TRIMESTER 1
26 Oktober 2020

13 Cara Mengatasi Mual saat Hamil, Bye Morning Sickness!

Ada cara yang alami dan juga cara medis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mual selama awal kehamilan, atau sering disebut dengan istilah morning sickness sangat umum dan sepenuhnya normal terjadi pada ibu hamil. Moms mungkin juga mencari cara mengatasi mual saat hamil.

Dilansir dari American Pregnancy Association, morning sickness adalah perasaan mual yang biasa dialami selama trimester pertama dan biasanya terjadi di pagi hari, lalu menghilang saat ibu hamil aktif sepanjang hari.

Bahkan dalam kasus yang lebih parah, ada yang mengharuskan seorang calon ibu harus menjalani rawat inap.

"Hanya karena mual di pagi hari merupakan hal umum dari kehamilan, tidak berarti kita harus menderita karenanya," kata Marra Francis, dokter kandungan di Woodlands, Texas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual saat hamil, baik itu secara alami maupun dengan medis seperti penggunaan obat atau multivitamin. Baca lebih lanjut informasinya berikut ini ya, Moms.

Baca Juga: 6 Jenis Teh untuk Mengurangi Mual Ibu Hamil, Bikin Segar!

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Secara Alami

Beberapa Moms memang lebih memilih untuk menggunakan bahan-bahan alami saat hamil. Termasuk untuk mengatasi mual.

Ada banyak pilihan perawatan yang bisa dilakukan sebagai cara untuk mengatasi kondisi mual selama kehamilan secara alami. Berikut ini daftarnya, Moms.

1. Mencium Bau yang Segar

menghilangkan mual saat hamil

Foto: glade.com

"Mual saat hamil seringkali dikaitkan dengan bau yang tidak sedap," kata Miriam Erick, ahli gizi dan ahli gizi senior di Brigham and Women's Hospital di Boston, sekaligus penulis.

Menurutnya, estrogen adalah hormon yang bertanggung jawab untuk indera penciuman, dan jika Moms adalah orang yang memiliki hormon estrogen tinggi, maka bisa jadi indra penciuman menjadi sangat peka.

Sebagai solusi, cobalah menghirup aroma yang segar, seperti ekstrak lemon atau bau rosemary yang segar, Moms bisa hirup aromanya sebagai cara menghilangkan mual saat hamil.

2. Makan Sesuatu yang Asam

mengatasi mual saat hamil

Foto: unsplash.com

Jika perut sudah terasa asam, apakah harus menambahkan rasa asam tambahan? Anehnya, hal ini justru itu bekerja dalam mengatasi rasa mual selama hamil lho, Moms.

"Memakan sesuatu hal yang asam dapat membantu menghilangkan rasa mual saat hamil," kata Michele Hakakha, dokter kandungan di Beverly Hills.

Cobalah mengisap permen asam atau menyesap air lemon. Maka akan membuat kita merasa lebih baik.

Baca Juga: Tak Alami Mual saat Hamil, Benarkah akan Alami Kesulitan saat Melahirkan?

3. Olahraga Kecil

menghilangkan mual saat hamil

Foto: delightfulmomfood.com

Olahraga yang dimaksud mungkin tidak benar-benar berlari atau melakukan olahraga berat yang memerlukan intensitas tinggi selama kehamilan.

Moms bisa bergerak ringan, misalnya cukup dengan berjalan kaki secara perlahan-lahan di pagi hari sehingga dapat mengurangi rasa mual atau morning sickness selama hamil.

"Bahkan berjalan 20 menit sehari dapat membantu melepaskan endorfin untuk mengatasi kelelahan dan mual," kata Dr. Hakakha.

4. Mengubah Pola Makan

menghilangkan mual saat hamil

Foto: medicalnewstoday.com

Cara alami untuk mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan mengubah pola makan. Terkadang mungkin bisa diatasi dengan cara mengisi perut agar tidak kosong.

"Cobalah untuk makan sedikit, namun dengan intensitas sering, dan segera sarapan setelah bangun tidur," saran Dr. Hakakha.

