KESEHATAN
21 Januari 2019

Bukan Hanya Enak, Ini 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Kandungan mangan pada pisang sangat baik untuk kulit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla


Pisang bukan hanya punya cita rasa yang enak dan mengenyangkan. Pisang juga ternyata punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Dikutip dari Healthxchange.sg, ada banyak kandungan vitamin dan mineral pada pisang yang bermanfaat untuk kesehatan kita.

Apa saja manfaat pisang untuk kesehatan? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga : 7 Olahan Pisang Goreng Kekinian yang Wajib Dicoba!

Salah Satu Sumber Vitamin B6 Terbaik

Vitamin B6 pada pisang mudah diserap oleh tubuh. Vitamin B6 sendiri membantu produksi sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan lemak jadi energi, metabolisme asam amino, melenyapkan kimia berbahaya dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

Untuk ibu hamil, pisang bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang janin.

Sumber Vitamin C

Pisang juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, membantu penyerapan zat besi, membantu memproduksi kolagen, dan mendukung kesehatan otak.

Kandungan Mangan pada Pisang Baik untuk Kulit

Pisang mengandung mangan yang baik untuk kesehatan kulit. Mangan membantu tubuh memproduksi kolagen dan melindungi kulit dan sel lainnya dari radikal bebas.

Baca Juga : 6 Masalah Kesehatan di Pagi Hari Ini Bisa Diatasi dengan Makan Buah-buahan

Potasium Menjaga Kesehatan Jantung dan Tekanan Darah

Pisang mengandung potasium yang membantu menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Di sisi lain, pisang mengandung sedikit sodium.

Perpaduan potasium yang tinggi dan sodium yang rendah bisa membantu mengontrol tekanan darah.

Berserat Tinggi dan Bisa Mengatasi Sembelit

Pisang mengandung serat tinggi yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Serat juga bisa membantu tubuh mengontrol gula darah, lemak, dan kolesterol.

Sumber Energi yang Baik tanpa Tambahan Lemak dan Kolesterol

Pisang mengandung tiga jenis gula alami tanpa tambahan lemak dan kolesterol, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Kandungan gula dalam pisang ini merupakan sumber energi yang baik.

Pisang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dan para atlet untuk sarapan atau snack serta sebelum atau setelah berolahraga.

Itulah beberapa manfaat pisang untuk kesehatan. Ternyata cukup banyak ya Moms. Jangan lupa jadikan pisang sebagai menu harian di rumah.

(AND)

Artikel Terkait