DI ATAS 5 TAHUN
16 Agustus 2019

Agar Tidak Boros, Ajari Nilai Uang Pada Anak dengan 3 Cara Ini

Penting untuk mengajari anak melek uang sejak dini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam dunia yang sudah semakin banyak dipenuhi dengan kartu kredit, perbankan online, pajak, investasi, dompet digital, hingga dana pensiun, mengikuti perkembangan keuangan bisa menjadi hal yang cukup memusingkan bagi orang dewasa, apalagi untuk anak-anak.

Makanya penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak mengenai nilai uang sejak dini. Untungnya semakin berkembangnya zaman, orang tua semakin peka akan hal ini dan mulai mempersiapkan anak agar melek uang demi masa depannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengajari Anak untuk Berbagi?

Namun mengajarkan uang kepada Si Kecil tidaklah mudah. Kita sebagai orang tua harus benar-benar mengajarkannya sejak awal mengenai mata uang dan nilainya.

Jika pendekatan yang kita lakukan salah, Si Kecil akan merasa bosan atau bahkan tidak memahaminya.

Nah, agar anak bisa mengerti dengan baik, yuk coba mengajarkan nilai uang pada anak dengan beberapa cara di bawah ini. Disimak ya!

Terbuka Soal Keuangan dengan Anak

mengajarkan anak nilai uang

Untuk mengajarkan nilai uang pada anak, sangat penting dalam keluarga untuk berbicara secara terbuka mengenai keuangan. Misalnya mengenai anggaran belanja bulanan.

Hal ini bisa memicu anak untuk mendapatkan sedikit gambaran mengenai apa yang mereka butuhkan di masa depan.

Bisa juga melalui aktivitas sederhana yang Moms lakukan saat menggesek kartu debit atau kredit ketika membeli sesuatu.

Jelaskan pada Si Kecil bahwa kartu tersebut adalah salah satu alat pembayaran dan memiliki batas pembayaran juga. Jadi buka uang yang tidak terbatas.

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Tips Hemat Belanja Bulanan

Berilah Anak Sedikit Uang untuk Belajar Mengelolanya

mengajarkan anak nilai uang

Salah satu cara terbaik untuk mengajarkan nilai uang pada anak adalah dengan membiarkan Si Kecil memiliki uang tunai.

"Uang adalah benda nyata," kata Gwen Tulin, pendiri dan direktur artistik Brain Arts Productions, kelompok yang menyelenggarakan pesta ulang tahun, kamp, dan acara lainnya.

Bila Moms merasa tidak nyaman membiarkan anak-anak memiliki uang yang sesungguhnya, cobalah untuk lebih kreatif.

Misalnya Moms mencetak uang mainan untuk digunakan di rumah, lalu Si Kecil bisa mendapatkan uang tersebut sebagai imbalan atas sesuatu hal yang sudah ia selesaikan.

“Anak-anak akan mengerjakan apa yang kita minta di rumah. Moms mungkin akan terkejut dengan reaksi yang ditunjukkan,” ucap Chris Whitlow, CEO penyedia manfaat kesehatan finansial Edukate.

Baca Juga: 4 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung

Jelaskan pada Anak Uang Bisa Menjadi Alat untuk Membantu Orang Lain

mengajarkan anak nilai uang

Ketika mengajarkan nilai uang pada anak, jangan mengesampingkan fakta bahwa uang bisa menjadi alat yang sangat berguna untuk membantu orang lain.

Kita bisa menggunakannya untuk membantu kegiatan sosial, atau menyumbangkannya pada yang membutuhkan.

Orang tua juga bisa mengajari anak untuk menggunakan uangnya secara bijak.

Misalnya ditabung untuk masa depan, menabung membeli barang yang diinginkan, dan berbagi dengan orang lain. Ajarkan Si Kecil untuk membayarnya dengan uang yang mereka peroleh sendiri.

“Jangan hanya mengajarkan pada anak tentang apa yang bisa mereka lakukan dengan uang, namun juga tentang berbagi dengan orang lain,” ungkap Tanya Van Court, CEO dan Founder dari Goalsetter.

Jadi, mengajarkan nilai uang pada anak sejak dini itu penting ya Moms. Mengapa? Agar Si Kecil bisa bijak dalam menggunakan uang saat dewasa.

Artikel Terkait