2-3 TAHUN
10 Oktober 2019

Perkembangan Batita Bulan Ke-33

Mulai bebaskan Si Kecil memutuskan hal sederhana untuk dirinya sendiri
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Perkembangan Anak:

Si kecil kelihatan ‘sudah besar’ dan semakin cerdas ya, Moms? Ini saatnya Moms memberikan lebih banyak kesempatan untuk Si Kecil membuat beberapa keputusan sendiri agar dia tahu bahwa Moms menganggap dia cerdas dan cakap sekaligus menghormati pilihannya.

Ini memupuk rasa percaya diri dan meningkatkan harga dirinya yang positif. Rasa atau kesadaran ini sangat penting bagi balita yang sedang tumbuh, yang merasakan kebutuhan akan kemerdekaan begitu kuat namun masih sangat bergantung pada orang dewasa di sekitarnya.

Tentu saja yang kita bahas di sini adalah pilihan-pilihan yang sesuai dengan usia anak. Misalnya pakaian apa yang ingin dipakai, mainan atau permainan apa yang ingin dilakukannya, hingga kudapan yang akan dibawa saat berpergian.

Tips Bulan Ini:

Berikan Si Kecil beberapa pilihan namun tetap dalam batas yang dapat diterima atau Moms tentukan. Misalnya, minta Si Kecil memilih tiga atau empat pilihan pakaian yang sudah Moms pilihkan sebelumnya.

Letakkan di tempat tidur dalam posisi siap dipakai dan katakan, “Kamu mau pakai yang mana untuk ke rumah Nenek? Pilih sendiri, ya!” Di pagi hari, Moms juga bisa menawarkan pilihan, “Untuk sarapan, kamu mau telur dadar, orak-arik atau mata sapi?”

Moms Coba, deh:

Ajak Si Kecil belajar memilih di lebih banyak kesempatan. Saat berbelanja di supermarket misalnya. Biarkan Si Kecil untuk bebas memilih hendak mengambil buah atau sayur yang mana. Ini sekaligus bisa membuat Si Kecil lebih semangat memakan buah dan sayur, karena dia sendiri yang memilihnya.

Cara lain, minta Si Kecil memilih meja saat makan di restoran. Tentu saja tetap dengan batasan. “Kamu mau kita duduk di meja yang ada sofanya itu atau di meja yang dekat jendela?”

(AK)

Narasumber: Belinda Agustya, M.Psi., Psikolog Anak (Rainbow Castle, Jakarta Selatan)

Artikel Terkait