PROGRAM HAMIL
23 November 2018

Cara Alami Menyembuhkan Sakit Kepala Saat Hamil

Ternyata dengan memilih bra yang tepat dapat membantu mengurangi sakit kepala
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Sakit kepala saat kehamilan memang hal yang sangat menyulitkan bagi seorang perempuan. Namun demikian, sakit kepala memang sering terjadi selama trimester pertama.

Umumnya, Moms meminum obat untuk menghilangkan sakit kepala, tetapi selama kehamilan tentu tidak bebas untuk mengonsumsi obat-obatan.

Jadi, bagaimana mengatasi sakit kepala selama kehamilan?

Baca Juga : Hamil atau Tidak? Cek 5 Tanda Kehamilan Ini

Sakit Kepala Selama Kehamilan

Sakit kepala sering terjadi selama kehamilan karena perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh Moms.

Jika sering mengalami sakit kepala selama trimester pertama, maka mungkin akan berkurang pada trimester berikutnya atau segera setelah hormon kehamilan stabil.

Sakit kepala dipicu tidak hanya oleh aktivitas hormonal tetapi juga oleh berbagai alasan lain seperti:

1. Bila Moms mengalami sakit kepala atau migrain sebelum kehamilan, maka lebih mungkin mengalaminya selama awal kehamilan.

2. Gejala kehamilan seperti kelelahan, kelaparan, kurang berolahraga, dehidrasi, juga bisa menyebabkan sakit kepala pada kehamilan.

3. Salah satu efek samping dari asupan kafein yang berlebihan adalah sakit kepala naming jika Moms tiba-tiba berhenti mengonsumsi kafein, maka juga dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Sinus dapat menyebabkan rasa sakit di belakang area tulang pipi sehingga memicu sakit kepala. Tak hanya itu, ketegangan mata yang disebabkan karena perubahan tekanan di sekitar mata selama kehamilan dapat mempengaruhi penglihatan dan menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga : Membedakan Macam-Macam Sakit Kepala dan Gejalanya

Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Segala sesuatu yang alami memang akan lebih baik terutama saat kehamilan, termasuk mengatasi sakit kepala.

Selama kehamilan, bila sakit kepala sudah begitu menganggu maka sebaiknya lakukanlah cara alami berikut untuk mengatasinya:

1. Aromaterapi

Taruh beberapa tetes minyak lavender dan peppermint pada tisu atau sapu tangan dan hirup itu saat Moms sedang merasakan sakitnya.

Selain dengan menghirupnya, Moms juga bisa menggosok minyak ke pelipis atau kedua sisi dahi.

2. Uap

Menghirup uap dari wadah berisi air panas membantu meredakan hidung tersumbat dengan membersihkan sinus dan membuat Moms terbebas dari sakit kepala.

Selain itu, Moms juga dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan dekongestan hidung, yang aman digunakan selama kehamilan.

3. Pijatan

Pijatan yang benar di pundak, punggung dan leher adalah cara yang bagus untuk membantu meredakan migrain. Pastikan bahwa Moms mendapatkan pijat yang dilakukan oleh tukang pijat profesional.

Selain itu, Moms bisa mendapatkan pijatan yang dilakukan untuk kepala dengan menggunakan minyak obat yang mengurangi rasa sakit.

4. Mandi

Mandi air dingin dapat memberikan pertolongan sementara dan cepat dari sakit kepala. Bahkan memercikkan air dingin ke wajah bisa meredakan sakit kepala.

Selain itu, mandi hangat dengan garam khusus selama 15 menit dapat membantu meringankan sakit kepala.

5. Pilih Ukuran Bra yang Tepat

Selama kehamilan, ligamen payudara membentang untuk mendukung payudara yang sedang tumbuh. Hal tersebut memberi tekanan besar pada punggung dan leher sehingga menyebabkan sakit kepala. Memilih ukuran bra yang tepat rupanya dapat membantu mengatasi hal ini.

Sebenarnya memang tak ada yang perlu dikhawatirkan saat sakit kepala menyerang ketika hamil. Hanya saja, rasa sakitnya tentu sering menganggu dan membuat Moms ingin segera mengatasinya.

Selalu upayakan untuk menggunakan pengobatan alami dalam menangangi masalah apapun terutama saat hamil. Jangan sembarangan mengonsumsi obat karena dapat membahayakan janin.

(MDP)

Artikel Terkait