NEWBORN
9 April 2019

6 Cara Rahasia Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Popok menjadi salah satu caranya, apa yang terbaik?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidak mengherankan jika jam tidur Moms sebagai seorang Ibu setiap harinya semakin berkurang saat sudah hadir sang buah hati.

Apalagi di malam hari, Moms harus bangun dari lelapnya tidur untuk mengganti popok Si Kecil, menyusui, dan memenuhi kebutuhannya yang terkadang sulit untuk Moms mengerti.

Tetapi, Moms tidak perlu khawatir lagi, karena Dana Obleman, pengarang buku The Sleep Sense Program telah memberikan tips untuk membuat Si Kecil bisa terlelap dengan nyenyak di malam hari. Yuk, simak tips yang telah Orami rangkum di bawah ini.

1. Mematikan Lampu

sensor6Foto: hometronix.co.za

Moms sebaiknya mulai meredupkan atau mematikan lampu di kamar Si Kecil satu jam sebelum waktu tidurnya.

Hal ini dikarenakan cahaya ruangan kamar yang redup atau mati dapat membuat suasana tidur anak menjadi lebih tenang dan sejuk.

2. Meminimalisir Dekorasi

adobestock 132176281 africa studioFoto: amara.com

Selain Moms harus menjaga kebersihan di kamar Si Kecil, cobalah untuk meminimalisir segala macam dekorasi di ruangan kamar Si Kecil. Contohnya seperti lampu tidur, musik, dan akuarium memang dapat memberikan ketenangan bagi Moms, tetapi tidak untuk Si Kecil.

Ruangan terbaik bagi Si Kecil adalah yang tenang, hening, dan gelap, sama seperti kondisi di dalam kandungan Moms.

Baca Juga: Cara Mengganti Popok Bayi Cepat dan Anti Ribet

3. Baringkan di Tempat Tidur

kopia av screenshot 2018 05 02 12.38.22 1084x1084 crop centerFoto: bubnest.com.au

Sebagai #IbuCerdasMemilih harus membiasakan untuk membaringkan Si Kecil sampai tertidur pulas di malam hari. Menggendong, menggoyang, dan menimang sambil berjalan sudah menjadi kebiasaan yang diinginkan bagi setiap balita.

Hal ini membuat Moms harus mengulang kebiasaan ini saat Si Kecil terbangun di tengah malam untuk mencari Moms.

4. Membuat Rutinitas

istock 52779812 4x3Foto: babycenter.com

Moms bisa membuat program sleep mode bagi Si Kecil. Contohnya seperti kegiatan 45 menit sebelum tidur dan mandi di sore hari. Maka ketika Si Kecil sudah terbiasa dengan rutinitas seperti ini, mereka dapat mempersiapkan diri untuk tidur.

5. Mengecek Temperatur

gro eggFoto: gro.co.uk

Kenyamanan tidur Si Kecil dapat dipengaruhi dari suhu ruangan kamarnya, apakah terlalu panas atau terlalu dingin.

Suhu yang pas bagi tidur nyaman Si Kecil sekitar 18 derajat celcius. Moms bisa memasang alat pengukur suhu ruangan yang sudah banyak dijual di pasaran.

Baca Juga: 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Mengganti Popok Balita

6. Menggunakan Popok yang Nyaman

Nyenyaknya tidur malam Si Kecil juga sangat dipengaruhi oleh penggunaan popok Si Kecil. Orami merekomendasikan Moms untuk memakaikan Si Kecil Fitti DayPants dan Fitti Day & Night sebagai popok nyaman bagi Si Kecil.

Popok celana dari Fitti ini dilengkapi dengan layer leak guard yang memberikan perlindungan ekstra dari kebocoran di bagian paha dan dapat menyerap cairan dengan cepat, sehingga Si Kecil tetap nyaman tidur dan tidak terbangun di malam hari.

Bagian pinggang yang lentur, bebas iritasi, lapisan luar berpori untuk menjaga sirkulasi, dan bahan terasa halus di kulit juga menjadi pendukung untuk kenyamanan tidur malam Si Kecil.

Nah Moms, itu dia yang harus dilakukan sebagai #IbuCerdasMemilih untuk membuat kenyamanan Si Kecil saat tidur malamnya. Selamat mencoba, Moms!

(IRN/AND)

Artikel Terkait