KEHAMILAN
5 September 2019

5 Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan yang Wajib Diketahui Calon Ibu

Penasaran dengan jenis kelamin buah hati Moms? Inilah ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus diketahui.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kehamilan merupakan sebuah anugerah terindah yang dialami para calon ibu. Memiliki buah hati yang sehat adalah impian setiap orang tua di dunia. Menjaga kehamilan agar tetap sehat hingga proses persalinan lancar juga merupakan tanggung jawab calon ibu.

Ada beberapa hal yang membuat seorang calon ibu penasaran dengan kehamilannya, salah satunya mengetahui jenis kelamin sang buah hati.

Biasanya jenis kelamin sudah dapat diketahui setelah usia kehamilan 3 bulan. Selain melalui USG atau ultrasonografi, ada cara lain untuk mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung, terlebih jika Moms menginginkan anak perempuan.

Ada beberapa ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus Moms tahu. Simak di bawah ini.

Morning Sickness yang Cukup Parah

246882316-H.jpg

(Foto: parenting.firstcry.com)

Ciri-ciri hamil anak perempuan yang harus Moms ketahui adalah ketika mengalami morning sickness, terdiri dari mual dan muntah yang cukup parah.

Sebuah penelitian di tahun 2017 yang dilansir oleh medicalnewstoday.com menemukan bahwa ibu hamil yang mengandung anak perempuan mengalami lebih banyak peradangan dan kekebalan imun mereka lebih rentan.

Hal ini terlihat dari ketika Moms mengalami mual dan muntah yang cukup parah di pagi hari.

Baca juga: Ini 3 Fakta Mengenai Kehamilan Kembar

Perubahan Mood

pregnancy-emotional-mood-sadness 1440.jpg

(Foto: babymed.com)

Mengalami perubahan mood yang cukup parah ternyata juga merupakan salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan. Perubahan hormon yang terjadi saat kehamilan bisa jadi penyebab mood mudah berubah-ubah.

Ketika Moms mengalami perubahan suasana hati yang cepat berubah, mudah tersinggung, sedih, dan menangis, bisa jadi Moms sedang hami anak perempuan.

Bentuk Payudara

260560802-H-696x476.jpg

(Foto: parenting.firstcry.com)

Selain perut yang semakin membesar, perubahan bentuk tubuh ibu hamil yang sering terjadi adalah di bagian payudara. Banyak orang yang percaya, ketika payudara sebelah kiri terlihat lebih besar dibandingkan sebelah kanan, bisa jadi Moms menunjukkan ciri-ciri hamil anak perempuan.

Namun, perubahan bentuk payudara ini juga bisa disebabkan karena adanya hormon yang meningkat saat kehamilan.

Baca juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

4. Detak Jantung

photo-1457342813143-a1ae27448a82.jpg

(Foto: unsplash.com)

Ciri-ciri hamil anak perempuan berikutnya adalah ketika janin memiliki detak jantung yang tinggi. Biasanya detak jantung tersebut mencapai 140-160 detak per menit. Namun, hal ini belum terbukti oleh medis. Karena pada dasarnya detak jantung janin normal berkisar antara 120-160 detak per menit.

Tidak hanya itu, detak jantung janin nyatanya bisa berubah-ubah, tergantung aktivitas janin di dalam kandungan dan usianya.

Bentuk Perut

photo-1493894473891-10fc1e5dbd22.jpg

(Foto: unsplash.com)

Tahukah Moms, banyak yang bilang bahwa salah satu ciri-ciri hamil anak perempuan bisa dilihat dari bentuk perut. Ketika Moms hamil dan memiliki bentuk perut yang naik dan membesar ke atas itu adalah tanda hamil anak perempuan.

Meski begitu, masih banyak ahli yang mengatakan hal itu belum tentu akurat. Bentuk perut tersebut nyatanya bisa disebabkan karena kondisi fisik, bentuk otot perut, kenaikan berat badan, dan banyak alasan lainnya.

Baca juga: Deretan Manfaat Jika Ayah Rutin Mengusap Perut Ibu Hamil

Itulah 5 ciri-ciri hamil anak perempuan yang sering dibicarakan di masyarakat dan Moms perlu mengetahuinya. Perlu diingat, Moms boleh percaya atau tidak.

Namun, untuk mengetahui jenis kelamin janin yang dikandung secara akurat Moms bisa langsung melakukan USG di rumah sakit terdekat bersama dokter kandungan.

(MA/KM)

Artikel Terkait