GAYA HIDUP
3 Januari 2020

10 Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan, Bukan Hanya untuk Memasak!

Selain memasak, baking soda juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan lho Moms
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Baking soda atau biasa dikenal sebagai natrium bikarbonat, banyak digunakan dalam urusan memanggang kue. Ini karena baking soda memiliki sifat ragi yang bisa menyebabkan adonan mengembang dengan menghasilkan karbon dioksida.

Selain untuk memasak, baking soda juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan lho Moms. Kebanyakan dari kita pasti memiliki sebotol baking soda yang hampir tidak digunakan dan terselip di sudut rak dapur.

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan

Dengan harga yang relatif murah, dikutip dari healthline.com bahwa baking soda memiliki daya yang kuat dengan sifat antasida dan dikenal sebagai agen alkali yang bagus. Baking soda diketahui memiliki banyak sifat antiseptik dan menjadi bahan pengelupas yang luar biasa.

Ini dia Moms, 10 manfaat baking soda yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan.

1. Obat Kumur

Obat Kumur Baking Soda.jpg

Foto: healthline.com

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang pertama adalah sebagai obat kumur. Menggunakan obat kumur adalah rutinitas tambahan yang bagus untuk kebersihan mulut yang baik. Obat kumur bisa mencapai sudut mulut, celah gigi, gusi, dan lidah yang mungkin terlewatkan saat menyikat.

Newbrun E, Department of Stomatology, University of California, San Francisco, mengatakan bahwa baking soda dapat membantu menyegarkan napas dan memberikan sifat antibakteri dan antimikroba.

Resep untuk obat kumur baking soda sangat sederhana. Moms hanya perlu menambahkan setengah sendok teh baking soda ke setengah gelas air hangat, lalu berkumur seperti biasa.

Baca Juga: Keajaiban Baking Soda untuk Kulit

2. Deodoran

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah sebagai deodoran. Yang mengejutkan adalah bahwa sebenarnya keringat manusia tidak berbau. Keringat hanya mengeluarkan bau setelah dipecah oleh bakteri di ketiak. Bakteri ini mengubah keringat menjadi produk limbah asam yang mengeluarkan bau keringat.

Manfaat baking soda dapat menghilangkan bau keringat dengan membuat baunya tidak terlalu asam. Cobalah menepuk sedikit baking soda ke ketiak dan lihat perubahannya.

3. Meredakan Mulas

Mulas Baking Soda.jpg

Foto: releasemama.com

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah meredakan mulas. Mulas dikarenakan asam lambung yang naik memberikan rasa sakit serta sensasi terbakar di bagian atas perut dan dapat menyebar ke tenggorokan.

Ini disebabkan oleh refluks asam keluar dari lambung dan naik ke kerongkongan. Beberapa penyebab umum refluks asam adalah makan berlebihan, stres dan makan makanan berminyak atau pedas.

Manfaat baking soda lainnya yaitu dapat membantu mengobati mulas dengan menetralkan asam lambung. Larutkan satu sendok teh baking soda ke dalam segelas air dingin dan minumlah campuran tersebut secara perlahan.

4. Mengobati Gatal pada Kulit

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengobati gatal pada kulit. Mandi baking soda sering disarankan untuk menenangkan kulit yang gatal. Mandi ini sangat efektif untuk meredakan gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah.

Selain itu, baking soda dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat terbakar sinar matahari. Bahkan hal ini dinilai lebih efektif bila dikombinasikan dengan bahan-bahan lain seperti tepung jagung dan oatmeal.

Untuk membuat rendaman baking soda, Moms bisa menambahkan 1-2 cangkir baking soda ke rendaman air hangat. Pastikan area yang direndam terkena secara menyeluruh.

David H. Garfield, MD, University of Colorado Comprehensive Cancer Center, dalam jurnal ilmiahnya mengungkapkan bahwa kita bisa membuat pasta dengan baking soda dan sedikit air untuk area yang sensitif dengan mengoleskan lapisan pasta yang tebal ke area yang sakit.

