KESEHATAN
15 November 2019

7 Bahan Alami untuk Meringankan Angin Duduk, Catat Ya!

Bawang putih paling berkhasiat untuk meringankan angin duduk lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Angin duduk merupakan istilah penyakit yang cukup familiar di masyarakat awam. Namun, apa sih sebenarnya angin duduk?

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute, Angina atau lebih dikenal dengan angin duduk adalah nyeri dada yang tejadi karena otot jantung tidak mendapatkan cukup pasokan oksigen dari aliran darah.

Maka, terjadi penyempitan atau penyumbatan pada pembuluh darah.

Jika gelaja angin duduk cukup ringan, terdapat bahan-bahan alami untuk mengurangi ketidaknyamanan dan rasa nyeri pada sakit angin duduk serta mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung.

Bahan Alami untuk Meringankan Angin Duduk

Berikut bahan alami untuk meringankan angin duduk menurut Debra Rose Wilson PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang ahli pengobatan herbal dan praktisi holistik dari Walden University, seperti dikutip dari healthline.

Baca Juga: Berbeda dengan Masuk Angin, Kenali Gejala dan Penyebab Angin Duduk

1. Almond

susu almond - healthline,com.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang pertama adalah almond. Ketika merasakan nyeri dada yang hebat setelah makan, bisa jadi penyebabnya adalah refluks gastroesofageal (GERD). Minum susu almond dapat meredakan gejala tersebut.

"Kandungan dalam almond dapat membantu menenangkan dan menetralkan asam pada kerongkongan," terang Debra Rose Wilson.

2. Cuka Sari Apel

cuka apel - healthline.com.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka apel juga ternyata bisa membantu meringankan gejala angin duduk lho Moms.

Caranya, minum satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air sebelum makan atau merasakan nyeri dada yang hebat.

3. Teh Rosella Hangat

3sm.jpg

Foto: Visualizepicture.com

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah teh rosella hangat. Gas adalah penyebab umum nyeri dada. Minuman hangat dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi gas serta kembung.

Teh bunga Rosella yang diminum dalam keadaan hangat baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan, teh bunga Rosella membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol dan trigliserida.

Baca Juga: Simak 3 Cara Mengatasi Angin Duduk Ini, Moms

4. Bawang Putih

bawang putih - medicalnewstoday.com.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah bawang putih. Sebuah penelitian yang diterbitkan US National Library of Medicine, National Institutes of Health menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu mengurangi penumpukan plak di arteri.

Bawang putih segar atau suplemen bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengatasi masalah jantung.

Ekstrak bawang putih dapat membantu mencegah penumpukan plak di arteri.

Konsumsi 2-3 siung bawang putih mentah di pagi hari bisa menjadi cara yang baik untuk mengobati angin duduk secara alami.

5. Daun Kemangi

kemangi - goodhousekeeping.com.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah daun kemangi. Daun kemangi sebagai salah satu solusi untuk mengatasi gejala angin duduk.

Caranya dengan mengunyah beberapa daun daun kemangi segar di pagi hari. Agar lebih segar, bisa pula dibuat jus daun kemangi.

Selain itu, berdasarkan data dari organicfacts.net, lemon dan buang anggur juga bermanfaat untuk meringankan angin duduk.

6. Lemon

lemon - mlife.id.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah lemon. Cobalah untuk memasukkan lemon ke dalam makanan setiap hari. Bisa memerasnya di atas salad atau menjadikannya sebagai air lemon segar.

Lemon membantu menghindari penumpukan kolesterol, sehingga mencegah segala jenis penyumbatan di pembuluh darah. Mengkonsumsi lemon adalah cara alami bagi penderita angin duduk.

Tambahkan pula madu dalam perasan air lemon hangat. Konsumsi dalam keadaan perut kosong, dapat membantu membersihkan pembuluh darah dan mengurangi penumpukan kolesterol serta mengontrol kadar lemak.

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ternyata, Ini Bahayanya Angin Duduk

7. Buah Anggur

anggur - wikipedia.org.jpg

Bahan alami untuk meringankan angin duduk yang selanjutnya adalah buah anggur. Buang anggur dikenal sebagai buah untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Buah anggur membantu mengurangi risiko serangan jantung dan nyeri dada akibat angin duduk serta membantu meningkatkan kualitas pernapasan.

Moms, bahan alami untuk meringankan angin duduk sebaiknya dikonsumsi setelah mendapatkan pemeriksaan dari dokter bahwa nyeri dada tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius, seperti serangan jantung.

Bahan-bahan alami tersebut dapat membantu pada rasa nyeri dada yang ringan, jika rasa sakit meningkat, segera mendapatkan penanganan secara medis ya.

Selain itu, seimbangkan pula dengan gaya hidup dan konsumsi makanan sehat, serta menghindari rokok dan alkohol!

(SWN)

Artikel Terkait