FASHION & BEAUTY
26 Juli 2019

Ketahui Penyebab dan 4 Cara Alami Mengatasi Ketombe di Alis

Gunakan gel lidah buaya dengan sifat anti bakteri yang bisa mencegah ketombe di alis
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Ketombe, merupakan kondisi yang biasanya terjadi di kulit kepala. Biasanya, kondisi ini akan muncul di sekitar kulit di mana terdapat banyak kelenjar minyak. Wajar jika ketombe banyak terjadi di kulit kepala.

Namun, Moms mungkin belum tahu bahkan di alis pun bisa memiliki ketombe, termasuk di bulu mata, di sekitar hidung, di dalam dan di sekitar telinga, dan area di sekitar kumis atau janggut.

Ketombe alis dapat terjadi pada siapa saja, dan orang dengan usia berapa pun, dari bayi (biasa disebut cradle cap) hingga orang dewasa yang lebih tua. Mari kita simak penyebab dan cara alami mengatasi ketombe di alis!

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Keramas yang Bikin Rambut Berketombe

Penyebab Ketombe di Alis

ketobe alis-2.jpg

Penyebab ketombe yang umum biasanya karena seborrheic dermatitis/dermatitis seboroik. Ini bisa menjadi kondisi kronis pada orang dewasa, dan bisa menyebabkan:

  • Ruam kulit
  • Kulit berminyak dan iritasi
  • Sisik kasar, keputihan

"Dermatitis seboroik adalah kondisi peradangan yang disebabkan oleh ragi yang ada di seluruh tubuh, tetapi beberapa orang yang sensitif terhadap ragi itu memiliki reaksi," kata ahli dermatologi Michelle Henry, M.D., mengutip SELF.

Penyebab utama dermatitis seboroik adalah genetika. Namun, itu juga bisa merupakan akibat dari obat-obatan tertentu, dan stres yang dapat memperburuk keadaan.

Dermatitis seboroik dapat terjadi di mana saja yang terdapat rambut di tubuh: area kemaluan, wajah, kulit kepala, di bawah payudara, di sekitar pusar, bokong, atau dada.

Henry mengatakan dermatitis seboroik cenderung terjadi di daerah gelap, lembap, berminyak, yang menjadi tempat ideal bagi ragi agar dapat berkembang.

Baca Juga: Mengenal Cradle Crape, Ketombe yang Menyerang Bayi

Cara Alami Mengatasi Ketombe di Alis

Ada banyak obat-obatan topikal yang dijual bebas dan sampo khusus yang bisa mengobati ketombe. Namun, terdapat cara alami mengatasi ketombe di alis, yaitu:

1. Tea Tree Oil

tea tree oil.jpeg

Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia. Minyak ini telah banyak digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, seperti jerawat, kaki atlet, dan dermatitis.

Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol, yang memiliki sifat antimikroba kuat. Sehingga, dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit.

Menerapkan tea tree oil langsung ke kulit dapat menyebabkan peradangan atau ruam, sehingga Moms bisa menggunakannya untuk mengobati ketombe dengan menambahkan beberapa tetes ke dalam sampo biasa.

2. Minyak Serai

minyak serai.jpg

Cara alami mengatasi ketombe di alis selanjutnya adalah dengan minyak serai. Secara tradisional, orang menggunakan minyak serai untuk mengobati masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres.

Namun, minyak serai juga punya sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

Moms dapat mengencerkan minyak serai dengan air atau mencampurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner biasa.

3. Lidah Buaya

3117 cut aloe vera stone bowl 1200x628 facebook

Lidah buaya dikenal memiliki banyak fungsi yang dapat memperbaiki berbagai masalah pada kulit, salah satunya termasuk untuk mengatasi ketombe di alis.

Gel yang ada di dalam daun lidah buaya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan, yang dapat mengurangi ketombe. Sifat antijamur dan antibakteri lidah buaya dapat mencegah ketombe.

Moms dapat membeli gel lidah buaya dalam kemasan, atau dari tanamannya langsung, lalu oleskan di daerah alis untuk mengatasi ketombe yang muncul.

4. Minyak Kelapa

coconut oil.jpg

Minyak kelapa dapat membantu melembapkan kulit kepala yang kering, meningkatkan hidrasi, mengurangi iritasi, dan mencegah pertumbuhan jamur yang menjadi penyebab umum ketombe.

Moms dapat mencoba mengoleskan minyak kelapa langsung ke daerah alis, atau membeli sampo yang mengandung minyak kelapa.

Nah, itu dia Moms penyebab dan cara mengatasi ketombe di alis. Selamat mencoba!

Artikel Terkait