KESEHATAN
9 Agustus 2020

8 Cara Alami Mengencangkan Payudara

Penting untuk memperhatikan posisi tidur
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Payudara bisa sangat bervariasi pada setiap orang. Baik dalam hal ukuran, bentuk, dan warna merupakan sifat-sifat yang diwariskan dari gen. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, payudara seorang wanita juga akan terus berubah.

Dilansir dari situs Healthline, jaringan payudara sebagian besar terdiri dari sel-sel lemak, jaringan kelenjar, dan ligamen yang memanjang dari tulang selangka ke ketiak dan melintasi bagian tengah dada. Kelenjar yang disebut lobulus ini menghasilkan susu yang digunakan wanita untuk memberi ASI pada bayinya.

Wajar jika semakin kita berumur, bentuk asli payudara pun akan kehilangan elastisitas dan terkulai. Hal inilah yang seringkali dikhawatirkan para wanita, saat bentuk payudaranya mulai mengendor.

Baca Juga: Tanda Kehamilan Bisa Dideteksi Lewat Payudara?

Mengencangkan Payudara

Bagaimana cara mengatasi payudara kendur? Yuk simak cara untuk mengencangkan payudara di bawah ini.

1. Olahraga

mengencangkan payudara

Foto: Orami Photo Stock

“Payudara kita letaknya di atas otot dada, yang penting perannya untuk kekuatan dan fungsi lengan,” kata Brian O'Hea, kepala operasi payudara dan onkologis di Stony Brook Medicine di New York.

Tetapi menurutnya, ketika wanita banyak berolahraga dan memiliki otot dada yang sangat kuat, hal ini tidak akan mengubah struktur payudara itu sendiri, yang terbuat dari jaringan kelenjar atau lemak, bukan otot.

Karena itu, memperkuat otot-otot dada bersama dengan otot-otot punggung, bahu, dan inti dapat membantu mengencangkan payudara sekaligus memperbaiki nada dan postur tubuh keseluruhan.

Olahraga teratur juga dapat membantu wanita mempertahankan berat badan yang sehat dan konsisten, yang dapat mencegah perubahan bentuk payudara.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Pijat Payudara

2. Makan dengan Teratur

mengencangkan payudara secara alami

Foto: Orami Photo Stock

“Tidak ada bukti kuat yang mengaitkan bahwa diet dapat mencegah payudara kendur,” kata Dr. O'Hea.

Tetapi beberapa ahli kesehatan percaya bahwa makan banyak makanan yang kaya antioksidan (seperti buah-buahan dan sayuran) dapat menjaga elastisitas kulit dari ujung rambut sampai ujung kaki, termasuk mengencangkan payudara.

Hindari diet ekstrem karena dapat menyebabkan tingkat penurunan berat badan yang tidak proporsional.

“Jika kita kehilangan banyak berat badan, kulit tidak akan menarik meskipun lemak di bawahnya hilang," kata Alyssa Golas, asisten klinis profesor bedah plastik di NYU Langone Health.

3. Tidur dengan Posisi yang Tepat

mengencangkan otot-otot payudara

Foto: Orami Photo Stock

Untuk mengencangkan payudara, penting untuk memperhatikan posisi tidur kita.

“Tidur dengan posisi menyamping dapat menyebabkan payudara mengendor dari waktu ke waktu,” kata Roshini Rajapaksa, editor medis. Hal ini dikarenakan tubuh akan menjuntai ke bawah dan ligamen-ligamennya akan menjadi melar.

“Tidur dengan posisi telentang, dengan punggung di bawah, secara mengejutkan dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan,” jelas Dee Anna Glaser, profesor dermatologi di Saint Louis University.

Dan karena berat payudara sepenuhnya ditopang di dada, hal ini mungkin membantu payudara kita mempertahankan posisinya.

Baca Juga: Apakah Kebiasaan Tidur Miring Bikin Pipi dan Payudara Kendur?

4. Jangan Banyak Berjemur

payudara kendur

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti antioksidan yang dapat menjaga kulit kenyal dan melar, bahan kimia berbahaya yang disebut radikal bebas dapat merusak kulit dan menimbulkan keriput.

Salah satu sumber besar radikal bebas adalah sinar matahari yang dapat memecah lapisan serat elastin kulit yang melar. Semakin banyak paparan sinar matahari, semakin besar kerusakan radikal bebas yang akan terjadi, sehingga payudara makin kendur.

5. Melakukan Pijat Payudara

memijat payudara

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengencangkan payudara selanjutnya yang bisa Moms coba adalah dengan memijat payudara. Cara ini bermanfaat untuk memicu peningkatan sirkulasi pembuluh darah sehingga kulit sekitar payudara menjadi lebih kencang.

Menurut studi yang dipublikasi oleh Journal of Clinical Nursing, memijat payudara juga dapat menghilangkan stretchmark sehingga payudara Moms menjadi lebih indah.

Lakukan pijatan dengan minyak zaitun atau shea butter untuk mendapatkan payudara yang kencang ya, Moms!

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

6. Makan Makanan yang Tepat

produk susu untuk mengencangkan payudara

Foto: Orami Photo Stock

Penting untuk memiliki protein dalam jumlah yang cukup untuk mengencangkan otot-otot dalam tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi lentil, produk susu, dan telur dalam asupan makanan harian Moms. Kita juga harus makan makanan seperti kubis, tomat, kembang kol, brokoli, dan wortel untuk mendapatkan asupan nutrisi yang diperlukan seperti mineral, vitamin, dan kalsium.

7. Kompres dengan Es

kompres es untuk payudara

Foto: Orami Photo Stock

Ini mungkin sedikit tidak nyaman dan mungkin benar-benar membuat Moms sedikit kedinginan, tetapi ini cara ini sangat efektif. Ambil beberapa potong es batu dan pijat di sekitar payudara dengan gerakan memutar selama sekitar 1-2 menit. Ini akan membantu mengencangkan otot-otot yang ada dan juga melawan selulit di sekitar area tersebut.

Baca Juga: 4 Manfaat Kaus Kaki Kompresi Selama Kehamilan, Patut Dicoba

8. Olahraga Renang

olahraga renang untuk kencangkan payudara

Foto: Orami Photo Stock

Cobalah untuk olahraga berenang selama 10-15 menit setiap harinya di kolam. Cara ini dapat memberikan payudara sempurna yang selalu Anda inginkan. Latihan ini akan mengangkat payudara secara alami dan membantu mengencangkan otot Moms.

Nah, dengan melakukan hal-hal di atas, dijamin payudara akan kencang dan terhindar dari kendur.

Artikel Terkait