DI ATAS 5 TAHUN
20 April 2019

Bukan Cuma Untuk Menyimpan Kenangan, Ini 4 Manfaat Menulis Buku Harian Bagi Anak

Ternyata menulis buku harian dapat mendukung prestasi anak di sekolah lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina
Disunting oleh Dina

Bila diperhatikan, kebiasaan anak menulis buku harian sepertinya sudah mulai berganti menjadi update status di media sosial ya, Moms?

Padahal bila melihat laporan dari The National Literacy Trust, anak yang menulis buku harian memiliki keterampilan menulis dan pemahaman bahasa yang jauh lebih baik ketimbang anak yang tidak melakukannya.

Diketahui juga kalau manfaat menulis diary bukan sekadar untuk menyimpan kenangan yang bisa dibaca kembali saat dewasa kelak, tapi juga dapat mendukung prestasi dan kemampuan Si kecil di masa depan.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat menulis buku harian untuk anak yang perlu Moms ketahui.

1. Menjaga Kesehatan Mental

bukan cuma untuk menyimpan kenangan, ini 4 manfaat menulis buku harian bagi anak 1

Foto: scholastic.com

Jaime Malone, seorang konselor dari Amerika Serikat, berkata bahwa saat menulis buku harian, anak bebas menumpahkan perasaan, pengalaman, dan pemikirannya tanpa khawatir dihakimi oleh Moms atau orang lain.

Secara tidak langsung, ini memberikan anak kesempatan untuk lebih memahami emosi dan jalan pikirannya, serta berlatih cara mengendalikan dan mengungkapkannya secara sehat.

Anak yang terbiasa menumpahkan emosi dan pemikirannya di buku harian juga bisa terhindar dari kondisi psikosomatik atau penyakit fisik yang disebabkan oleh faktor mental, seperti stress, kecemasan, atau tekanan.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia yang Menelurkan Buku Laris

2. Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Berkomunikasi

bukan cuma untuk menyimpan kenangan, ini 4 manfaat menulis buku harian bagi anak 1

Foto: verywellfamily.com

Seperti sudah disebutkan di atas, manfaat menulis buku harian untuk anak juga akan terlihat dari meningkatnya kemampuan menyampaikan pendapat, pemikiran, serta perasaan secara runut dan jelas.

Rutin menulis buku harian juga akan memperkaya kosakata anak, mengurangi kesalahan menulis, juga meningkatkan pemahaman dalam membaca.

Nah, semua kemampuan ini akan sangat mendukung kelancaran pendidikan dan karier anak di masa depan, ketika dia harus mulai menulis makalah, skripsi, laporan, atau tugas penting lainnya.

3. Mengasah Kreativitas

bukan cuma untuk menyimpan kenangan, ini 4 manfaat menulis buku harian bagi anak 3

Foto: pinterest.com

Tahukah Moms, kalau ada berbagai cara kreatif yang bisa dilakukan anak untuk menuangkan pengalaman, perasaan, dan pikirannya dalam buku harian?

Bukan hanya menulis secara deskriptif, anak juga bisa menulis buku harian secara kreatif dalam bentuk puisi, lirik lagu, cerita pendek, bahkan sketsa atau gambar.

Baca Juga: Buku Parenting yang Wajib Dibaca oleh Orang Tua Baru

4. Mengasah Perspektif

bukan cuma untuk menyimpan kenangan, ini 4 manfaat menulis buku harian bagi anak 4

Foto: hameraypublishing.com

Yang tidak diduga, rutin menulis buku harian dan membacanya ulang di masa depan akan mengasah kemampuan anak dalam melihat masalah dari berbagai perspektif atau sudut pandang.

Dengan kemampuan ini, anak bisa lebih baik dalam bernegosiasi serta memecahkan masalah secara kreatif.

Mau kan Moms, kalau buah hati bisa seperti Mark Zuckerberg, Elon Musk, dan Warren Buffet yang selalu bisa menemukan solusi kreatif dari suatu masalah?

Baca Juga: 4 Alasan Keras Agar untuk Tidak Membaca Buku Harian Anak

Melihat banyaknya manfaat menulis buku harian untuk anak, sepertinya memberikan buku dan alat tulis bisa jadi hadiah ulang tahun yang pas untuk mendorong Si kecil mulai melakukannya ya, Moms.

Setujukah Moms, kalau orang tua harus mendorong anak untuk mulai rutin menulis harian?

(WA)

Artikel Terkait