3-12 BULAN
6 Januari 2020

4 Cara Alami Mengatasi Cradle Cap pada Bayi

Moms dapat menyikat rambut bayi dengan lembut
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Cradle cap adalah salah satu kondisi kesehatan kulit yang umum terjadi pada Si Kecil. Cradle cap memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan ketombe pada bayi.

Mengutip jurnal Paediatrics & Child Health, cradle cap muncul sebagai tambalan kulit yang keras pada kulit kepala bayi. Mungkin ada sedikit kemerahan di area sekitar terbentuknya cradle cap.

Kemerahan pada kulit bayi juga bisa muncul di bagian tubuh lain, termasuk lipatan leher, ketiak, di belakang telinga, wajah, dan area popok. Ini disebut dermatitis seboroik dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Cara Alami Mengatasi Cradle Cap pada Bayi

Cradle cap sebagian besar tidak berbahaya, dan bisa menghilang dengan sendirinya. Melansir jurnal JAMA Dermatology, cradle cap umum terjadi pada bayi hingga 3 bulan, tetapi dapat bertahan hingga satu tahun atau lebih.

Sebagian besar cradle cap akan hilang ketika Si Kecil mencapai usia satu tahun, dan akan terus menurun saat anak mendekati usia 4 tahun. Ketahui cara alami mengatasi cradle cap berikut ini.

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Bayi di Musim Panas, Perhatikan Moms!

1. Menyikat Rambut dengan Lembut

cara alami mengatasi cradle cap-3.jpg

Foto: shikai.com

Menyikat kulit kepala bayi dengan lembut adalah cara alami mengatasi cradle cap dengan memecah sisik dan membuatnya jatuh.

Ada tiga jenis sisir yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan cradle cap dengan lembut:

  • Sikat lembut biasa. Sikat gigi berukuran kecil dengan bulu sikat yang cukup lunak untuk menyikat kulit kepala bayi.
  • Sisir bergigi karet. Jenis sikat ini memiliki gerigi sisir yang dibuat dari karet, ketimbang plastik.
  • Sisir bergigi halus. Setelah menyikat, sisir bergigi halus dapat menangkap serpihan kecil yang rusak saat melewati rambut.

Baca Juga: Ketahui 4 Tanda Kulit Bayi Sensitif Berikut Ini

2. Menggunakan Emolien atau Pelembap

cara alami mengatasi cradle cap-1.jpg

Foto: medicalnewstoday.com

Sebelum mencuci kulit kepala, gunakan emolien. Peran emolien dalam perawatan kulit adalah untuk melembutkan, menenangkan, dan menyembuhkan kulit yang kering dan bersisik.

Menerapkan emolien ke kulit kepala Si Kecil dapat membantu memecah sisik, hal ini menjadi cara alami mengatasi cradle cap. Usai dioleskan, biarkan emolien di kulit kepala selama beberapa waktu.

Emolien umum meliputi:

  • Petroleum jelly
  • Minyak mineral
  • Minyak bayi
  • Minyak zaitun

Minyak ini dapat dipijat dalam jumlah kecil langsung ke kulit kepala Si Kecil yang bersisik. Jangan lupa untuk mencuci minyak pada kulit kepala setelah digunakan.

3. Bilas Kulit Kepala Sampai Bersih

cara alami mengatasi cradle cap-2.jpg

Foto: all4women.co.za

Dalam jurnal Brazilian Annals of Dermatology, disebutkan bahwa segala sesuatu mulai dari cuaca hingga air mandi menjadi rentan terhadap kulit bayi yang sensitif.

Karena itu, sebagai cara alami mengatasi cradle cap, bilas kulit kepala bayi secara menyeluruh dari semua produk perawatan, bahan kimia, atau sampo yang digunakan.

Saat tidak mencuci kulit kepala atau menggunakan emolien, kulit kepala harus tetap bersih. Ini dapat membantu mencegah iritasi kulit kepala lebih lanjut selama perawatan.

Penggunaan emolien setiap hari dan rutinitas mencuci kulit kepala adalah cara terbaik untuk melembutkan dan melonggarkan sisik untuk disikat.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Atasi Cradle Cap Pada Bayi

4. Gunakan Sampo Anti-Ketombe

cara alami mengatasi cradle cap-4.png

Foto: motherminded.com

Gejala cradle cap ringan dapat dikurangi dengan menggunakan sampo anti-ketombe yang dijual bebas. Banyak dari sampo ini mengandung tar, selenium sulfida, atau seng pyrithione.

Bahan-bahan ini digunakan untuk membantu memecah kulit yang kasar dan tidak merata. Sehingga, cara ini cocok untuk mengatasi cradle cap.

Sebagai catatan penting, sampo anti-ketombe tidak diformulasikan untuk bayi, karena berisiko mengiritasi kulit dan mata bayi. Karena itu, sampo ketombe tidak boleh dibiarkan lebih dari lima menit, dan pastikan bilas dengan bersih.

Artikel Terkait