3-12 BULAN
12 November 2019

5 Cara Alami Mengatasi Infeksi Telinga Bayi

Hindari antibiotik, cara ini bisa Moms gunakan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sebelum memasuki musim hujan, pastikan Moms selalu menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Hal itu karena saat cuaca lembap, Si Kecil akan lebih sering sakit, seperti pilek, flu, batuk, dan bahkan infeksi telinga.

Untuk obat infeksi telinga bayi, biasanya antibiotik sering diresepkan. Namun, studi menunjukkan bahwa paparan antibiotik yang berlebih dapat mengubah mikrobioma usus sehat yang menangkal infeksi.

Sehingga nantinya, penyakit malah jadi kebal terhadap antibiotik. Antibiotik juga menyebabkan sariawan, penyakit usus, diare dan mengganggu sistem kekebalan tubuh.

Yang perlu Moms waspadai adalah posisi menyusui, apalagi saat menggunakan dot. Itu akan menjadi penyebab yang sering terjadi pada infeksi telinga bayi.

"Cairan mengalir langsung ke telinga dibandingkan mengalir dengan gravitasi," kata Dr Erika Krumbeck, dokter naturopati yang berspesialisasi dalam pediatri dan pendiri dan pemilik Montana Whole Health di Missoula, Montana.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Infeksi pada Telinga Bayi

Cara Alami Mengatasi Infeksi Telinga Bayi

Menurut penelitian yang diterbitkan di The Journal of the American Medical Association, 80% anak yang mengalami infeksi telinga akan sembuh selama 3 hari tanpa menggunakan antibiotik.

Nah, berikut adalah beberapa cara alami untuk mengatasi infeksi telinga bayi di rumah!

1. Buat Penutup Telinga Bawang

infeksi telinga bayi bawang

Cara mengobati infeksi telinga bayi ini mungkin tampak aneh. “Tetapi hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan sifat antimikroba dalam bawang dapat menyembuhkan infeksi,” kata Erika.

Caranya, iris bawang menjadi setengah dan kemudian masukkan ke dalam microwave atau didihkan dalam setengah inci air sampai lunak.

Kemudian bungkus bawang dengan kain dan simpan di telinga anak selama dia dapat mentolerirnya. Pastikan Moms merasakan panasnya sebelum diberikan padanya.

2. Minyak Bawang Putih

Perawatan Rumah Ini Akan Mengobati Infeksi Telinga Bayi -2.jpg

“Studi menunjukkan bahwa bawang putih merupakan anti-inflamasi yang akan meredakan rasa sakit, dan dapat melawan infeksi telinga. Apakah itu virus atau bakteri,” kata dr. Elisa Song, dokter anak holistik di Whole Family Wellness di Belmont, California dan pendiri Healthy Kids Happy Kids.

Minyak ini dapat Moms temukan di apotek atau toko makanan kesehatan. Caranya, masukkan satu tetes minyak bawang putih ke telinga bayi tiga hingga empat kali sehari agar infeksi telinga segera hilang.

Baca Juga: 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan

3. Minyak Esensial

infeksi telinga bayi essential oil

Minyak esensial aroma lavender akan mengurangi peradangan. Saat ketika digunakan dengan pijatan lembut, akan dapat membantu meringankan infeksi telinga bayi.

Titik akupuntur terletak di depan dan di belakang telinga dan ruang antara ibu jari dan jari telunjuk di tangan.

Memasukkan minyak esensial pada humidifier di rumah juga bisa menjadi solusi. “Minyak esensial dapat membantu menghilangkan udara kering, mengurangi pembengkakan, melembapkan selaput dan menipiskan lendir dalam tabung Eustachius” kata dr. Elisa.

4. Gunakan Obat Homeopati

infeksi telinga bayi

Studi menunjukkan bahwa perawatan homeopati dapat mengurangi rasa sakit pada infeksi telinga bayi dan bekerja lebih cepat daripada antibiotik.

Homeopati mengandung ekstrak bahan-bahan seperti bawang putih, mullein, lavender, calendula, dan St. John's wort dalam minyak zaitun.

Moms bisa mencoba ferrum phosphoricum, obat anti-inflamasi yang secara khusus menargetkan gendang telinga. Moms bisa langsung meneteskannya atau dicampur dengan minyak bawang putih.

Baca Juga: Patut Tahu Nih Moms, 5 Do's & Don'ts Membersihkan Telinga Bayi

5. Beri Asetaminofen

infeksi telinga bayi

Jika anak berusia lebih dari 6 bulan, acetaminophen (Tylenol) dapat membantu meringankan rasa sakit dan demam saat terjadi infeksi telinga bayi.

Gunakan obat sesuai anjuran dokter dan instruksi pada botol pereda nyeri tersebut. Jangan sembarangan memberi dosis ya, Moms!

Jadi, Moms bisa menggunakan cara-cara tersebut saat terjadi infeksi telinga bayi. Tidak perlu khawatir, yang penting jaga Si Kecil tetap terhidrasi. Karena menelan dapat membantu membuka tuba eustachius sehingga cairan yang terperangkap dapat mengalir.

Bila infeksi telinga bayi tidak membaik setelah tiga hari, saatnya menghubungi dokter. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan untuk datang ke dokter bila:

  • Bayi mengalami demam lebih dari 38°C bila bayi di bawah 3 bulan dan lebih dari 39°C bila bayi berusia lebih dari 3 bulan
  • Ada darah atau nanah yang keluar dari telinga

Jangan sampai kondisinya semakin parah karena terlambat diberi penanganan.

(FAR)

Artikel Terkait