2-3 TAHUN
31 Oktober 2019

Perkembangan Batita Bulan Ke-21

Si Kecil memanjat suka memanjat sofa? Wajar sih, Moms. Itu tanda anak mengembangkan kemampuan motoriknya.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Perkembangan Anak:

Bukan hanya pikiran Si Kecil yang berkembang saat ia tumbuh –tubuhnya pun berkembang setiap hari. Pertumbuhan di tahun kedua lebih lambat dari laju awal tahun pertama, tapi masih stabil.

Coba perhatikan tempat tidurnya. Bila selama ini ia masih tidur dengan boks bayinya, mungkin sudah saatnya Moms membeli tempat tidur balita agar anak tetap merasa aman dan nyaman. Ada banyak pilihan tempat tidur dan perlengkapannya yang bisa Moms lihat di sini.

Catatan untuk Orang Tua:

Aktif bermain tetap penting untuk Si Kecil. Bermain aktif membantu anak tetap bugar dan memperkuat tubuhnya yang sedang tumbuh, sekaligus memberinya kesempatan untuk menjelajahi dunia di sekitarnya. Jadi, matikan televisi dan jauhkan dia dari gadget Moms.

Bila Si Kecil terlanjur terbiasa bermain gadget di usia ini, akan sulit untuk Moms membatasinya di kemudian hari dan bersiaplah menghadapi masalah-masalah lain mulai dari masalah bahasa, sosial, pertumbuhan tulang, kesehatan mata hingga obesitas.

Baca Juga : 4 Jenis Permainan Untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

Tips Bulan Ini:

Panik melihat Si Kecil memanjat sofa bahkan lemari? Wajar sih, Moms. Tapi Moms juga perlu bersyukur karena itu tanda anak mengembangkan kemampuan motoriknya sekaligus mengatasi rasa takutnya. Awasi saja dan pastikan Moms suka memaku semua furnitur ke dinding agar tidak jatuh saat dipanjatnya, ya.

(AK)

Narasumber Ahli : Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Artikel Terkait