Baca Juga: 7 Manfaat Baking Soda untuk Membersihkan Peralatan Rumah

5. Memaksimalkan Peran Kemoterapi untuk Kanker

Cancer-Baking soda.jpeg

Foto: abcnews.go.com

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memaksimalkan kemoterapi. Kanker tercatat menjadi salah satu dari beberapa penyebab kematian terbesar di dunia. Ini sering diobati dengan kemoterapi yang bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

Gillies RJ, University of Arizona Health Sciences Center, Cancer Center Division, menuliskan bahwa beberapa penelitian menunjukkan baking soda dapat membantu obat-obatan kemoterapi bekerja lebih efektif.

Peneliti Moffitt Cancer Center menemukan bahwa baking soda mampu menetralkan asam. Dan meminum baking soda dapat membuat lingkungan kanker tidak terlalu asam, sehingga menguntungkan perawatan kemoterapi.

Namun, bukti tersebut terbatas pada indikasi awal dari penelitian pada hewan, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian berbasis manusia.

6. Memperlambat Perkembangan Penyakit Ginjal Kronis

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis. Orang dengan penyakit ginjal kronis (Chronic Kidney Disease) perlahan-lahan kehilangan fungsi ginjalnya. Ginjal sangat penting karena membantu menghilangkan kelebihan limbah dan air dari darah.

Pada saat yang sama, ginjal membantu menyeimbangkan mineral penting seperti kalium, natrium dan kalsium. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat baking soda bagi pasien ginjal adalah dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit ginjal kronis.

Ione de Brito-Ashurst dalam jurnal ilmiahnya di Journal of the American Society of Nephrology, mengungkapkan bahwa dalam sebuah penelitian yang melibatkan 134 orang dewasa dengan penyakit ginjal kronis, ditemukan mereka yang menggunakan suplemen natrium bikarbonat atau baking soda memiliki risiko 36 persen lebih rendah untuk mengalami gagal ginjal dengan cepat daripada orang yang tidak mengonsumsinya.

7. Mencegah Jerawat

Jerawat Baking Soda.jpg

Foto: beautyandfashionhub.com

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencegah jerawat. Dilansir dari food.ndtv.com, manfaat baking soda bagi kulit yaitu mengurangi peradangan pada dan menurunkan kemungkinan timbulnya jerawat. Baking soda juga mampu mencegah timbulnya bintik-bintik gelap dan bekas luka setelah jerawat sembuh.

Caranya dengan mencampurkan air dan baking soda dengan perbandingan 3:1. Diaplikasikan selama semalam atau pada saat tidur, setelah itu Moms bisa membilasnya dengan air hangat. Campuran ini juga berfungsi mengeringkan kelebihan minyak di kulit wajah.

8. Perawatan Rambut

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah merawat rambut. Meskipun tidak ada bukti ilmiah dari baking soda yang digunakan sebagai solusi perawatan rambut yang sempurna, dikatakan bahwa bahan ini bisa membantu melembutkan dan membuat rambut lebih subur.

Moms bisa menggunakan baking soda saat mencuci rambut dan dibilas dengan cuka apel. Baking soda memiliki pH tinggi dan membilas dengan cuka apel adalah upaya untuk mengembalikan keseimbangan pH alami kulit kepala.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

9. Membantu Mencerahkan Bibir yang Gelap

Bibir Baking soda.jpg

Foto: edu.ava360.com

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mencerahkan bibir. Baking soda juga bermanfaat bagi bibir yang gelap. Moms bisa menggunakan baking soda yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada bibir. Selain itu, baking soda juga bisa membantu membuat bibir lebih halus dan kemerahan alami.

Yang perlu Moms lakukan adalah menambahkan madu pada baking soda. Setelah itu oleskan pada bibir selama dua hingga tiga menit dan bilas dengan air.

10. Memutihkan Gigi

Manfaat baking soda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah memutihkan gigi. Baking soda adalah obat rumahan yang populer untuk memutihkan gigi. Banyak penelitian telah menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung baking soda lebih baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak dari pada pasta gigi tanpa baking soda.

Ini kemungkinan karena baking soda memiliki sifat abrasif ringan yang membiarkannya memutus ikatan molekul yang menodai gigi. Ini juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya.

Itulah beberapa manfaat baking soda untuk kesehatan yang mungkin belum Moms ketahui. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk gunakan baking soda di rumah untuk keperluan lainnya. Selamat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait