TREN
7 Juli 2019

Camilan Tradisional dari Singkong yang Enak Banget!

Ada camilan manis dan asin juga
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Siapa yang suka makan singkong? Makanan sederhana ini ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam kue dan camilan enak lho.

Bahkan dibeberapa daerah, singkong sering dijadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat. Jadi tanpa makan nasi, dengan singkong saja sudah cukup mengenyangkan.

Bagi Moms yang mungkin ingin membuat camilan unik dan sehat sekaligus mengenyangkan untuk anak dan Si Kecil, coba gunakan singkong saja Moms. Jangan khawatir, di bawah ini ada berbagai camilan tradisional dari singkong yang bisa dibuat. Yuk kita lihat.

Baca Juga: Mengolah Jajanan Tradisional Menjadi Kekinian

1. Misro

camilan dari singkong

Foto: cookpad.com

Nama misro diambil dari deskripsi makanan itu sendiri, yakni amis (manis dalam bahasa Sunda) dan di jero (di dalam dalam bahasa Sunda). Dari deskripsi tersebut, misro diartikan sebagai makanan yang punya isian manis.

Bila keluarga Moms suka dengan camilan goreng-gorengan, misro bisa jadi pilihan yang tepat. Camilan tradisional dari singkong ini hanya terbuat dari bahan utama singkong dan gula merah.

Cara membuatnya sangat sederhana, parut singkong yang telah dicuci bersih, lalu bentuk bulat pipih. Setelahnya, isi dengan irisan halus gula merah dan tutup. Jika sudah, panaskan minyak goreng dan gorenglah hingga berwarna kuning keemasan. Dimakan selagi hangat akan lebih nikmat.

2. Comro

camilan dari singkong

Foto: tastemade.com

Ada misro ada juga comro atau yang lebih dikenal sebagai combro. Berbeda dengan misro yang isiannya manis, comro berisi isian yang pedas dan gurih.

Comro kependekan dari oncom di jero (oncom di dalam dalam bahasa Sunda). Cara membuatnya juga cukup mudah. Parut combro yang sudah dicuci bersih, peras airnya dan sisihkan. Selanjutnya, parut kelapa kemudian campurkan dalam singkong yang sudah diparut dan aduk.

Untuk isiannya, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit hingga harum. Tambahkan merica, oncom, garam, gula, dan daun bawang, masak hingga matang. Bentuk bahan campuran yang sudah ada, dan isi dengan tumisannya. Jika sudah, goreng comro. Mudah kan?

Baca Juga: Manis Legit nan Legendaris, Ini 6 Jajanan Tradisional dari Gula Merah Khas Indonesia

3. Gethuk

camilan dari singkong

Foto: factsofindonesia.com

Camilan manis asal Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga terbuat dari bahan dasar singkong.

Cara membuatnya cukup sulit, mulai dari merebus singkong, lalu ditumbuk hingga halus, setelahnya cetak hingga mirip dengan bentuknya yang khas. Uniknya gethuk ini memiliki warna-warna cantik sebagai daya tariknya. Moms bisa beri warna kuning, cokelat, atau hijau.

Sebagai pelengkap, siapkan kelapa parut sebagai taburannya. Gethuk pun siap disantap.

4. Tape

Peuyeum_Cimenyan.jpg

Foto: Bukapalak.com

Camilan tradisional dari singkong selanjutnya adalah tape. Tidak direbus atau digoreng, tetapi melalui metode fermentasi. Jenis tape ini sangat beragam tergantung daerahnya, namun yang paling terkenal adalah tape asal Bandung atau yang dikenal dengan nama ‘peuyeum’.

Cukup kupas singkong, cuci, lalu baluri dengan ragi tape. Diamkan hingga singkong melembut dan terasa manis walaupun tanpa gula atau pemanis.

5. Singkong Keju

camilan dari singkong

Foto: 99recipe.blogspot.com/

Singkong keju biasanya menjadi camilan tradisional dari singkong favorit anak-anak. Untuk menciptakan sebuah rasa yang berbeda, tambahkan keju sebagai pendampingnya. Rasa gurih singkong goreng yang enak dipadukan dengan manis dan asin keju, akan menciptakan rasa yang lezat.

Baca Juga: Resep Singkong Keju untuk Camilan

6. Cenil

camilan dari singkong

Foto: cookpad.com

Cenil terbuat dari ketela pohon. Mirip dengan misro, cenil juga disajikan bersama gula merah. Bedanya misro digoreng, sedangkan cenil direbus. Cenil sering dibentuk bulat-bulat berukuran sedang dan diberi warna-warni cantik. Cenil juga bisa disantap dengan parutan kelapa lho.

Jangan lupa tambahkan saus gula merah sebagai topping cenil. Dinikmati bersama secangkir kopi tentu akan lebih lezat.

7. Keripik Singkong

camilan dari singkong

Foto: sajiansedap.grid.id

Camilan tradisional dari singkong yang paling sederhana mungkin hanya keripik singkong. Keripik ini disukai hampir oleh semua orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Camilan ini cocok dinikmati kapan saja.

Terbuat dari singkong yang diiris tipis, kemudian digoreng hingga kering dan garing. Jika sudah digoreng, campur dengan garam sedikit, lalu aduk hingga merata. Keripik singkong pun siap dimakan.

Itu dia Moms, beberapa camilan tradisional dari singkong yang bisa Moms coba buat di rumah. Mana yang menjadi camilan favorit Moms?

Artikel Terkait