TRIMESTER 2
22 September 2020

18 Buah untuk Melancarkan Buang Air Besar Bagi Ibu Hamil

Buang air besar jarang. Sakit perut. Bagian dari feses yang keras.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Dina Vionetta

Sembelit atau susah buang air besar selalu jadi masalah utama bagi ibu hamil. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, hampir tiga dari empat wanita hamil akan mengalami sembelit dan masalah usus lainnya di beberapa titik.

Dr. Rabin, Professor Spesialis Ob-Gyn di Albert Einstein College of Medicine, New York, mengatakan penyebab sembelit atau susah buang air besar adalah perubahan pada hormon, tekanan pada rahim, dan efek zat besi dalam vitamin prenatal. Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot tubuh ibu hamil, termasuk usus.

"Hormon progesteron ini menyebabkan otot-otot di dinding usus menjadi rileks sehingga mereka tidak membuat kontraksi yang diperlukan untuk membantu pergerakan," katanya seperti dikutip dari Parents.com.

Tidak hanya itu, Rabin juga menjelaskan bahwa saat kehamilan Moms berkembang, maka rahim Moms membesar dan menekan usus. Hal ini dapat memperlambat kemampuannya untuk mengosongkan perut.

Usus yang bergerak lebih lambat, akan membuat pencernaan lebih lambat dan salah satunya menyebabkan sembelit. Masalah ini bisa muncul sekitar bulan kedua atau ketiga dan mungkin bertahan sampai Si Kecil lahir.

Namun, penyebab lain dari sembelit bagi ibu hamil ini bisa jadi adalah penggunaan zat besi dalam vitamin prenatal. Perlu Moms ketahui bahwa suplemen zat besi yang mungkin Moms konsumsi karena anemia, juga bisa membuat buang air besar menjadi sulit.

Jika sembelit kini menjadi masalah Moms yang tengah hamil, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips dari buku 'Your Pregnancy and Childbirth Month to Month':

Baca Juga: Ketahui 6 Penyebab Sembelit

  • Minum banyak cairan, terutama air dan jus buah
  • Konsumsi makanan berserat tinggi, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, roti gandum, dan sereal bekatul. Targetkan sekitar 25 gram setiap hari
  • Jalan kaki atau lakukan olahraga aman lainnya setiap hari. Jalan-jalan sederhana di sekitar rumah Moms akan membantu segala sesuatunya bergerak
  • Cobalah makan makanan ringan sehat lebih sering

Buah untuk Melancarkan Buang Air Besar pada Ibu Hamil

Lantas, ketika Moms bertanya makanan seperti apa yang bisa membantu melancarkan buang air besar bagi ibu hamil? Maka, jawabannya adalah buah-buahan tinggi serat yang bisa Moms konsumsi sebagai camilan atau makanan ringan dan dapat diolah menjadi jus buah.

Mengemil buah juga bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan asupan vitamin dan mengekang keinginan untuk mengkomsumsi makanan tinggi gula.

Nah, berikut ini adalah 12 buah yang bisa membantu melancarkan buang air besar juga baik untuk kesehatan ibu hamil:

Baca Juga: Mengalami Sembelit Saat Hamil, Ini Penyebab dan Pencegahannya!

1. Aprikot

7 Manfaat Buah Aprikot untuk Kesehatan Tubuh

Aprikot mengandung vitamin A, C, dan E, kalsium, besi, kalium, beta karoten, fosfor, dan silikon. Semua nutrisi ini membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi di dalam perut.

Tidak hanya tinggi serat, aprikot juga kaya akan zat besi yang dapat mencegah anemia. Sementara kalsiumnya, membantu tulang dan gigi tumbuh kuat.

2. Jeruk

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-6.jpg

Jeruk adalah sumber yang sangat baik untuk kebutuhan folat, vitamin C, dan air. Jeruk sangat bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan sehat.

Jeruk merupakan buah yang sangat kaya akan serat. Vitamin C dari jeruk juga dapat membantu mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Sementara folat dari jeruk dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, yang dapat menyebabkan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Cacat tabung saraf dapat menyebabkan kondisi seperti spina bifida atau kondisi saat sumsum tulang belakang tidak berkembang dengan baik, dan anencephaly atau sebagian besar otak dan tengkorak hilang.

Baca Juga: Selain Jeruk, Ini 7 Makanan yang Paling Banyak Mengandung Vitamin C

3. Mangga

4 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Tidak hanya tinggi serat, mangga juga kaya akan vitamin A dan C. Satu cangkir mangga potong menyediakan 100% tunjangan harian (AKG) vitamin C seseorang dan lebih dari sepertiga AKG vitamin A.

