PERNIKAHAN & SEKS
23 Juli 2020

11 Cara Alami Meningkatkan Libido Wanita

Gairah seks berhubungan erat dengan tinggi rendahnya libido seseorang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, apakah hubungan intim dengan pasangan kini berjalan monoton saja? Perlu faktor pendukung untuk membuat Moms semakin bergairah dalam bercinta?

Dilansir dari Medical News Today, gairah seks berhubungan dengan libido wanita yang bervariasi antar individu.

Kecemasan, kesulitan berhubungan seks, masalah kesehatan, dan usia dapat memengaruhi libido.

Meskipun libido yang rendah umumnya tidak akan menimbulkan masalah, tetapi hal ini dapat mempengaruhi hubungan dan harga diri seseorang.

Cara Alami Meningkatkan Libido Wanita

Memiliki gairah seks yang rendah tidak selalu menjadi masalah, tetapi jika ingin meningkatkan libido, beberapa hal dapat dicoba dengan bantuan metode alami yang efektif.

1. Fokus pada Foreplay

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Libido Moms 1.jpg

Foto: pixabay.com

Memiliki pengalaman seksual yang baik dapat meningkatkan hasrat seseorang dalam berhubungan intim, sehingga otomatis dapat meningkatkan libido wanita.

Dalam banyak kasus, orang dapat meningkatkan pengalaman seksual mereka dengan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyentuh, mencium, menggunakan sex toys, dan melakukan seks oral. Beberapa orang menyebut tindakan ini outercourse.

Bagi perempuan, pemanasan menjadi sangat penting karena menurut beberapa penelitian dari Journal of Sex & Marital Therapy, hanya sekitar 18 persen wanita yang mengalami orgasme dari hubungan seksual, sementara 33,6 persen wanita melaporkan bahwa stimulasi klitoris diperlukan bagi mereka untuk orgasme.

Selain itu, penting bagi Moms untuk berhubungan seks dalam kondisi emosional yang baik dan menggunakan pelumas untuk menghindari iritasi di bagian sensitif.

Baca Juga: 5 Makanan yang Cocok Dikonsumsi Sebelum Melakukan Seks, Dapat Tingkatkan Libido!

2. Manajemen Stres

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Libido Moms 2.jpg

Foto: unsplash.com

Memiliki tingkat stres yang tinggi adalah penghalang umum bagi fungsi seksual dan libido, bukan hanya bagi Moms tapi juga untuk Dads.

Orang dengan jadwal kerja yang intens, tanggung jawab dan perhatian, atau tekanan hidup mungkin merasa lelah dan akibatnya hasrat seksualnya juga rendah.

Stres dapat membuat seseorang lebih sulit untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi, yang hingga pada suatu titik dapat membuatnya berhenti berhubungan seks.

Studi Sexual Medicine Reviews menyebut disfungsi ereksi pada Dads umumnya menunjukkan bahwa stres dapat mengakibatkan penurunan libido dan peningkatan disfungsi seksual.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan Moms untuk mengelola manajemen stres dan meningkatkan kesehatan mental, di antaranya meluangkan waktu untuk diri sendiri atau hobi favorit, meditasi, hingga berbicara pada terapis.

3. Makan Cokelat

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Libido Moms 3.jpg

Foto: unsplash.com

Banyak bukti sejarah yang menyatakan cokelat adalah simbol dari pemacu, bukan hanya karena rasanya yang manis tapi karena kekuatannya untuk meningkatkan gairah seks.

Hal ini dikarenakan cokelat dapat melepaskan phenylethylamine dan serotonin ke dalam tubuh dan menghasilkan beberapa efek afrodisiak dan peningkatan suasana hati.

Tidak hanya baik untuk meningkatkan libido wanita, cokelat pun punya beberapa manfaat kesehatan lain seperti menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah, mencegah penyakit jantung, dan sebagai antidepresan.

4. Mengonsumsi Buah-buahan

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Libido Moms 3.jpg

Foto: pexels.com

Buah-buahan menyediakan vitamin dan mineral penting, sehingga dapat meningkatkan aliran darah ke area sensitif dan menciptakan kehidupan seks yang sehat.

Beberapa buah yang dapat Moms konsumsi adalah apel, pisang, avokad, dan buah ara.

Dalam penelitian General Gynecology, terbukti bahwa apel dapat meningkatkan libido wanita. Wanita yang makan satu apel setiap harinya memiliki kualitas seks yang lebih baik.

Baca Juga: Kurang Tidur Bikin Gairah Seks Menurun, Benarkah?

5. Mengonsumsi Makanan Herbal

meningkatkan libido wanita - ginseng

Foto: Orami Photo Stock

Selain buah-buahan, rempah-rempah atau makanan herbal juga bisa meningkatkan libido wanita dan pria.

Studi tahun 2015 oleh Sexual Medicine Reviews, beberapa ramuan herbal ini bisa meningkatkan fungsi seksual:

  • Maca
  • Tribulus
  • Gingko
  • Ginseng

Moms dapat mengonsumsi ramuan herbal ini dalam bentuk segar, tablet, kapsul, atau serbuk yang diminum.

