DI ATAS 5 TAHUN
4 April 2019

Terapkan 3 Cara Ini Agar Anak Suka Makan Daging

Ketika anak tidak suka makan daging, apakah dapat berdampak untuk kesehatannya?
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tumbuh kembang anak dapat berjalan baik dengan asupan gizi yang tepat. Nutrisi dan asupan gizi bisa didapatkan anak melalui makanan.

Untuk itu, penting bagi orang tua memerhatikan makanan yang disantap oleh anak setiap harinya. Seiring waktu ini, bukan tak mungkin terjadi beberapa masalah seputar pola makan anak.

Ketika mengenalkan suatu hal baru pada anak, salah satunya adalah makanan, membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Ada beberapa anak yang susah sekali diajak makan, ada pula yang pilih-pilih makanan atau yang disebut picky eater.

Anak picky eater ini menolak makanan yang tidak disukainya, rewel ketika diminta konsumsi jenis makanan tertentu, atau melepeh makanan tersebut.

Ada banyak anak yang sering menolak untuk makan buah dan sayur, tapi ternyata ada juga anak yang menolak makan untuk makan daging.

Biasanya, hal ini terjadi karena tekstur daging yang terlalu keras atau porsi yang besar ketika anak pertama kali mencobanya. Ketahuilah, Moms, pengalaman makan yang kurang menyenangkan bisa menyebabkan anak menjadi picky eater.

Namun jangan khawatir, Moms. Fase mengenalkan jenis makanan baru ke anak bisa menjadi momen yang menantang tapi juga menyenangkan. Supaya Moms bisa terbantu, berikut beberapa cara agar anak suka makan daging!

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

1. Mengolah Makanan Menjadi Menarik

Kreativitas dalam membuat makanan diperlukan agar anak bisa menerima setiap jenis makanan yang diberikan orang tua. Ketika anak tidak menyukai daging, Moms bisa mencoba berbagai kreasi makanan.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Dr. dr. Francisca A Tjakradidjaja, dokter spesialis gizi klinik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. Kesabaran dan kreativitas menyajikan menu makanan daging sangat diperlukan agar anak mau untuk menyantapnya.

“Kalau hendak menawarkan menu baru sebaiknya satu-persatu. Biarkan anak terus mencoba dan memberi tanggapan. Mencoba hingga 15-20 kali bukan menjadi suatu masalah. Selain itu, selalu berkreasi terhadap menu makanan. Misalnya, menu yang campuran sayur dan daging seperti capcay, sapo tahu, tumis buncis daging cincang, spaghetti bayam, dan lainnya,” ujar dr. Fransisca saat Kulwap Orami Community pada Kamis (26/2) lalu.

2. Memberikan Contoh Pada Anak

Pada dasarnya, anak pasti mencontoh perilaku atau kebiasaan orangtuanya. Jadi, jika ingin anak suka makan daging, maka orang tua harus memberikan contoh.

Konsumsi daging saat makan bersama dan menunjukkan pada anak bahwa rasa daging itu lezat, bisa menjadi cara untuk membujuk anak mau makan daging.

Jika anak sudah cukup usia untuk diberi pemahaman, coba diskusi dengan anak tentang pemilihan makanan. Makanan yang bergizi didapatkan dari berbagai menu varian harian, salah satunya daging.

Makanan bergizi dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan tubuh dengan baik. Dengan begitu, anak memahami pentingnya untuk makan daging.

Baca Juga: Ini 5 Tips untuk Membuat Anak Mau Sarapan

3. Metode Makan yang Berbeda

Selain membuat kreasi makanan, hal yang bisa dilakukan Moms agar anak mau makan daging adalah melakukan metode makan yang berbeda.

Setiap anak pada dasarnya mempunyai gaya makannya masing-masing. Tidak menjadi masalah jika Moms menyajikan daging dalam bentuk digado, atau satu-persatu, lalu jenis makanan lainnya.

Metode ini membuat anak semakin menikmati rasa beragam dari makanan. Jangan lupa untuk memastikan daging dalam tekstur yang lembut dan bentuknya menyerupai finger food agar anak bisa memegang dan mengeksplor makanan tersebut.

Usahakan juga menciptakan waktu makan yang menyenangkan dengan anak. Selamat mencoba cara-cara di atas supaya anak suka makan daging!

(DG)

Artikel Terkait