KESEHATAN
18 Desember 2019

4 Cara Alami Menurunkan Asam Urat

Ternyata minum kopi termasuk salah satu cara yang efektif lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Familiar dengan asam urat Moms? Encok adalah jenis artritis yang berkembang ketika kadar asam urat darah tinggi. Asam urat membentuk kristal di persendian, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan parah dan menyakitkan.

Beberapa orang membutuhkan obat untuk mengobati encok, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup juga dapat membantu. Menurunkan asam urat dapat mengurangi risiko encok dan penyakit ini kambuh.

Namun penyebab dari encok terjadi karena beberapa faktor, bukan hanya gaya hidup saja. Jadi penting untuk berkonsultasi dengan dokter tentang strategi pencegahan encok terbaik, agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari kita.

Cara Alami Menurunkan Asam Urat

Nah, sebelumnya mungkin Moms bisa mencoba beberapa cara alami menurunkan asam urat di bawah ini. Ada apa saja? Simak yuk.

Baca Juga: Wajib Dihindari, Ini Makanan Penyebab Penyakit Asam Urat!

1. Hindari Makanan Manis

asam urat

Foto: hellosehat.com

Cara alami menurunkan asam urat yang pertama adalah hindari makanan manis. Asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan yang kaya protein. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial timbulnya asam urat.

Gula tambahan untuk makanan termasuk gula meja, sirup jagung, dan sirup jagung fruktosa tinggi.

Fruktosa adalah jenis utama gula yang biasanya digunakan dalam makanan olahan. Berdasarkan penelitian dari American Diabetes Association, jenis gula ini secara khusus dapat menyebabkan tingginya kadar asam urat.

Makan makanan sehat dan menghindari makanan kemasan atau instan dapat membantu mengurangi kadar gula penyebab asam urat.

Baca Juga: Benarkah Makanan Manis Menurunkan Kesuburan?

2. Hindari Obat-Obatan yang Meningkatkan Kadar Asam Urat

asam urat

Foto: medium.com

Cara alami menurunkan asam urat yang selanjutnya adalah hindari obat-obatan yang meningkatkan kadar asam urat. Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti:

  • obat diuretik, seperti furosemide (Lasix) dan hydrochlorothiazide
  • obat-obatan yang menekan sistem kekebalan tubuh, terutama sebelum atau setelah transplantasi organ
  • aspirin dosis rendah

Jenis obat-obat ini mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang penting, namun untuk menurunkan asam urat, Moms harus menghindarinya. Akan tetapi jika harus dikonsumsi pun, coba konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Baca Juga: Ingat! 5 Hal Ini Wajib Ditanyakan Saat Ingin Beli Obat

3. Jaga Berat Badan agar Tetap Normal

asam urat

Foto: verywellhealth.com

Cara alami menurunkan asam urat yang selanjutnya adalah jaga berat badan agar tetap normal. Dilansir dari Medical News Today, mencapai berat badan yang ideal dapat membantu mengurangi risiko encok. Obesitas akan meningkatkan risiko asam urat, terutama pada orang yang berusia lebih muda.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko seseorang mengalami sindrom metabolik, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Kelebihan berat badan juga memiliki hubungan dengan risiko lebih tinggi kadar asam urat darah, sehingga meningkatkan risiko asam urat.

4. Minum Kopi

asam urat

Foto: theguardian.com

Cara alami menurunkan asam urat yang selanjutnya adalah minum kopi. Dalam penelitian Royal Collage of Physicians, tentang Rheumatic Disease, menunjukkan bahwa orang yang minum kopi cenderung tidak menderita encok. Sebagai contoh, analisis data 2010 dari peserta perempuan dalam Nurses 'Health Study menemukan bahwa risiko encok menurun ketika konsumsi kopi meningkat.

Perempuan yang mengonsumsi 1 hingga 3 cangkir kopi per hari mengalami penurunan risiko encok sebanyak 22 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kopi. Perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 4 cangkir kopi per hari mengalami penurunan 57 persen dari kondisi ini.

Itu dia Moms beberapa cara alami untuk menurunkan asam urat. Apakah Moms termasuk salah satu penderita asam urat? Yuk coba cara alami di atas.

Artikel Terkait