KESEHATAN
16 Januari 2020

Bukan Mitos, Ini 4 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Kondisi ini bisa dijelaskan secara medis
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Ketika telinga berdenging, biasa hal ini dianggap sebagai sesuatu yang mistis atau merupakan mitos tertentu, padahal kondisi ini bisa dijelaskan secara medis lho, Moms.

Dalam bahasa medis, telinga berdenging ini disebut sebagai tinnitus. Tinnitus bisa terjadi pada telinga sebelah kiri, kanan, maupun keduanya.

Meski disebut telinga berdenging, suara yang terdengar seperti mengaum, berdengung, bersiul, mendesis, bahkan berirama seperti detakan jantung juga termasuk sebagai tinnitus.

Meski terdengar sepele, tinnitus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari pada penderitanya, bahkan sampai menyebabkan cemas berlebihan, stres, hingga depresi.

Tinnitus bisa terjadi pada siapa pun, tapi kondisi ini lebih sering dialami oleh orang lanjut usia. Ketahui lebih lanjut tentang mitos atau fakta seputar telinga berdenging sebelah kiri.

Baca Juga: Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Pada Bayi

Mitos Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Seperti disebutkan di atas, banyak mitos yang beredar seputar arti telinga berdengung sebelah kini ini. Berikut beberapa mitos tersebut dan penjelasannya secara medis.

1. Telinga Berdengung Sebelah Kiri Menandakan Ada Orang yang Membicarakan Keburukan

telinga berdenging sebelah kiri-1.jpg

Foto: perfecthearing.my

Faktanya, telinga berdengung sebelah kiri merupakan gejala ringan tinnitus.

Tinnitus itu sendiri bisa jadi pertanda adanya penyakit lain di dalam telinga atau otak, misalnya telinga tuli, trauma pada telinga, penyakit Meniere, tumor pada otak, maupun abnormalitas aliran darah di sekitar telinga.

2. Mendengar Suara Daro Dalam Telinga Menandakan Tidak Waras

telinga berdenging sebelah kiri-2.jpg

Foto: northernvirginiamag.com

Tinnitus bukanlah penyakit mental. Ketika seseorang mengidap tinnitus, ia memang akan mendengar suara yang seperti berasal dari telinga atau otaknya yang tidak bisa didengar oleh orang lain (tinnitus subjektif) sehingga penderita tinnitus kerap dianggap sedang berhalusinasi.

Kadang kala, suara tersebut mirip dengan detak jarum jam atau detak jantung (tinnitus pulsatile).

Dalam kasus yang lebih langka, suara yang didengar penderita tinnitus juga bisa didengar oleh orang lain bila ia mendengarkan dengan seksama (tinnitus objektif).

Baca Juga: Ketahui 6 Penyebab Telinga Berdenging

3. Datang ke Konser Menjadi Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

telinga berdenging sebelah kiri-3.jpg

Foto: helpingmehear.com

Menghadiri satu konser saja tidak akan membuat Moms mengalami tinnitus, kecuali jika melakukannya berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu berdekatan.

Lagipula, mendengar musik terlalu kencang bukan satu-satunya hal yang dapat menyebabkan telinga berdenging sebelah kiri.

Penyebab tinnitus lainnya, antara lain:

  • Berkurangnya kualitas pendengaran karena faktor usia yang biasanya terjadi saat Anda berusia di atas 60 tahun.
  • Terpapar suara dengan frekuensi tinggi, misalnya suara gergaji mesin, tembakan, bom, maupun mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang.
  • Adanya tumpukan kotoran telinga sehingga membuat gendang telinga iritasi.
  • Berubahnya struktur tulang pada telinga tengah (osteoclerosis). Kondisi ini biasanya bersifat genetik alias keturunan.

Untuk memastikan penyebab telinga berdenging sebelah kiri yang dialami, langsung periksakan diri ke dokter spesialis THT.

Baca Juga: 5 Tips Meredakan Sakit Telinga pada Bayi di Pesawat

4. Tidak Ada Obat untuk Telinga Berdenging Sebelah Kiri

telinga berdenging sebelah kiri-4.jpg

Foto: hearingadvancement.com

Obat telinga berdenging sebelah kiri tergantung pada penyebab terjadinya kondisi tersebut. Misalnya, jika tinnitus disebabkan kotoran telinga yang menumpuk, maka dokter akan membuang kotoran telinga sehingga denging di dalam telinga akan teratasi.

Jika telinga berdenging sebelah kiri disebabkan oleh infeksi telinga, dokter akan meresepkan obat tetes yang mengandung hidrokortison untuk mengatasi gatal, dan antibiotik untuk meredakan peradangan.

Seseorang juga mungkin harus menjalani operasi jika tumor yang menjadi penyebab tinnitus.

Terkadang, Moms tidak perlu mengonsumsi obat telinga berdenging apa pun untuk menyembuhkan tinnitus ini. Kuping berdenging yang Anda dirasakan setelah menghadiri satu konser, misalnya, akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apa pun.

Sayangnya, tidak semua penyebab tinnitus ada obatnya. Telinga berdenging sebelah kiri yang diakibatkan paparan suara terlalu keras, misalnya, hanya bisa ditangani dengan terapi atau alat bantu dengar. Sekali telinga sudah rusak, maka kondisi itu tidak akan bisa normal kembali.

Meski demikian, tetap ada pengobatan yang bisa dijalani untuk meningkatkan kualitas hidup dan meminimalisir efek negatif telinga berdenging, misalnya insomnia hingga depresi.

Tindakan pengobatan tersebut adalah dengan menjalani terapi suara (menggunakan alat bantu dengar), tinnitus retaining therapy, terapi perilaku kognitif, hingga menjalani pola hidup sehat.

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Sumber: sehatq.com

Konten ini merupakan kerja sama yang bersumber dari SehatQ

Isi konten di luar tanggung jawab Orami Parenting

Artikel Terkait