BAYI
13 September 2020

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bayi Liburan #DiRumahAja

Siapkan camilan sehat untuk bayi ini dan Si Kecil tidak akan kelaparan saat liburan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Saat liburan di rumah pun Moms pasti ingin bayi mendapatkan asupan makanan yang baik. Begitu bayi mulai makan makanan padat, memiliki camilan di tangan adalah cara untuk membantu menenangkan Si Kecil yang lapar.

Deborah Malkoff-Cohen, MS, RD, CDN, CDE, ahli nutrisi dari City Kids Nutrition di New York City mengatakan, rata-rata balita membutuhkan sekitar 1.000-1.400 kalori dalam sehari.

"Otak anak Anda mengalami perkembangan besar sejak lahir hingga usia 3 tahun dan nutrisinya memainkan peran besar dalam perkembangan ini," kata Deborah.

Camilan Sehat untuk Bayi

Nutrisi seperti protein, serat, dan lemak sehat bekerja bersama untuk memberi energi yang dibutuhkan bayi. Untungnya, memberi makan camilan sehat untuk bayi mudah dilakukan dan juga terjangkau.

Baca Juga: Apakah Baik Memberikan Camilan Instan untuk Bayi?

1. Yogurt Plain

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bepergian -1.jpg

Foto: Simplebites.net

Mengandung karbohidrat yang sehat, kalsium, protein, dan lemak sehat, yogurt dapat membantu tubuh bayi menyerap vitamin dan nutrisi penting yang merupakan kunci dalam membangun sistem saraf pusatnya.

Dikutip dari jurnal Orthopedic Nursing, kalsium sangat penting untuk perkembangan tulang anak-anak. Menurut Pediatric Clinics of North America, beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup, yang bermanfaat untuk sistem pencernaan Si Kecil dan cocok menjadi camilan sehat untuk bayi.

Kebanyakan yogurt yang dipasarkan untuk anak-anak mengandung banyak gula. Sebagai gantinya, pilihlah yogurt tawar dan penuh lemak dan berikan buah segar di atasnya untuk penambah rasa manis dan segar

2. Telur Rebus

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bepergian -2.jpg

Foto: Healthline.com

Simpan telur rebus di lemari es sebagai camilan tinggi protein. Telur rebus juga bisa jadi camilan sehat untuk bayi bahkan saat liburan. Telur sangat bergizi dan menjadi makanan ringan yang sangat baik untuk bayi.

Telur memiliki protein berkualitas tinggi dan beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin, dan selenium. Telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat bagi kesehatan mata, dikutip dari Clinical Ophthalmology. Selain itu, telur juga salah satu sumber kolin terbaik, yakni vitamin yang diperlukan untuk perkembangan otak yang baik.

Baca Juga: Mencegah Alergi Makanan, Bagaimana Menentukan Snack yang Baik untuk Anak?

3. Keju

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bepergian -3.jpg

Foto: Recipes.howstuffworks.com

Makanan ringan sederhana ini adalah sumber protein yang bagus, yang sangat penting untuk pertumbuhan bayi. "Protein berfungsi sebagai blok bangunan tubuh dan membantu jaringan dan otot tubuh tumbuh," jelas Deborah.

Keju cottage adalah keju segar dan lembut yang cukup lunak untuk dikonsumsi bayi. Kaya akan protein dan sumber selenium, vitamin B12, kalsium dan Vitamin B12 yang penting untuk pertumbuhan yang tepat dan perkembangan otak dikutip dari jurnal Advances in Nutritions.

Makanan olahan susu berlemak secara signifikan berkontribusi pada kebutuhan nutrisi bayi untuk kalsium, magnesium, dan vitamin A dan D. Protein juga akan membantu bayi merasa kenyang di antara waktu makan. Mom bisa memberikan potongan keju langsung atau ditambahkan dengan beberapa buah lainnya, atau bisa juga dioleskan pada roti gandum.

4. Kacang

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bepergian -4.jpg

Foto: Todaysparent.com

Kacang memiliki kandungan yang tinggi lemak sehat, serat dan antioksidan. Lemak adalah zat yang penting untuk mendukung pertumbuhan pada bayi . Dokter biasanya merekomendasikan untuk menunda pemberian kacang, tapi penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa memberikan kacang lebih dini menurunkan risiko alergi.

Moms juga bisa memilih selai almond yang rendah gula, selai mete, atau selai biji bunga matahari untuk sebagai olesan di roti gandum Si Kecil.

"Lemak adalah nutrisi yang sangat penting selama dua tahun pertama kehidupan. Lima puluh persen kalori bayi Anda berasal dari sumber lemak karena otaknya berkembang sangat cepat dan mengandalkan lemak sebagai bahan bakar dan sumber pertumbuhan,” jelasnya.

Baca Juga: Balita Lebih Suka Makan Snack, Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

5. Daging Kalkun dan Alpukat

Siapkan 5 Camilan Sehat Ini untuk Bepergian -5.jpg

Foto: Babycenter.com

Camilan sehat untuk bayi lainnya adalah potongan daging kalkun rebus. Ini akan memenuhi kebutuhan zat besi harian Si Kecil. Kalkun dan alpukat roll-up adalah camilan sehat yang mudah dimakan.

Kalkun adalah sumber protein yang baik, yang bertanggung jawab untuk membangun dan memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Ini juga sangat mengenyangkan, yang dapat membantu anak-anak merasa kenyang di antara waktu makan

Alpukat penuh dengan lemak jantung-sehat, serat, folat, asam pantotenat, kalium, beberapa antioksidan, dan vitamin C dan K. Untuk membuat kalkun dan alpukat roll-up, pertama kupas dan iris alpukat. Simpan irisan alpukat dalam jus jeruk nipis untuk mencegahnya berwarna kecoklatan. Tambahkan sepotong kalkun di setiap irisan alpukat.

Baca Juga: Yuk Coba 3 Resep Camilan Berbahan Labu Untuk Balita 1 Tahun!

Sekarang tidak bingung lagi membuat camilan sehat untuk bayi kan Moms?

Artikel Terkait