PROGRAM HAMIL
23 April 2020

Camilan Kacang Untuk Fertilitas Pria. Apa Benar?

Mengonsumsi kacang untuk fertilitas pria dalam meningkatkan peluang kehamilan Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bukan lagi mitos, jika makanan yang Moms dan Dads konsumsi dapat memengaruhi fertilitas dan peluang kehamilan.

Termasuk juga camilan sehari-hari, seperti kacang. Kabar baiknya, beberapa penelitian melihat adanya pengaruh positif kacang untuk fertilitas pria dan dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Nutrisi Kacang untuk Fertilitas Pria

1 Nutrisi Kacang.jpg

Foto: ExplorerBob – Pixabay.com

Ada beragam jenis kacang yang mungkin biasa Moms temui, seperti almond, kenari, dan hazelnut. Kesemuanya mengandung nutrisi yang sering dihubungkan dengan kesehatan sperma, misalnya: asam lemak omega 3, folat, dan antioksidan (vitamin E, zinc, dan selenium).

Dikutip dari healthline.com, nutrisi-nutrisi dalam kacang untuk fertilitas pria ini dipercaya mampu menjaga sperma dari bahaya radikal bebas yang membahayakan dan mengatur integritas struktural sperma.

Nutrisi ini juga dapat membantu regulasi hormon yang sangat penting untuk perkembangan sperma agar menjadi lebih kuat dan sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan Semangkuk Kacang Hijau

Kacang untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

2 Meningkatkan Kualitas Sperma.jpg

Foto: Karolina Grabowska – Pixabay.com

Manfaat kacang untuk fertilitas pria juga dibuktikan melalui sebuah penelitian yang didukung oleh California Walnut Commission dengan menelit 117 pria muda yang sehat, di rentang usia 21-35 tahun.

Secara acak, beberapa subyek penelitian diberikan 2,5 ons kenari atau lebih dari setengah cangkir per hari. Sisanya diminta untuk melanjutkan pola makan yang biasa mereka jalani.

Dalam 12 minggu, subyek penelitian yang mengonsumsi 2,5 ons kenari per hari mengalami peningkatan kualitas sperma.

“Kenari adalah satu-satunya kacang dengan tingkat asam lemak omega 3 cukup tinggi, dimana dalam beberapa penelitian mengenai infertilitas telah dikaitkan dengan kualitas sperma yang lebih baik,” ungkap salah satu peneliti dalam studi yang dipublikasikan dalam Biology of Reproduction ini, Wendie Robbins, PhD, dari UCLA Fielding School of Public Health, seperti dikutip dari webmd.com.

Baca Juga: Manfaat Kacang untuk Meningkatkan Fungsi Otak

Kacang untuk Meningkatkan Libido

3 Meningkatkan Libido.jpg

Foto: Sasin Tipchai – Pixabay.com

Selain terbukti meningkatkan kualitas sperma, kacang untuk fertilitas pria juga terbukti dapat meningkatkan libido pria.

Kesimpulan ini didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh The Universitat Rovira i Virgili dan Pere Virgili Health Research Institute di Spanyol yang menjalani 14 minggu percobaan penelitian.

Dalam penelitian ini, 83 pria sehat yang tidak memiliki sejarah disfungsi ereksi dan berusia 18-35 tahun dibagi menjadi dua kelompok.

Semuanya diminta untuk menjalani pola makan seperti biasa, namun di salah satu kelompok diberikan tambahan kacang setiap hari, berupa 30 gram kenari, 15 gram almond, dan 15 gram hazelnut.

Hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients ini menyebutkan bahwa dengan mengonsumsi 60 gram gabungan kacang kenari, hazelnut dan almond setiap hari dapat meningkatkan hasrat seksual pria dan mendapatkan sensasi orgasme yang lebih baik.

Baca Juga: Perbanyak Makan Kacang untuk Meningkatan Kualitas Sperma

“Beberapa antioksidan, seperti polifenol dan vitamin yang terkandung dalam kacang-kacangan telah direkomendasikan untuk menjadi pengobatan yang efektif terhadap disfungsi ereksi dan pada saat yang bersamaan juga bermanfaat bagi sistem kardiovaskular,” ungkap salah satu peneliti, Dr. Albert Salas-Huetos, seperti dikutip dari dailymail.co.uk.

Itulah beberapa manfaat kacang untuk fertilitas pria. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mengganti menu camilan Dads dengan ragam jenis kacang yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga dapat meningkatkan peluang kehamilan Moms.

Artikel Terkait