BAYI
23 Juni 2020

Bunga Telang untuk Membersihkan Mata Bayi, Mitos atau Fakta?

Sehabis ditetes bunga telang, mata bayi jadi jernih
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak anjuran di masyarakat umum untuk meneteskan air rendaman bunga telang di mata bayi. Konon, hal ini bertujuan untuk membersihkan mata bayi dari kotoran.

Menurut penelitian yang diterbitkan Jurnal EduMatSains, bunga telang memiliki potensi farmakologi yang salah satunya bisa mengobati mata merah dan mata lelah.

Ada sebagian masyarakat yang sudah mencobanya mengatakan itu fakta dan ada sebagian lagi yang mengatakan itu mitos.

Secara medis, bunga telang belum teruji secara klinis bahwasanya bisa menjadi obat untuk mata. Belum ada penelitian dan uji klinis yang akurat tentang bunga telang ini sehingga sulit mengatakan bahwa bunga telang manjur untuk mengobati sakit mata, terutama pada bayi.

Memang, tidak sedikit orang-orang yang mempraktikan meneteskan air rendaman bunga telang ini mengatakan bahwa cara ini sangat manjur membersihkan mata bayi. Bukan hanya mata bayi, mata orang dewasa pun juga sama demikian.

Biasanya kotoran pun akan keluar setelah meneteskan air rendaman bunga telang ini dan selanjutnya mata akan terasa lebih bersih dan jernih.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Sakit Mata pada Anak

Mata bayi yang belekan memang umum dan normal terjadi pada awal-awal kehidupan bayi. Biasanya belekan ini terjadi karena tersumbatnya saluran air mata atau bisa juga karena infeksi. Dikatakan normal jika belek muncul sesekali ketika bayi bangun tidur, Moms bisa membersihkannya dengan menyekanya menggunakan kapas atau kain lap yang dibahasi air.

Namun, belekan pada bayi juga bisa diakibatkan oleh infeksi yang berbahaya, hal ini ditandai dengan belek tidak hilang selama berbulan-bulan, dan warna belek cenderung kuning kehijauan, serta bayi seringkali menangis dan susah membuka matanya.

Bunga Telang untuk Membersihkan Mata Bayi

Belekan-Hero.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Sebaiknya, Moms tidak meneteskan air rendaman bunga telang pada bayi. Sebenarnya bunga telang memiliki banyak manfaat kesehatan lain, namun yang mengkhawatirkan adalah jika saat proses menyiapkan air rendaman ini tidak steril maka bisa menimbulkan komplikasi lain, lho.

Baca Juga: Sakit Mata pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Misal, ketika memetik bunga telang tangan kita kotor, kemudian saat merendam bunga, bunga tersebut tidak kita cuci bersih terlebih dahulu. Kita tidak pernah tahu, bunga tersebut sudah terpapar kotoran apa saja di luar sana.

Belum lagi jika air rendaman yang digunakan juga tidak steril dan terdapat banyak kuman, maka akan sangat membahayakan mata bayi ketika diteteskan ke mata bayi. Niat hati ingin membersihkan mata bayi, bisa berujung malapetaka, lho.

Ada cara lain yang lebih aman untuk membersihkan mata bayi yang belekan seperti yang dianjurkan oleh dokter mata, yakni:

  • Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum membersihkan mata bayi
  • Gunakan kapas atau waslap yang bersih
  • Rendam kapas atau waslap di air bersih, atau di air hangat lebih baik kemudian peras
  • Usapkan kapas atau waslap basah tersebut di mata bayi dari bagian dalam hingga bagian luar secara perlahan
  • Jika kondisi mata anak tidak membaik dan belek semakin kerap muncul sebaiknya periksakan ke dokter mata

Baca Juga: Ini Langkah Mengobati Mata Merah pada Anak yang Bisa Dilakukan

Jadi, Moms masih mau meneteskan bunga telang atau dilap dengan waslap basah saja untuk membersihkan mata bayi?

Artikel Terkait