KEHAMILAN
24 September 2019

Bumil Harus Tahu 5 Tips Mempersiapkan Lahiran Normal Berikut Ini

Ikuti 5 tips berikut ini agar proses lahiran normal Moms berjalan dengan lancar.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Menjalani persalinan yang lancar, aman, dan nyaman merupakan dambaan semua calon ibu. Ada beberapa macam proses persalinan yang bisa dilakukan, mulai dari persalinan caesar hingga lahiran normal.

Perbedaannya adalah lahiran normal dilakukan melalui vagina tanpa proses pembedahan, dan itu menjadi salah satu proses persalinan favorit karena dipercaya memiliki proses penyembuhan relatif lebih cepat.

Baca Juga: Melawan Rasa Takut Menjelang Persalinan

Namun, untuk lahiran normal Moms perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum due date semakin dekat. Apa saja persiapannya? Ini dia.

Latihan Gerakan Jongkok

pregnant-woman-crossfit-squat.jpg

Foto: stayfitpregnant.com

Tahukah Moms, mengikuti kelas senam hamil selama kehamilan merupakan hal yang sangat baik. Pasalnya, dengan aktif bergerak atau rutin berolahraga, Moms jadi bisa mempersiapkan tubuh menghadapi lahiran normal. Salah satu gerakan olahraga yang patut dipelajari dan dilakukan adalah jongkok.

Baca Juga: Ingin Persalinan Normal Tanpa Banyak Jahitan? Coba Tips Ini!

Dikutip dari laman parents.com, faktanya banyak ibu hamil lebih cenderung jongkok selama persalinan berlangsung.

Menurut Henry Dorn, M.D., seorang dokter kandungan di High Point, North Carolina, Amerika, Serikat, gerakan jongkok dapat membuka panggul dan membantu bayi masuk ke posisi melahirkan ideal, yaitu, kepala menunduk, menghadap ke belakang, dan dagu terselip ke arah dalam.

Rutin Olahraga

pregnant-woman-doing-downward-facing-dog-yoga-pose-home_1163-1748.jpg

Foto: Freepik.com

Lahiran normal membutuhkan energi dan stamina yang sangat kuat. Dengan melakukan olahraga rutin Moms bisa sekaligus mengatur pernapasan, meningkatkan kekuatan otot, dan membuat kondisi tubuh menjadi lebih sehat.

Berjalan kaki, berenang, hingga yoga merupakan beberapa contoh olahraga yang bisa Moms lakukan di masa kehamilan.

Baca Juga: 7 Jenis Olahraga yang Bantu Persalinan Normal Lebih Lancar

menurut Ryan Dickerson, M.D., dokter kandungan di Baton Rouge, Louisiana, Amerika Serikat, olahraga sebaiknya dilakukan hampir setiap hari, selama 30 menit. Namun, apabila tubuh Moms sudah terasa lelah sebaiknya hentikan dan segera beristirahat.

Hindari Stres

pregnant-woman-reading-book-about-motherhood_23-2148252472.jpg

Foto: Freepik.com

Merupakan hal normal jika Moms memiliki banyak pikiran menjelang waktu persalinan. Bahkan tak jarang Moms mengalami stres.

Namun, agar kondisi fisik dan mental tidak menurun, sebaiknya hindari stres, rasa cemas, dan emosi negatif, karena hal-hal tersebut bisa membuat proses lahiran normal tidak berjalan dengan lancar.

Cobalah untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks dengan melakukan me time, membaca buku, mendengarkan musik favorit, mengonsumsi makanan yang sehat, hingga menonton film favorit.

Penuhi Asupan Cairan Tubuh

pregnant-woman-with-glass-water_1163-1510.jpg

Foto: Freepik.com

Dilansir dari momjunction.com, air merupakan salah satu kandungan di dalam tubuh yang sangat penting untuk dipenuhi, agar keseahatan dapat berjalan dengan lancar.

Lahiran normal membutuhkan kondisi fisik dan mental yang kuat serta siap. Oleh karena itu, cukupi asupan cairan di dalam tubuh agar Moms tetap terhidrasi dengan baik.

Dengan begitu, tubuh akan mendapatkan energi dan stamin tambahan. Siapkan air putih, jus segar, atau minuman sehat lainnya untuk memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari.

Siapkan Tas ‘Rumah Sakit’

newborn-concept-with-baby-clothes_23-2147665649.jpg

Foto: Freepik.com

Tips mempersiapkan lahiran normal yang terakhir adalah menyiapkan sebuah tas yang wajib Moms bawa ke rumah sakit. Tas tersebut berisi kartu asuransi, KTP, kartu debit, handuk, pakaian Moms, pakaian bayi, popok, sandal, kaos kaki, camilan sehat, toiletries, selimut, hingga.

Pastikan Moms sudah mempersiaplan tas tersebut minimal satu minggu sebelum waktu kelahiran. Jadi, saat waktu lahiran normal tiba, Moms bisa menyuruh Dads atau keluarga yang mendampingi untuk membawa tas tersebut.

(MA/KM)

Artikel Terkait