2-3 TAHUN
1 November 2019

Perkembangan Batita Bulan Ke-31

Usia ini si kecil akan mulai menirukan teman sebaya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Perkembangan Anak:

Menjelang usia 3 tahun, karakter anak semakin mudah Moms kenali. Ada anak yang secara temperamen dan karakter mirip dengan orangtuanya, ada juga yang tidak.

Beberapa orang tua merasa lebih mudah memiliki anak yang mirip dengan mereka, sehingga mereka lebih mudah menebak perasaan anak hingga apa yang anak butuhkan atau coba komunikasikan. Tapi ada juga yang justru merasa mudah berbenturan dengan anak yang mirip dengan mereka. Bagaimana dengan Moms?

Tip Bulan Ini:

Memiliki anak dengan kepribadian atau temperamen yang sangat berbeda dari Moms memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri.

Kuncinya adalah menyadari betul apa-apa saja yang membuat Moms dan si kecil memiliki kesamaan maupun perbedaan sehingga Moms bisa menghargai anak apa adanya, sebagai individu yang terpisah dari Moms. Kemudian Moms bisa memupuk minat dan kekuatannya, serta mendukung di mana si kecil membutuhkan pertolongan.

Catatan untuk Moms:

Di usia ini, si kecil suka meniru tindakan anak-anak lain. Saat Moms remaja atau dewasa, ini mungkin merupakan hal buruk. Tapi untuk balita, ini merupakan langkah penting dalam perkembangan sosialnya.

Tidak hanya menunjukkan kesadaran dan ketertarikan anak pada sebayanya, ini juga meunjukkan bahwa ia sudah lebih mampu bermain atau terlibat aktivitas bersama dengan teman sebayanya, bukan hanya di samping mereka.

(AK)

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Artikel Terkait