KEHAMILAN
25 September 2019

Bumil Harus Tahu, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Panggul Saat Hamil

Sering membuat bumil tidak nyaman, inilah penyebab dan cara mengatasi nyeri panggul.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Saat hamil merasakan rasa nyeri dan sakit pada panggul, Moms? Tenang saja, Moms tidak sendirian kok. Dikutip dari laman whattoexpect.com, hampir 80 persen ibu hamil mengalami nyeri panggul.

Biasanya gangguan ini dialami ketika memasuki trimester ketiga atau terakhir. Nyeri panggul terjadi pada sendi dan otot di bagian tulang panggul dan punggung bagian bawah.

Baca Juga: Kaki Bengkak Saat Hamil, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ketika Moms sedang mengangkat beban, bangun dari tempat tidur, atau berdiri dari posisi duduk, rasa nyeri pun akan dirasakan. Lalu, apa yang menyebabkan nyeri panggul saat hamil terjadi? Dan bagaimana cara mengatasinya? Simak berikut ini.

Penyebab Nyeri Panggul

pregnant-woman-with-back-pain_53876-26156 (1).jpg

Foto: rawpixel.com

Penyebab umum nyeri panggul saat hamil adalah adanya tekanan yang semakin berat dari sendi panggul. Kondisi ini biasa disebut dengan Symphysis Pubis Disfunction (SPD), kondisi adanya peningkatan hormon estrogen, prgesteron, dan relaxin.

Menurut Heba Shaheed, seorang ahli Fisioterapi spesialis kesehatan panggul wanita dan pendiri The Pelvic Expert di Sydney, Australia, peningkatan hormon tersebut menyebabkan ligament panggul menjadi lebih rileks dan lunak, dan persendian mulai menjadi lebih lunak juga.

Baca Juga: Nyeri Punggung Saat Hamil, Bagaimana Cara Alami Mengatasinya?

Akibatnya, sendi di depan panggul yang disebut symphysis pubis bisa menjadi lebih sangat elastis dan tidak stabil. Hal inilah yang menimbulkan rasa nyeri pada panggul Moms.

Adanya Tekanan dari Janin

future-mom-suffering-from-spinal-pain_1163-1519.jpg

Foto: Freepik.com

Memasuki trimester ketiga, janin semakin berkembang, perut Moms pun semakin membesar. Kemungkinan adanya tekanan di daerah panggul pun terjadi, dan hal ini dengan cepat menekan saraf yang mengalir dari vagina ke kaki.

"Rasa sakit ini biasanya terjadi jika ada gerakan. Misalnya saat Anda berjalan atau sedang naik mobil, karena janin di dalam kandungan memantul”, ujar Dr. Merrill-Nach, M.D., selaku dokter kandungan di San Diego, Amerika Serikat.

Untuk meringankan ketidaknyaman yang Moms rasakan, berbaringlah sebentar di satu sisi dan beristirahatlah.

Cara Mengatasi Nyeri Panggul

future-mom-suffering-from-back-pain_1163-1520.jpg

Foto: Freepik.com

Apabila Moms merasakan nyeri panggul dan tidak tahan dengan rasa sakitnya, langsung konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit dan menghindari ketidaknyaman dalam jangka waktu yang panjang. Namun, ada juga cara untuk mengatasi nyeri panggul yang bisa dilakukan, ini dia.

Baca Juga: Apakah Aman Pijat Prenatal Untuk Nyeri Punggung Saat Hamil?

  • Lakukan beberapa latihan panggul, seperti memiringkan panggul dan berbaring dengan pinggul terangkat.
  • Mandi air hangat.
  • Massage prenatal (pijat kehamilan), tetapi pastikan Moms memilih terapi yang bersertifikat untuk merawat ibu hamil.
  • Akupunktur dipercaya bisa meringankan segala gangguan saat kehamilan. Namun perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan Moms dulu, ya.

(MA/KM)

Artikel Terkait