Tetapi ingat Moms untuk selalu mengonsumsi makanan sehat sebanyak mungkin. Moms juga bisa makan makanan yang lebih lunak seperti biskuit asin untuk menghindari rasa mual.

Baca Juga: Dukungan Suami saat Hamil, Cara Paling Ampuh untuk Jaga Kesehatan Ibu dan Janin

5. Bicarakan dengan Orang Terdekat

menghilangkan mual saat hamil

Foto: ravishly.com

Mungkin Moms ingin coba untuk mandiri dan mengatasinya sendiri, tapi membicarakan apa yang kita rasakan pada orang-orang terdekat bisa membantu meringankan bahkan mengatasi mual-mual saat hamil.

Moms bisa bercerita kepada Dads, karena mungkin ia tidak tahu bahwa wangi yang terlalu menyengat atau aroma makanan tertentu justru membuat Moms merasa mual.

Ada baiknya Moms beritahukan kondisi ini pada suami atau keluarga terdekat, agar Moms bisa dibantu untuk mengurangi gejala mual yang dirasakan saat hamil, sehingga tubuh akan merasa lebih baik.

6. Menghirup Aromaterapi

cara mengatasi mual saat hamil-5

Foto: Orami Photo Stock

Aromaterapi dapat membuat Moms rileks, tetapi aroma minyaknya bisa membuat mual semakin parah.

Karena itu, lebih baik coba hirup beberapa aroma minyak terapi untuk mengetahui apakah cara ini efektif dalam mengatasi mual saat hamil. Minyak esensial yang dapat meredakan mual bisa termasuk:

  • Peppermint
  • Spearmint
  • Lemon
  • Jeruk manis (sweet orange)
  • Jeruk mandarin

Minyak esensial jahe direkomendasikan untuk digunakan dengan hati-hati, karena beberapa ahli aromaterapi percaya penggunaan ini dapat menyebabkan perdarahan dan memicu kontraksi.

Baca Juga: Mual dan Mulas Selama Hamil? Ini 5 Penyebab Umum Dispepsia pada Ibu Hamil

7. Sering-seringlah untuk Ngemil

cara mengatasi mual saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum bangun tidur di pagi hari, makanlah beberapa biskuit atau sepotong roti panggang untuk mengisi perut kita. Idenya adalah untuk membuat perut kita sedikit terisi sepanjang waktu.

Jangan mengisi perut secara berlebihan, tetapi jangan biarkan perut kita benar-benar kosong juga. Makan enam porsi kecil sepanjang hari daripada tiga porsi besar seperti biasa. Perut Moms yang kosong, akan membuat kita cenderung merasa mual.

Ditambah lagi, makanan kecil lebih mudah dicerna dan cenderung tidak memicu mual dan mulas, gejala kehamilan klasik lainnya. Dan jangan meninggalkan rumah tanpa persediaan camilan sehat yang dapat ditangani perut kita, seperti buah dan kacang kering, granola bar, sereal kering, biskuit gandum atau keripik kedelai.

8. Tidak Berada di Dekat Makanan dengan Bau Menyengat

mengatasi mual saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Berkat indra penciuman yang jauh lebih sensitif, ibu hamil sering kali mendapati aroma yang dulu mereka sukai, tiba-tiba jadi menimbulkan mual dan menjadi memuakkan. Jadi jauhi bau yang memicu mual. Jauhi juga makanan yang Moms tidak suka melihatnya. Ayam mentah, misalnya, adalah penyebab umum mual saat hamil.

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Secara Medis

Selain dengan cara yang alami, ada juga cara mengatasi mual saat hamil dengan pendekatan medis. Bisa dengan obat-obatan tertentu, konsumsi multivitamin, atau metode yang membutuhkan peran ahli.

Tetapi ingat, sebaiknya Moms konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter bila ingin melakukan cara-cara berikut ini, ya.

