KESEHATAN
31 Agustus 2020

8 Buah untuk Menenangkan Kram Perut saat Haid

Saat nyeri menstruasi datang, coba untuk konsumsi beberapa jenis buah berikut ini.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Setiap bulannya, wanita yang masih mengalami masa subur akan menstruasi atau haid.

Seringnya, sebelum masa haid datang, Moms akan mengalami kram perut yang menjadi salah satu dari sekian gejala nyeri haid.

British Medical Journal mengungkapkan penyebab terjadinya kram perut saat haid.

Hal ini dimulai sebelum periode haid, sel-sel endometrium yang membentuk lapisan rahim membuat prostaglandin dalam jumlah yang besar.

Ketika sel-sel ini rusak selama menstruasi, prostaglandin oun dilepaskan.

Hal ini membuat lapisan otot berkontraksi, sehingga kram perut tidak dapat dihindari. Adapun hal lain yang bisa terjadi seperti sakit kepala, mual, muntah, dan diare.

Buah untuk Meredakan Kram Perut saat Haid

Buah untuk Meredakan Kram Perut saat Haid.jpg

Foto: berries.com

Nah, jangan sampai nyeri haid membuat aktivitas Moms menjadi terganggu, ya!

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengatur pola makan, yaitu mengonsumsi makanan sehat.

Buah-buahan dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan kram perut saat haid.

Berikut ini jenis buah-buahan yang dapat dipilih, yaitu:

1. Pisang, Kaya Kalium

Pisang adalah pilihan yang tepat untuk meredakan kram perut saat haid.

Buah yang mudah dicari ini kaya akan vitamin B6, potasium, dan kalium yang membantu meredakan nyeri saat haid.

“Pisang dapat membantu mengurangi gejala perut kembung dan mengatasi kram perut. Nyatanya, terlalu sedikit potasium dapat menyebabkan kram otot. Satu pisang akan menggantikan kalium yang hilang,” ungkap Lisa DeFazio, ahli diet terdaftar yang berasal dari California.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Kram Perut saat Menstruasi

2. Nanas, Mengurangi Rasa Sakit

Nanas, buah tropis satu ini kaya akan mineral mangan dan tepat untuk dikonsumsi saat alami kram perut haid.

American Journal of Obstetrics & Gynecology menunjukkan, diet kaya mangan dapat membantu mengurangi gejala tidak nyaman yang terkait dengan nyeri saat haid.

Nanas juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi peradangan akut, yang kerap menjadi penyebab kram perut saat haid.

Selain itu, enzim bromelin yang terdapat dalam nanas terbukti mampu mengurangi rasa sakit dan membantu relaksasi otot sehingga kram dapat berkurang.

Nah, Moms bisa mengonsumsi nanas dengan campuran irisan mentimun, jeruk nipis, dan daun mint agar lebih segar.

3. Mangga, Meredakan Kram Perut

Mangga juga bisa menjadi buah yang tepat dikonsumsi mengalami kram perut saat haid.

Dilansir dari Functional Foods in Health and Disease, mangga mengandung vitamin C dan vitamin B yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dan membuat kebugaran tubuh tetap terjaga.

Vitamin C juga diketahui meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh dan mengurangi hormon progesteron, yang merupakan alasan kontraksi dalam rahim dan menyebabkan kram perut tidak tertahankan.

Baca Juga: Begini Cara Mengurangi Nyeri Menstruasi yang Tak Tertahankan

4. Pepaya, Dapat Menstimulasi Hormon Estrogen

Pepaya mengandung vitamin A & C, zat besi, dan karoten yang tinggi. Karoten dikenal mampu menstimulasi hormon estrogen.

Kandungan di dalam pepaya juga membantu menenangkan dinding rahim Moms dan mengurangi kontraksi pada otot.

5. Paprika, Mampu Melawan Kembung

Sering disalahartikan sebagai jenis sayuran, nyatanya paprika termasuk ke dalam jenis buah-buahan.

Semua paprika kaya serat dan memiliki kandungan air yang tinggi untuk membantu melawan perut kembung dan kram.

