FASHION & BEAUTY
8 Juni 2019

Bye Bye Kulit Jeruk, Ini Dia Penyebab Pori-Pori Besar dan Cara Mengatasinya

Pori-pori yang besar bisa timbul akibat gaya hidup kita yang tidak sehat lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Wajah halus dan lembut tentu menjadi idaman semua wanita. Namun sayangnya hal ini tidak bisa dimiliki oleh semua kaum hawa, apalagi mereka yang tinggal di iklim tropis.

Pori-pori besar dan kulit berminyak adalah masalah yang banyak dihadapi oleh sebagian besar wanita soal kecantikan wajah. Jika sudah begini, hilang sudah impian untuk memiliki wajah halus dan lembut.

Makanya, banyak dari mereka berlomba-lomba untuk membeli berbagai macam skincare yang mampu mengatasi pori-pori besar, bahkan melakukan berbagai perawatan terbaik yang tidak murah.

Sebenarnya apa si penyebab pori-pori besar? Dan bagaimana mengatasinya ya? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 6 Mitos Soal Perawatan Kulit Wajah yang Selama Ini Dipercaya

Penyebab Pori-Pori Besar

Pori-pori besar biasanya tidak disebabkan oleh produk perawatan wajah yang kita gunakan. Namun lebih mengarah pada pola hidup tidak sehat kita, baik dari luar maupun dalam.

Contohnya suka makan makanan berminyak. Bagi Moms penggemar gorengan, gorengan bisa menjadi penyebab jahat yang membuat wajah kita berminyak dan pori-pori besar lho. Selain itu, kulit wajah kita juga akan lebih mudah berkomeda. Jadi sebaiknya hindari ya.

Penyebab lainnya ada pada kebiasaan kita, terutama Moms yang suka menggunakan riasan wajah tebal. Menggunakan riasan wajah boleh-boleh saja, namun yang harus diperhatikan adalah perawatan setelah menggunakannya.

Jangan malas untuk membersihkan wajah dengan benar-benar bersih, hingga tidak tertinggal kotoran di wajah.

Membersihkan wajah sehabis menggunakan make up maksudnya bukan hanya mencuci dengan sabun cuci muka ya. Tapi gunakan juga produk lainnya seperti micellar water, atau milk cleansing sebagai tahap awal, dan setelahnya gunakan skincare yang tepat seperti toner atau pelembab wajah sesuai kebutuhan.

Meski terlihat sepele, 2 hal di atas merupakan penyebab umum yang berkontribusi dalam membuat kulit wajah memiliki pori-pori besar. Nah sekarang, kita cari tahu yuk bagaimana cara mengatasinya.

Baca Juga: 10 Langkah Perawatan Wajah Untuk Si Kulit Berminyak

Cara Mengatasi Pori-Pori Besar

Mengatasi pori-pori besar bisa dilakukan dengan cara sederhana yang biasa kita lakukan sehari-hari kok. Tidak butuh obat mahal atau perawatan mahal. Yuk, cobain tips di bawah ini.

1. Membersihkan Wajah secara Rutin

pori-pori besar, mengecilkan pori-pori

Kebersihan kulit wajah dapat mempengaruhi besar kecilnya pori-pori di wajah. Maka dari itu, kita harus rajin membersihkan wajah ya, apalagi setelah beraktivitas di luar ruangan seharian.

Caranya dengan memilih pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit kita. Jangan sampai pembersih wajah yang digunakan malah menambah jerawat di wajah. Pembersih wajah dengan model facial foam juga bisa kita pilih kok Moms.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari

pori-pori besar, mengecilkan pori-pori

Paparan sinar matahari memang memiliki efek yang tidak baik untuk wajah. Bisa menyebabkan kanker kulit, menimbulkan flek hitam, kulit jadi kusam, juga pori-pori besar lho. Jadi pastikan kulit terhindar dari paparan matahari secara langsung untuk mengecilkan pori-pori.

Caranya sangat mudah. Dalam perawatan wajah Moms sehari-hari, jangan lupa oleskan juga tabir surya ya. Cara lainnya dengan menggunakan payung jika akan pergi ke luar.

Baca Juga: Bagaimana Cara Tepat Melindungi Kulit Bayi dari Sinar Matahari?

3. Konsumsi Banyak Buah dan Sayuran

pori-pori besar, mengecilkan pori-pori

Mengaplikasikan sayuran tertentu di permukaan kulit wajah dan mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran dan buah-buahan dapat membantu mengecilkan pori-pori dan meminimalisir munculnya pori-pori yang membesar. Selain itu, mengonsumsi banyak buah dan sayuran juga bisa menyehatkan tubuh lho Moms.

Itu dia beberapa cara sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengecilkan pori-pori dan mencegah timbul pori-pori yang besar. Pastikan Moms melakukannya secara rutin ya!

(AWD)

Artikel Terkait