9. Suplemen Jahe

cara mengatasi mual saat hamil-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi jahe bisa menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil secara medis.Dalam British Journal of Anaesthesia, suplemen jahe dapat membantu mengurangi gejala mual selama kehamilan.

Bila Moms ingin membelinya setelah berkonsultasi dengan dokter, pilih penjual online yang bisa dipercaya dan reputasinya baik, atau kunjungi toko kesehatan.

10. Kombinasi B-6 dan Doxylamine

cara mengatasi mual saat hamil-2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Baby Centre, rendahnya nutrisi tertentu seperti vitamin B6, adalah penyebab lain mual saat hamil, selain hormon estrogen dan hormon stres (kortisol).

Kombinasi suplemen B-6 dan doxylamine telah direkomendasikan oleh American College of Obstetricians and Gynaecologists untuk mengobati mual di pagi hari selama trimester pertama.

Percobaan dengan kombinasi B-6 dan doxylamine ditemukan efektif dalam mengurangi mual dan muntah hingga 70 persen dari kasus ibu hamil yang mengalami mual.

Meskipun menjadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil, kombinasi suplemen ini memiliki efek samping seperti mengantuk, mulut kering, sakit kepala, gugup, dan sakit perut.

11. Akupresur

cara mengatasi mual saat hamil-5.jpg

Foto: nychi-acupuncture.com

Akupresur adalah penerapan tekanan pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk mengendalikan kondisi tertentu yang dialami tubuh. Metode ini bisa menjadi cara mengatasi mual saat hamil dengan pendekatan medis.

Dalam Scandinavian Journal of Primary Health Care yang melakukan studi terbatas, menunjukkan bahwa akupresur dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah pada wanita hamil.

Selain itu, dalam National Health Service, ada beberapa bukti bahwa memberi tekanan pada pergelangan tangan, menggunakan gelang atau gelang khusus di lengan, dapat membantu meringankan gejala morning sickness.

Moms dapat mencoba akupresur kapan saja, dengan menekan titik akupunktur (titik perikardium enam) di pergelangan tangan. Moms dapat membeli gelang untuk melakukan akupresur.

Baca Juga: 4 Makanan Terbaik Saat Mual dan Muntah pada Kehamilan

12. Minuman Elektrolit

cara mengatasi mual saat hamil-3

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang juga mengalami muntah, maka penting untuk mengisi cairan tubuh sehingga mengurangi risiko dehidrasi.

Mengutip Mayo Clinic, mual dan muntah yang sedang hingga berat dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Minum cairan ekstra dan obat resep jika Moms merasakan morning sickness yang parah.

Beberapa contoh minuman elektrolit seperti air kelapa, jus buah, minuman elektrolit, atau membuat larutan air gula dan garam sendiri.

13. Obat-obatan yang Diresepkan

cara mengatasi mual saat hamil-4

Foto: Orami Photo Stock

Cara lain untuk mengatasi mual saat hamil adalah dengan konsumsi obat yang diresepkan. Dokter mungkin akan meresepkan suplemen atau obat-obatan untuk mengurangi mual dan membantu mempertahankan cairan tubuh.

Mengutip Healthline, obat-obatan yang mungkin diresepkan dokter bisa termasuk:

  • Antihistamin: membantu mual dan mabuk perjalanan
  • Phenothiazine: membantu menenangkan mual dan muntah parah
  • Metoclopramide (Reglan): membantu perut memindahkan makanan ke usus dan membantu mual dan muntah
  • Antasida: menyerap asam lambung dan membantu cegah refluks asam

Ingat ya, Moms, jangan minum obat ini sendiri tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter.

Sebelum meresepkan, dokter akan berbicara tentang seberapa sering Moms mengalami mual, berapa kali muntah, dan apakah Moms telah mencoba pengobatan rumahan.

Ada sejumlah obat resep yang aman dikonsumsi selama kehamilan untuk mual dan muntah.

Dokter akan merekomendasikan pilihan yang aman, berdasarkan tingkat keparahan gejala mual dan muntah yang dialami.

Itu dia Moms beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan mual ketika hamil.

Artikel Terkait