Bayi yang lahir dengan kekurangan vitamin A mungkin memiliki kekebalan yang lebih rendah dan risiko komplikasi pascanatal yang lebih tinggi, seperti infeksi saluran pernapasan. Oleh karena itu, mangga tidak hanya melancarkan buang air besar Moms, tetapi juga bermanfaat bagi Si Kecil di dalam perut.

4. Pir

buah pir.jpg

Buah pir memberikan banyak nutrisi seperti serat, kalium, dan.folat. Kalium dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Moms dan Si Kecil di perut Moms, serta merangsang regenerasi sel.

Baca Juga: Olah Buah Pir Untuk MPASI Si Kecil, Banyak Manfaatnya!

5. Delima

buah delima.jpg

Buah delima dapat memberi wanita hamil banyak vitamin K, kalsium, folat, besi, protein, dan pastinya serat. Buah delima yang padat nutrisi juga merupakan sumber energi yang baik dan kandungan zat besi yang tinggi membantu mencegah kekurangan zat besi.

Vitamin K dari delima juga penting untuk menjaga kesehatan tulang.Penelitian menunjukkan bahwa minum jus delima dapat membantu mengurangi risiko cedera pada plasenta.

6. Alpukat

alpukat1.jpg

Alpukat adalah sumber yang sangat baik untuk kebutuhan vitamin C, E, dan K, asam lemak tak jenuh tunggal, serat, vitamin B, kalium, dan tembaga. Alpukat mengandung lemak sehat yang memberikan energi dan membantu mencegah cacat tabung saraf.

Lemak sehat ini juga meningkatkan sel-sel yang bertanggung jawab untuk membangun jaringan kulit dan otak bayi yang sedang berkembang. Sementara kalium dalam alpukat, dapat meredakan kram kaki, gejala lain yang umum terjadi selama kehamilan, terutama pada trimester ketiga.

Baca Juga: Creamy Nikmat, Ini Resep Puding Cokelat Alpukat yang Praktis Dibuat

7. Jambu Biji

Ketahui 5 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Jambu biji mengandung vitamin E dan folat, sehingga menjadikannya buah yang ideal untuk dimakan selama kehamilan. Jambu biji adalah pilihan buah yang sangat baik untuk orang yang menginginkan lebih banyak nutrisi vitamin C dan E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid, dan folat.

Jambu biji mengandung kombinasi nutrisi yang bervariasi sehingga ideal untuk ibu hamil. Makan jambu biji selama kehamilan dapat membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan, dan mengurangi sembelit.

8. Pisang

pisang.jpg

Pisang mengandung kadar tinggi vitamin C, kalium, vitamin B-6, dan serat. Kandungan serat yang tinggi pada pisang dapat membantu mengatasi sembelit terkait kehamilan, dan terdapat beberapa bukti yang menunjukkan bahwa vitamin B-6 dapat membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

Baca Juga: 5 Olahan Pisang untuk Camilan Anak, Lezat!

9. Anggur

anggur, buah yang aman dikonsumsi saat balita batuk.jpg

Anggur kaya dengan nutrisi vitamin C dan K, folat, antioksidan, serat, asam organik, dan pektin. Nutrisi dalam anggur dapat membantu membantu perubahan biologis yang terjadi selama kehamilan.

Selain melancarkan buang air besar bagi ibu hamil, anggur mengandung antioksidan peningkat kekebalan, seperti flavonol, tanin, linalool, antosianin, dan geraniol, yang juga membantu mencegah infeksi.

10. Buah Beri

masker alami yang dibuat dari blueberry, yoghurt, tepung beras, dan madu.jpg

Buah beri adalah sumber yang terbaik vitamin C, karbohidrat sehat, antioksidan, dan serat. Buah beri juga mengandung banyak air, jadi buah ini merupakan sumber hidrasi yang sangat baik bagi Moms. Vitamin C membantu penyerapan zat besi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

11. Apel

kulit apel.jpg

Tidak hanya untuk pencernaan, apel juga dikemas dengan nutrisi untuk membantu pertumbuhan janin, termasuk vitamin A dan C, serta kalium.Sebuah studi menemukan bahwa makan apel saat hamil dapat mengurangi kemungkinan bayi terkena asma dan alergi dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Apel yang Unik dan Enak, Wajib Dicoba!

12. Kiwi

DBD 3 - Kiwi.jpg

Kiwi dan buah-buahan lainnya memberikan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan gizinya. Kandungan seratnya tidak perlu dipertanyakan. Akan tetapi selain itu, kiwi adalah sumber vitamin C, antioksidan, dan serat yang baik.

Kolin, lutein, dan zeaxanthin pada kiwi membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang diproduksi tubuh selama metabolisme dan proses lainnya.