Namun, sebaiknya Moms tetap berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ramuan herbal ya.

6. Olahraga

5 Cara Alami Untuk Meningkatkan Libido Moms 5.jpg

Foto: unsplash.com

Olahraga secara teratur juga dianggap mampu meningkatkan libido wanita karena menurut sebuah studi pada tahun 2010 silam, wanita dengan aktivitas fisik dapat mengurangi risiko diabetes yang berpengaruh besar dalam hubungan seks.

Salah satu olahraga yang bisa Moms coba adalah yoga. Penelitian The Journal of Sex Medicine menyimpulkan bahwa 12 minggu melakukan yoga akan meningkatkan fungsi seksual pada wanita.

Wanita akan lebih berhasrat dan mudah terangsang, serta lebih mudah mencapai orgasme dan kepuasan saat berhubungan seks.

Moms juga bisa mengajak Dads untuk melakukan gerakan yoga bersama untuk mendapatkan keuntungan di ranjang.

Peneliti juga telah lama meneliti hubungan obesitas dengan rendahnya gairah seksual dan terbukti kalau berat badan yang berlebih dapat menurunkan kemungkinan fertilitas atau pembuahan.

7. Tidur Teratur

meningkatkan libido wanita  - sleeping

Foto: Orami Photo Stock

Moms yang tinggal di kota besar dan punya gaya hidup sibuk setiap waktu umumnya tidak memiliki waktu tidur yang cukup sehingga mempengaruhi performa di tempat tidur.

Jika memang Moms tidak bisa menambah jam tidur di malam hari, menjadwalkan tidur siang bisa meningkatkan energi dan dorongan seks di malam hari, lho.

Tidak perlu berlama-lama, power nap selama 15 menit pun sudah sangat membantu.

8. Tingkatkan Kualitas Hubungan

meningkatkan libido wanita - date

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang yang mengalami hasrat menurun karena kurangnya keintiman dalam hubungan.

Hal ini wajar terjadi, terutama bila Moms dan Dads sudah menjalin hubungan dalam waktu yang lama.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan:

  • Menjadwalkan kencan rutin seminggu sekali atau dua minggu sekali
  • Beraktivitas atau melakukan hobi bersama
  • Berkomunikasi secara terbuka
  • Luangkan waktu berdua tanpa anak-anak

Dengan kualitas hubungan yang baik, pasti Moms akan kembali menemukan hasrat untuk berhubungan seks dengan Dads seperti di tahun pertama pernikahan.

9. Cek Obat-obatan yang Sedang Dikonsumsi

meningkatkan libido wanita - drug

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa jenis pengobatan bisa memengaruhi libido. Mayo Clinic menyebutkan bahwa obat antidepresan bisa menurunkan libido seseorang.

Bila saat ini Moms sedang mengonsumsi antidepresan, sebaiknya Moms berkonsultasi pada dokter bagaimana cara menangani efek samping tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Wanita Bergairah Berdasarkan Zodiak

10. Coba Akupuntur

meningkatkan libido wanita  Akupuntur.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Meski masih membutuhkan penelitian lanjutan, studi The Journal of Sex Medicine pada 2008 lalu menjelaskan bahwa akupuntur berpotensi untuk meningkatkan libido wanita.

Tidak hanya itu, akupuntur juga bermanfaat dalam mengurangi kecemasan, stres, dan insomnia, yang menjadi penyebab kurangnya hasrat berhubungan seks pada wanita.

Kalau Moms merasa kurang cocok dengan metode akupuntur, bisa juga mencoba pijat. Mintalah suami memijat Moms dengan lembut agar bisa meningkatkan gairah di ranjang.

11. Hindari Makanan Tidak Sehat

meningkatkan libido wanita - steak daging

Foto: Orami Photo Stock

Ternyata, ada makanan yang juga bisa membuat libido menurun. Kebanyakan makanan-makanan ini tidak sehat dan sering kita konsumsi sebagai camilan. Di antaranya:

  • Gorengan
  • Daging merah
  • Alkohol
  • Popcorn yang di-microwave
  • Mint
  • Keju

Tidak hanya buruk bagi kesehatan dan berat badan, makanan-makanan ini juga dapat menurunkan performa seks.

“Lemak trans di makanan yang digoreng akan menurunkan libido wanita dan pria. Lemak trans ini bisa meningkatkan produksi sperma abnormal pada pria dan memengaruhi hormon pada wanita,” ujar ahli gizi Frida Harju dilansir dari Cosmopolitan.

Baca Juga: Libido Wanita Turun, Ini 5 Penyebabnya

Moms, itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan libido wanita.

Mudah-mudahan, dengan melakukan cara-cara di atas, gairah seks Moms akan meningkat dan bercinta pun semakin menyenangkan dengan Dads, ya.

Namun, bila berbagai cara di atas belum bekerja, Moms bisa berkonsultasi pada dokter.

Moms perlu segera ke dokter bila penurunan gairah seks terjadi secara tiba-tiba, mengalami tekanan darah tinggi, merasa sakit saat berhubungan seks, serta saat masalah libido ini berpengaruh besar pada mental dan hubungan Moms.

Artikel Terkait