamin C, vitamin A, potasium, serat makanan, dan mangan. Moms bisa mengonsumsi buah ini langsung, atau diolah menjadi smoothie nan lezat dengan susu.

Baca Juga: Makan Stroberi, Salah Satu Cara Agar Cepat Hamil?

4. Stroberi

buah untuk kekebalan tubuh-stroberi

Foto: Orami Photo Stock

Tentunya Moms sudah mengetahui, bahwa buah stroberi merupakan sumber vitamin C terbaik.

"Stroberi adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Satu porsi mengandung 51,5 mg vitamin C, sekitar setengah persen dari kebutuhan harian Anda," kata Madeleine Edwards, ahli diet terdaftar, mengutip Best Health Magazine.

Itu dia Moms, empat jenis buah untuk kekebalan tubuh yang bisa meningkatkan imunitas. Konsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan, ya.

Artikel Terkait