BAYI
8 Januari 2020

Bukan Lapar Atau Sakit, Ini 5 Tanda Tak Biasa Bayi Menangis

Si Kecil merasa lelah bisa menjadi penyebabnya lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, saat bayi menangis, biasanya Moms akan mengira bahwa bayi lapar ataupun merasa sakit. Namun ternyata saat bayi menangis, hal itu tak melulu disebabkan karena lapar ataupun merasa sakit lho Moms.

Ada banyak hal lain yang bisa menjadi penyebab bayi menangis dan Moms sebagai orangtua harus mengetahuinya dengan baik.

5 Tanda Tak Biasa yang Membuat Bayi Menangis

Melansir dari Babygaga, berikut 5 tanda tak biasa ketika bayi menangis:

1. Kelelahan

bayi menangis

Foto: pixabay

Moms, salah satu alasan yang membuat bayi menangis adalah mungkin ia terlalu lelah. Hal ini bisa disebabkan karena ia bangun lebih lama dari yang seharusnya, tetapi tidak bisa tertidur kembali.

Biasanya, Moms dapat menebak kalau bayi lelah ketika mereka bertindak agak lalai atau saat mereka mulai menggosok mata. Namun, Moms juga harus memerhatikan ketika bayi terus menangis sebagai tanda-tanda ia kelelahan.

Meskipun baru saja dikeluarkan dari rahim, bayi juga bisa merasakan kelelahan. Mereka pun akan belajar dengan terbiasa merasakan hal tersebut.

Baca Juga: Yuk Moms, Cek Frekuensi Bayi Menangis yang Wajar

2. Refluks Asam

bayi menangis

Foto: pixabay

Refluks asam terjadi ketika asam lambung dicadangkan di esofagus. Kebanyakan orang beranggapan bahwa hanya orang dewasa yang mengalami refluks asam, tetapi bayi rupanya juga dapat merasakannya.

Menurut International Journal of Molecular Sciences, gastro-esophageal reflux (GER) umum terjadi pada bayi dan anak-anak dan memiliki presentasi klinis yang bervariasi, serta gejala GERD pada bayi dan anak-anak berbeda dari gejala umum seperti mulas.

Bayi bahkan mungkin lebih rentan karena sistem pencernaan mereka belum matang sepenuhnya. Jika Moms pernah mengalami refluks asam, maka Moms akan tahu bahwa itu sangat tidak nyaman. Jika belum, bayangkan sensasi terbakar yang konstan di belakang tenggorokan.

Untuk bayi, yang tidak dapat berbicara dan mengekspresikan diri, itu pasti jauh lebih buruk, karena itu tidak mengherankan jika bayi menangis terus menerus.

Baca Juga: Bayi Selalu Menangis Saat Ditinggal, Apa Yang Harus Orang Tua Lakukan?

3. Sleep Apnea

bayi menangis

Foto: pixabay

Sleep apnea adalah kondisi pernapasan yang mencegah seseorang dari mendapatkan aliran napas terus menerus ke paru-paru mereka.

Kadang-kadang, mereka bisa melewatkan napas dan tersentak bangun, yang merupakan cara tubuh untuk memastikan mereka tidak mati lemas.

Moms dapat membayangkan, bahwa gangguan pernapasan dalam bentuk apa pun, akan memengaruhi kemampuan bayi saat tengah tidur.

Tetapi yang lebih penting, sleep apnea dapat menyebabkan bayi kehilangan kesadaran atau berkontribusi negatif terhadap perkembangan mereka.

Jika Moms mencurigai bayi menderita sleep apnea, segera bawa ke dokter.

Baca Juga: Mengenal Arsenic Hour, Momen Bayi Menangis Tanpa Sebab di Malam Hari

4. Suhu Ruangan Tidak Tepat

bayi menangis

Foto: pixabay

Bayi telah menghabiskan sembilan bulan di dalam rahim Ibu mereka. Hal itu tentu saja membuat ia merasa sangat nyaman berada di dalam rahim. Yang terpenting bahwa di dalam rahim, ia merasa sangat hangat.

Saat ia dilahirkan, ia akan merasakan perubahan suhu ruangan yang di sekitarnya. Hal itu terkadang membuatnya masih merasa belum nyaman karena belum terbiasa dengan lingkungan sekitar. Saat mereka merasa tidak nyaman dengan suhu di sekitarnya, maka ia akan menangis.

Baca Juga: Tips Agar Bayi Tidak Menangis Saat Mandi

5. Buang Air

bayi menangis

Foto: pixabay

Moms, saat bayi menangis, memang ada beberapa hal yang dapat memicunya. Salah satunya ternyata karena bayi tengah buang air kecil maupun besar.

Karena ia belum bisa berbicara, maka ia hanya akan menangis karena merasa tidak nyaman dan tubuhnya yang terkena kotoran saat ia buang air besar ataupun kecil.

Itu dia Moms 5 tanda yang tak biasa ketika bayi menangis dan Moms perlu mengetahuinya dengan baik ya.

Artikel Terkait