Jika Moms perhatikan, 12 buah untuk melancarkan buang air besar tersebut semuanya mengandung serat yang tinggi. Serat terkenal karena perannya dalam menjaga sistem pencernaan agar tetap berjalan dengan lancar, serat merupakan bagian penting dari pola makan yang sehat bagi ibu hamil.

Serat ditemukan dalam makanan nabati dan merupakan bagian dari tumbuhan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Dengan bergerak ke seluruh tubuh, daripada diserap, maka serat membantu limbah lain untuk lewat dengan lebih efisien.

Terdapat dua jenis serat dan banyak makanan yang mengandung kedua jenis serat tersebut:

  • Serat tidak larut
    Sesuai namanya, serat ini tidak dapat menyatu dengan air dan langsung melewati sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebagian besar serat tidak larut air dapat membantu pergerakan kotoran di dalam usus.
  • Serat larut
    Serat larut dalam air dapat menyerap air. Serat ini membuat fases menjadi lebih lembut dan lebih mudah dikeluarkan. Serat ini memiliki manfaat tambahan untuk mengikat dan menurunkan kadar kolesterol Moms, serta membantu mengurangi risiko masalah jantung.

Beberapa sayuran atau makanan lain yang juga tinggi serat atau bisa membantu melancarkan buang air besar bagi ibu hamil yaitu:

Baca Juga: 10 Makanan Berserat Tinggi untuk Program Hamil

13. Kacang Hijau

4 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil, Enak dan Bernutrisi!

Kacang hijau dapat membantu melancarkan sistem pencernaan kerana kandungan seratnya yang cukup tinggi. Tidak hanya untuk pencernaan, kacang hijau sangat disarankan untuk ibu hamil kerana kandungannya seperti protein, Vitaminn B1, B2, folic asid, karbohidrat, lemak tidak jenuh, kalsium, dan fosfor yang bermanfaat dalam perkembangan sel dan kesehatan janin.

14. Kubis Brussel

Manfaat Kubis untuk Bayi, dan Resep MPASInya

Kubis Brussel sangat kaya vitamin K, yang diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kubis Brussel juga memiliki kandungan tinggi vitamin C, antioksidan yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan terlibat dalam perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh.

Kubis Brussel memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga membantu mendukung keteraturan dan kesehatan usus. Selain nutrisi di atas, kubis Brussel mengandung vitamin B6, kalium, zat besi, tiamin, magnesium, dan fosfor.

15. Wortel

4 Efek Samping Makan Wortel Terlalu Banyak

Wortel memiliki jumlah serat yang cukup di dalamnya. Ibu hamil yang mengonsumsi wortel secara teratur, maka dapat mengatasi masalah sembelit yang dideritanya. Tidak hanya itu, wortel juga membantu mengatasi masalah pencernaan lainnya.

Warna cerah pada wortel menunjukan sayuran ini dipenuhi dengan beta-karoten, yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. Perlu Moms ketahui bahwa nutrisi tersebut sangat penting untuk perkembangan mata, kulit, dan organ bayi Moms.

Baca Juga: 4 Manfaat Minum Jus Wortel untuk Ibu Hamil

16. Buncis

Buncis-Hero.jpg

Buncis merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, C, dan K, serta asam folat dan serat. Semua nutrisi tersebut memiliki manfaat nutrisi yang mirip dengan kacang polong dan okra.

17. Air Kelapa

manfaat air kelapa bagi anak

Selain rasanya yang menyegarkan, konsumsi air kelapa selama masa hamil memiliki segudang manfaat. Para ahli di Coconut Development Board (CDB) menyatakan bahwa air kelapa dianggap sebagai sumber nutrisi terbaik bagi ibu hamil karena merupakan campuran klorida, elektrolit, Riboflavin, Kalsium, Magnesium dan Vitamin C.

Air kelapa membantu dalam meningkatkan atau melancarkan proses pencernaan, memperkuat sistem pencernaan, mencegah sembelit, memelihara dan mengatur ph tubuh. Pada akhirnya, air kelapa mampu meningkatkan metabolisme dan mendetoksifikasi tubuh. Sebagai penetral asam alami, air kelapa juga menenangkan dan mencegah mulas selama kehamilan.

18. Kacang Almond

Kenali Manfaat Kacang Almond untuk Bumil-4.jpg

Fakta sederhananya adalah bahwa almond aman dan sehat untuk dikonsumsi selama kehamilan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Almond kaya akan serat atau nutrisi yang penting untuk pencernaan dan vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya itu, magnesium, riboflavin, dan folat (Vitamin B9) dari kacant almond diperlukan untuk fungsi otak yang baik serta menjaga sistem saraf.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

Artikel Terkait