PASCA MELAHIRKAN
28 Maret 2016

Buku Parenting yang Wajib Dibaca oleh Orang Tua Baru

Bekal ilmu mendidik sang buah hati
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh (fitria.rahmadianti)
1 bacabuku

Momen pertama kali mengalami sesuatu tentunya akan menjadi saat yang paling tidak terlupakan. Terlebih ketika Anda dan pasangan baru saja memiliki momongan. Sebagai pasangan baru, Anda dan suami dapat membaca beberapa pilihan buku parenting berikut sebagai bekal mendidik anak nantinya.

1 bukuparenting nurtureshock

NurtureShock: New Thinking About Children (Po Bronson dan Ashley Merryman)

Bisa dibilang buku parenting ini berisi jawaban akan semua pertanyaan yang Anda pikirkan terkait dengan perkembangan bayi. Hebatnya, buku ini ditulis berdasarkan hasil penelitian dan ilmu terbaru yang dapat diaplikasikan oleh siapapun. Termasuk cara memotivasi anak, memuji anak, hubungan antara kakak dan adik, tidur, dan sebagainya.

2 bukuparenting brainrules

Brain Rules for Baby: How to Raise a Smart and Happy Child from Zero to Five (John Medina)

Ini dia buku parenting yang membahas lengkap tentang semua kebutuhan anak mulai usia 0 hingga lima tahun, termasuk penjelasan secara sains tentang perkembangan otak anak. Semuanya disajikan dengan menarik dan dengan bahasa yang mudah dipahami.

3 bukuparenting simplicityparenting

Simplicity Parenting: Using the Extraordinary Power of Less to Raise Calmer, Happier, and More Secure Kids (Kim John Payne dan Lisa M. Ross)

Sesuai judulnya, buku parenting ini berisi semua penjelasan tentang cara mendidik dan menolong perkembangan anak. Semuanya dijelaskan dengan mudah dan dapat langsung Anda terapkan dalam berinteraksi dengan anak-anak di kehidupan sehari-hari.

4 bukuparenting ibudansangjagoan

Ibu dan Sang Jagoan (Dian Noviyanti, Tim Indscript Creative)

Buku parenting ini membahas semua hal tentang bayi, termasuk kasus komplikasi atau gangguan yang mengancam buah hati. Selain itu, ada juga penjelasan tentang kedekatan yang terjadi antara ibu dan anak, baik anak laki-laki maupun anak perempuan. Ada juga pembahasan yang cocok dibaca oleh ayah.

5 parenthink

Parenthink (Mona Ratuliu)

Aktris Mona Ratuliu berbagi pengalamannya sebagai seorang ibu. Termasuk rasa stress dan kebingungan yang kerap kali melanda ibu baru sehingga berujung ke pola asuh yang salah. Melalui buku parenting ini, Mona mengajak para orangtua untuk menjadi teladan bagi anak.

Foto: Shutterstock

Artikel Terkait