PROGRAM HAMIL
25 Maret 2019

5 Cara Aman Atasi Perut Kembung Saat Hamil

Perut kembung memang membuat Moms tidak nyaman, tapi bisa diatasi dengan cara alami
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Kembung adalah hal yang umum dialami Moms ketika hamil. Salah satu penyebab utamanya adalah kandungan hormon progesteron yang meningkat.

Hormon ini membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi rileks, termasuk di saluran pencernaan yang membuat kerjanya melambat.

Makanya tak heran jika wanita hamil sering buang gas, bersendawa, dan mengalami kembung.

Kembung tak hanya Moms alami di trimester pertama. Di trimester akhir, membesarnya rahim juga membuat kerja pencernaan melambat, membuat Moms merasa kembung setelah makan.

Karena kembung saat hamil tak bisa diatasi sembarangan, inilah cara aman yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi kembung.

1. Perbanyak Minum

drink drinking female 1458671ss (1)

Air putih adalah solusi terbaik, karena minum banyak air bisa membantu mengatasi kembung.

Pastikan Moms mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk mengatasi perut kembung. Hindari soda yang bisa memicu produksi gas di dalam perut.

2. Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

drink drinking female 1458671ss (5)

Jika selama ini Moms makan 2 sampai 3 kali sehari, kali ini coba bagi lagi porsi makan tersebut hingga menjadi 5-6 kali per hari.

“Makanlah beberapa makanan dalam porsi kecil setiap hari dan hindari makanan berat dengan porsi besar,” ujar. Dr. Lisa Ashe, medical director di Be Well Medical Group. Porsi kecil ini bisa menjaga kerja sistem pencernaan sehingga produksi gas menurun.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

drink drinking female 1458671ss (4)

Makanan yang mengandung serat tinggi akan lebih mudah membawa air ke dalam usus sehingga tinja melunak dan produk gas di dalam perut bisa di atasi.

Selain itu, makanan mengandung probiotik juga baik dikonsumsi ketika kembung saat hamil. “Ketika bakteri di lambung menjadi tidak seimbang, biasanya kita akan merasa kembung. Oleh sebab itu, makanan probiotik dapat menyeimbangkan bakteri di lambung,” ujar Cameron Hooper, health coach dan owner dari Naturalife.

4. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Gas

drink drinking female 1458671ss (3)

Beberapa jenis makanan tertentu bisa memicu produksi gas berlebih di dalam pencernaan, seperti kol, brokoli, kacang-kacangan, bawang, apel, dan pir. Jadi untuk sementara, hindari dulu konsumsi makanan tersebut, ya.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

5. Olahraga

drink drinking female 1458671ss (2)

Olahraga ringan, misalnya jalan kaki, dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga membantu membuang gas dari dalam perut.

Atau, coba lakukan kelas yoga untuk ibu hamil untuk membantu Moms lebih rileks.

Itu dia beberapa cara aman mengatasi perut kembung saat hamil yang bisa Moms lakukan. Biasanya bagaimana Moms mengobati kembung?

(VAN)

Artikel Terkait