Paprika juga mengandung kadar potasium yang tinggi sehingga dapat membantu mengurangi kram perut yang Moms alami.

Paprika juga bisa dihidangkan dengan makanan yang lain untuk menambah selera makan Moms.

6. Kiwi, Kaya Enzim untuk Mencerna Protein

Ternyata kiwi juga bisa meredakan kram perut saat haid lho, Moms. Kiwi kaya akan enzim bernama actinidin yang membantu mencerna protein dengan lebih mudah.

“Serat di dalam buah kiwi juga bisa meringankan sembelit yang biasa terjadi ketika sedang menstruasi,” ujar ahli gizi Rebecca Scritchfield, R.D.N., sekaligus penulis buku Body Kindness, dilansir dari Redbook.

Baca Juga: 4 Ide MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Kiwi yang Segar

7. Jeruk, Bisa Mengatasi Nyeri-nyeri Haid

Dilansir dari flo.health, jeruk kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk menyerap zat besi dari makanan.

Selain vitamin C, jeruk juga mengandung magnesium, potassium, dan vitamin D.

Mengonsumsi beberapa buah jeruk setiap hari dapat mengatasi kram perut saat haid dan nyeri lain yang biasa dialami ketika menstruasi.

8. Semangka, Membuat Tubuh Terhidrasi

Buah yang kaya air seperti semangka dan timun baik dikonsumsi supaya tubuh tetap terhidrasi, sehingga bisa membantu mengurangi kram perut saat haid.

Daripada makan cokelat atau permen saat sedang ingin makan makanan manis selama menstruasi, lebih baik makan semangka yang juga punya rasa manis. Jadi tetap sehat, tapi ngidam makanan manis pun terpenuhi!

Baca Juga: 5 Manfaat Semangka untuk Pria dalam Meningkatkan Kesuburan

Makanan yang Dilarang saat Haid

Makanan yang Dilarang saat Haid.jpg

Foto: newsarchive.heart.org

Selain makanan pereda kram perut saat haid di atas, Moms juga harus menghindari makanan-makanan di bawah ini sebab bisa memperparah nyeri dan ketidaknyamanan selama menstruasi.

1. Garam

Makan banyak garam bisa mengurangi jumlah air dalam tubuh, sehingga bikin badan terasa kembung.

Untuk mengurangi kembung, jangan menambahkan garam ke makanan dan hindari makanan instan yang tinggi sodium.

2. Gula

Tidak masalah makan gula dalam jumlah yang tidak berlebihan, tapi makan terlalu banyak gula bisa bikin mood naik turun.

Kalau Moms merasa mood jadi buruk, depresi, atau cemas selama menstruasi, mulai batasi asupan gula ya.

Baca Juga: Jerawat di Dagu Tanda PMS, Kok Bisa?

3. Kopi

Kopi bisa menyebabkan kekurangan air di dalam tubuh dan kembung. Selain itu, kafein juga membuat sakit kepala kalau diminum terlalu banyak.

Masalah pencernaan seperti diare juga bisa disebabkan karena minum kafein. Tidak perlu sepenuhnya menghindari kopi, tapi cukup minum 1 gelas sehari.

4. Makanan Pedas

Beberapa orang tidak tahan dengan makanan pedas karena membuat mereka sakit perut, diare, bahkan mual.

Kalau perut Moms tidak bisa mentoleransi makanan pedas, lebih baik hindari makan makanan pedas selama menstruasi.

5. Daging Merah

Ketika menstruasi, tubuh memproduksi prostaglandin. Nah, produksi prostaglandin yang tinggi menyebabkan kram perut saat haid.

Daging merah adalah makanan yang memiliki kandungan prostaglandin tinggi, sehingga bisa membuat nyeri perut makin parah.

Baca Juga: 4 Minuman untuk Meredakan Nyeri Haid

Nah, jadi itulah jenis buah-buahan untuk meredakan kram perut saat haid, beserta makanan yang harus dihindari.

Jangan lupa juga untuk rutin minum air putih agar mencegah dehidrasi. Stay healthy, Moms!

Artikel Terkait