KESEHATAN
7 Juli 2020

Mengapa Kita Bisa Terinfeksi Cacar Air Dua Kali? Yuk Cari Tahu, Moms

Ada beberapa kondisi yang membuat kita bisa terinfeksi 2 kali
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Cacar air adalah penyakit yang sangat menular. Penyakit ini bisa sangat serius jika terinfeksi oleh bayi, orang dewasa, dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Penyebab cacar air adalah virus varicella-zoster (VZV). Gejala cacar air yang timbul biasanya berupa ruam seperti blister yang pertama kali muncul di perut, punggung, dan wajah.

Baca Juga: Mengenal Cacar Air Pada Anak, Penyebab dan Penanganannya

Ruam biasanya menyebar ke seluruh tubuh, lalu menyebabkan banyak lepuh berisi cairan. Mereka kemudian akan terbuka, berubah menjadi luka yang akhirnya meninggalkan bekas. Ruam ini bisa sangat gatal dan sering disertai dengan kondisi tubuh yang kelelahan, sakit kepala, dan demam.

Namun banyak yang mengatakan bahwa cacar air hanya akan terjadi sekali seumur hidup. Bisakah kita terinfeksi cacar air dua kali? Simak penjelasan berikut ya Moms.

Bisakah Terinfeksi Cacar Air Dua Kali?

cacar air dua kali

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tidak biasa, kita bisa terinfeksi cacar air lebih dari satu kali. Namun sebagian besar orang yang sudah pernah mengidap cacar air, akan memiliki kekebalan terhadapnya selama sisa hidup mereka.

Ada beberapa kemungkinan mengapa kita bisa terinfeksi virus cacar air dua kali. Hal ini terjadi jika:

  • Pertama kali terinfeksi cacar air saat pertama kali berusia kurang dari 6 bulan.
  • Kasus cacar air pertama yang dialami sangat ringan.
  • Kita memiliki sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC), juga menyebutkan bahwa imunitas setelah infeksi varicella dianggap akan bertahan dan kasus kedua cacar air dianggap langka. Namun, kasus kedua mungkin terjadi lebih umum di antara orang dengan kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: 5 Jenis Buah untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Dalam beberapa kasus, seseorang yang tampaknya menderita cacar air untuk kedua kalinya sebenarnya itu adalah cacar air mereka yang pertama.

Beberapa ruam dapat menyerupai cacar air. Bisa jadi kita sebenarnya belum pernah menderita cacar air, tetapi menerima diagnosa salah.

Bagaimana Penyebaran Cacar Air?

cacar air dua kali

Foto: health.clevelandclinic.org

Cacar air adalah penyakit sangat menular yang menular dengan mudah dari orang ke orang. Menghirup udara yang sama dengan seseorang yang menderita cacar air, batuk, atau bersin dapat membuat kita terpapar. Cacar air juga dapat menyebar melalui kontak dengan cairan di ruam yang melepuh.

Jika Moms menderita cacar air, akan bisa menular sekitar dua hari sebelum ruam berkembang. Cacar air akan tetap menular sampai lepuh benar-benar kering.

Baca Juga: 9 Mitos tentang Cacar Air yang Tidak Terbukti

Moms dapat tertular cacar air melalui kontak dengan orang yang secara aktif memilikinya, seperti dengan:

  • berada di kamar bersama mereka setidaknya selama 15 menit,
  • menyentuh lecet mereka,
  • menyentuh benda-benda yang terkontaminasi dengan napas atau cairan dari lepuh mereka,

Jadi kita harus tetap waspada ya, jangan sampai menularkannya pada orang jika kita yang menderita atau tertular dari orang yang terinfeksi.

Artikel Terkait