KESEHATAN
30 Oktober 2019

Ternyata Penyakit Bipolar Dapat Disembuhkan Secara Alami, Berikut 3 Caranya

Ingin sembuh dari bipolar? Segera praktekkan cara ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Gangguan bipolar merupakan penyakit yang menyerang mental seseorang. Seseorang bisa dikatakan mengidap gangguan ini jika mengalami perubahan mood secara ekstrem dan memiliki reaksi yang berlebih atas segala hal.

WHO mencatat setidaknya 60 juta orang di dunia mengalami gangguan bipolar. Baik penderita gangguan bipolar pada fase manik (fase di mana penderita merasa sangat bersemangat, energik, hingga tidak bisa melihat dan berpikir bahwa beberapa tindakannya adalah salah) dan fase depresi (fase di mana penderita tidak memiliki semangat hidup dan selalu murung).

Bagi penderita gangguan bipolar, keadaan ini tentulah sangat tidak nyaman dan sangat melelahkan baik mental maupun fisik.

“Gangguan bipolar bisa memberikan efek yang besar dan serius bagi kesehatan mental dan fisik penderita, keluarga, serta lingkungan dimana penderita berada,” jelas Sameer Jauhar, Ph.D yang merupakan Konsultan Kejiwaan.

Namun Moms tidak perlu bingung dan semakin tertekan. Ternyata ada beberapa cara alami sembuhkan bipolar.

Baca Juga: Ketahui Masalah Bipolar dan Depresi Anak dari Giginya

1. Konsultasi dan Melatih Kesadaran Perilaku

cara alami sembuhkan bipolar

Cara alami sembuhkan bipolar yang pertama adalah melatih kesadaran perilaku bersama dengan konsultan.

Bagi penderita gangguan bipolar, saat memasuki fase manik dan depresi, penderita seringkali tidak menyadari bahwa perilaku dan tindakan yang diambil adalah salah, seperti melukai dirinya sendiri akibat depresi atau berani mengambil risiko yang dapat melukai dirinya sendiri atau orang lain.

Pada terapi ini penderita bersama dengan konsultan bekerja sama membangun kembali realitas yang ada dan menyadarkan penderita untuk dapat memisahkan perilaku yang positif dan negatif.

Baca Juga: Bagaimana Kita Tahu Jika Mengidap Gangguan Bipolar?

2. Disiplin Jam Tidur

cara alami sembuhkan bipolar

Pada fase manik, penderita kerap terjaga dan merasa tidak perlu tidur karena otak yang terus berpikir dan badan yang selalu enerjik.

Sedangkan, pada fase depresi penderita justru menghabiskan mayoritas waktunya untuk tidur.

Disiplin dan mengatur jam tidur merupakan salah satu cara alami sembuhkan bipolar. Penderita dianjurkan untuk disiplin dan konsisten tidur dan bangun di jam sama setiap harinya.

Buat suasana dan ruang tidur senyaman mungkin dan hindari mengakses handphone atau barang elektronik lainnya sebelum tidur untuk mengurangi stres.

Tidur yang cukup akan membantu penderita memiliki mood yang bagus dan menghindari timbulnya reaksi berlebih akibat gangguan bipolar.

3. Diet

cara alami sembuhkan bipolar

Dilansir dari medicalnewstoday.com pada tahun 2011, 68% penderita gangguan bipolar memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Para penderita bipolar juga berisiko terkena tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Dikutip dari laman nhs.uk, para ahli menemukan terjadinya gangguan bipolar akibat adanya ketidakseimbangan kimia dalam otak, diantaranya adalah neurotransmitters, noradrenaline, dopamine, dan serotonin.

Serotonin sendiri merupakan kimia yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang, terutama makanan manis dan karbohidrat.

Cara alami sembuhkan bipolar yang satu ini membutuhkan niat dan disiplin diri yang besar. Penderita harus membuat jadwal makan yang teratur dengan porsi yang tidak berlebih dan memperbanyak serat dari sayur dan buah.

Lengkapi dengan olahraga teratur untuk menyeimbangkan mood dan mengurangi risiko obesitas.

Baca Juga: 7 Tanda Kepribadian Ganda yang Mudah Dikenali

Itulah beberapa cara alami sembuhkan bipolar yang bisa segera Moms praktekkan. Moms juga perlu segera konsultasi pada ahli supaya bisa menangani gangguan bipolar, terutama bila sudah memengaruhi aktivitas sehari-hari dan orang di sekitar Moms.

(DH)

Artikel Terkait