TRIMESTER 1
30 Juli 2019

Cara Agar Gizi Ibu Hamil Vegetarian Senantiasa Terpenuhi

Vegetarian adalah gaya hidup yang sehat, tapi bagaimana pada ibu hamil?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Hanya karena Moms sedang hamil bukan berarti Moms harus menghentikan pola makan.

Janin dapat menerima semua nutrisi yang ia butuhkan untuk tumbuh dan berkembang meski ibu hamil vegetarian.

“Anda hanya perlu memastikan Anda makan berbagai macam makanan sehat yang menyediakan cukup protein dan kalori untuk Anda dan bayi Anda,” ujar Traci C Johnson, MD, seorang dokter obgyn di Eastside Medical Center.

Tergantung pada jenis rencana makan vegetarian yang Moms ikuti, Moms mungkin perlu menyesuaikan kebiasaan makan untuk memastikan bahwa Moms dan janin menerima nutrisi yang cukup.

Ingat bahwa Moms harus mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak daripada pola makan sebelum hamil.

Maka, penting untuk mendiskusikan hal ini pada dokter kandungan.

Baca Juga: Apa Boleh Memberikan Makanan Vegetarian untuk MPASI Bayi?

Asupan Nutrisi yang Diperlukan Ibu Hamil Vegetarian

Cara Agar Gizi Ibu Hamil Vegetarian Senantiasa Terpenuhi.jpg

Foto: livescience.com

Sebagian besar wanita yang sedang hamil dapat memenuhi peningkatan kebutuhan mereka dengan diet sehat yang mencakup banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Moms harus mencoba makan berbagai makanan dari kelompok makanan dasar ini.

Jika Moms melakukannya, tentu ibu hamil vegetarian akan terpenuhi nutrisinya.

Baca Juga: Tak Diduga tapi Pantas Dicoba, Ini 6 Manfaat Menjadi Vegetarian Bagi Kesehatan

  1. Nutrisi yang pertama adalah kalsium. Hal ini dapat membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Sumber utama termasuk susu, keju, yogurt, dan berbagai jenis ikan. Selama kehamilan, Moms membutuhkan 1.000 miligram (mg) setiap hari.
  2. Berikutnya adalah zat besi yang membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke janin dalam kandungan. Moms bisa mengkonsumsi kacang kering, kacang polong, dan sereal yang diperkaya zat besi. Selama kehamilan, Moms membutuhkan 27 mg setiap hari.
  3. Moms juga membutuhkan vitamin A untuk kesehatan kulit, penglihatan, dan pertumbuhan tulang. Wortel, sayuran hijau gelap, dan ubi adalah sumber yang baik. Selama kehamilan, Moms membutuhkan 770 mikrogram setiap hari.
  4. Selanjutnya adalah vitamin C yang membantu pertumbuhan gusi, gigi, dan tulang yang sehat, dan membantu tubuh Moms menyerap zat besi. Sumber vitamin C yang baik antara lain buah jeruk, brokoli, tomat, dan stroberi. Selama kehamilan Moms membutuhkan 85 mg setiap hari.
  5. Membantu tubuh Moms dalam penyerapan kalsium untuk membantu membangun tulang dan gigi bayi adalah fungsi dari vitamin D. Untuk memenuhi kebutuhannya, Moms bisa mendapatkan paparan sinar matahari, susu yang diperkaya, dan ikan berlemak, seperti salmon.
  6. Berikutnya adalah Vitamin B6 yang membantu membentuk sel darah merah dan membantu tubuh Moms dengan menggunakan protein, lemak, dan karbohidrat. Moms dapat menemukan vitamin B6 dalam daging sapi, hati, babi, sereal gandum, dan pisang. Selama kehamilan, Moms membutuhkan 1,9 mg setiap hari.
  7. Vitamin B12 juga diperlukan untuk membantu membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf. Moms dapat menemukan vitamin ini hanya dalam produk hewani. Sumber yang baik termasuk hati, daging, ikan, unggas, dan susu. Selama kehamilan, Moms membutuhkan 2,6 mikrogram setiap hari.
  8. Berikutnya asam folat yang penting dalam produksi darah dan protein, juga mengurangi risiko cacat tabung saraf (cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang). Moms dapat menemukan folat dalam sayuran hijau, berdaun, hati, jus jeruk, kacang-kacangan (kacang-kacangan, kacang polong, lentil), dan kacang-kacangan. Moms harus mendapatkan setidaknya 400 mikrogram folat setiap hari sebelum kehamilan dan selama 12 minggu pertama kehamilan untuk mengurangi risiko cacat tabung saraf. Selama kehamilan, dokter menyarankan Anda mendapat 600 mikrogram setiap hari.

Baca Juga: Resep Steak Tahu Lezat untuk Vegetarian

Nah, apakah Moms pernah atau sedang menjadi ibu hamil vegetarian?

(GSA)

Artikel Terkait