TRIMESTER 1
29 Oktober 2020

Perut Kembung saat Hamil, Ini 7+ Cara Efektif untuk Mengatasinya!

Perut kembung memang membuat Moms tidak nyaman, tapi bisa diatasi dengan cara alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Perut kembung saat hamil memang tidak enak ya Moms. Mau beraktivitas pun jadi sulit.

Tubuh Moms akan mengalami banyak perubahan selama kehamilan, dan sayangnya gas adalah salah satu hal tidak nyaman dari beberapa proses tubuh yang sangat normal, menurut Sheryl Ross, seorang OB/GYN dan pakar kesehatan wanita di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

"Perut kembung dan begah saat hamil wajar dialami apalagi saat usia kehamilan muda," menurut dr. Thomas Chayadi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

Salah satu penyebab utamanya adalah kandungan hormon progesteron yang meningkat.

Saat tubuh Moms memproduksi lebih banyak progesteron untuk mendukung kehamilan, progesteron melemaskan otot-otot di tubuh kita, termasuk otot-otot usus. Otot usus yang bergerak lebih lambat berarti pencernaan Moms melambat.

Hal ini memungkinkan gas menumpuk, yang pada akhirnya akan menyebabkan perut kembung saat hamil, sendawa, dan perut kembung.

Baca Juga: Aneka Masalah Kulit Pada Ibu Hamil dan Cara Mencegahnya

Selanjutnya menurut dr Thomas, pada kehamilan lanjut ketika janin semakin besar, janin yang membesar tersebut dapat menekan organ lain di dalam perut dan membuat ibu merasa begah, penuh, dan sesak.

Makanya tak heran jika wanita hamil sering buang gas, bersendawa, dan mengalami perut kembung saat hamil.

Kembung tak hanya Moms alami di trimester pertama. Di trimester akhir, membesarnya rahim juga membuat kerja pencernaan melambat, membuat Moms merasa kembung setelah makan.

Karena perut kembung saat hamil tak bisa diatasi sembarangan, inilah cara aman yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil.

Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Ada beberapa cara alami yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil. Simak caranya berikut ini.

1. Perbanyak Minum Air Putih

drink drinking female 1458671ss (1)

Air putih adalah solusi terbaik, karena minum banyak air bisa membantu mengatasi perut kembung saat hamil.

Pastikan Moms mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas setiap hari untuk mengatasi perut kembung saat hamil. Hindari soda yang bisa memicu produksi gas di dalam perut.

Minum air sebelum atau sesudah makan membantu perut mencerna makanan. Setiap makanan yang tidak tercerna masuk ke usus kecil, di mana bakteri memecahnya, menghasilkan gas dalam prosesnya. Oleh karena itu, tetap terhidrasi dapat membantu mengurangi penumpukan gas.

Hidrasi juga dapat mencegah sembelit, penyebab lain munculnya gas. Saat seseorang mengalami dehidrasi, fesesnya menjadi kering dan keras. Minum banyak air membuat feses tetap lembut, membantunya lebih mudah melewati usus besar.

Juga, yang terbaik adalah menyesap perlahan, daripada meneguk. Orang lebih cenderung menelan udara saat mereka menelan, yang dapat menyebabkan gas.

2. Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

drink drinking female 1458671ss (5)

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah makan dengan porsi kecil namun sering. Jika selama ini Moms makan 2 sampai 3 kali sehari, kali ini coba bagi lagi porsi makan tersebut hingga menjadi 5-6 kali per hari.

“Makanlah beberapa makanan dalam porsi kecil setiap hari dan hindari makanan berat dengan porsi besar,” ujar. Dr. Lisa Ashe, medical director di Be Well Medical Group. Porsi kecil ini bisa menjaga kerja sistem pencernaan sehingga produksi gas menurun.

Baca Juga: Ternyata Ini 4 Manfaat Yoghurt Untuk Ibu Hamil

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

drink drinking female 1458671ss (4)

Makanan yang mengandung serat tinggi akan lebih mudah membawa air ke dalam usus sehingga tinja melunak dan produk gas di dalam perut bisa di atasi.

Selain itu, makanan mengandung probiotik juga baik dikonsumsi ketika mengalami perut kembung saat hamil. “Ketika bakteri di lambung menjadi tidak seimbang, biasanya kita akan merasa kembung. Oleh sebab itu, makanan probiotik dapat menyeimbangkan bakteri di lambung,” ujar Cameron Hooper, health coach dan owner dari Naturalife.

Menurut journal Canadian Family Physician, probiotik yang mengubah flora kolon mungkin juga meningkatkan fungsi usus.

4. Hindari Makanan yang Memicu Produksi Gas

drink drinking female 1458671ss (3)

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah hindari makanan pemicu produksi gas. Selama kehamilan, banyak wanita memilih makan makanan yang lebih sehat. Banyak makanan sehat yang kaya serat, dan menambahkannya ke dalam makanan dapat meningkatkan jumlah gas dalam jangka pendek.

Beberapa makanan berserat tinggi juga mengandung karbohidrat kompleks yang disebut oligosakarida. Ketika bakteri di usus memecah oligosakarida, mereka menghasilkan gas nitrogen. Beberapa orang lebih sensitif terhadap efek ini daripada yang lain.

Makanan yang mengandung oligosakarida meliputi:

Membuat buku harian makanan dapat membantu menunjukkan apakah ada makanan yang mempengaruhi kembung yang kita alami.

Baca Juga: Catat! Ini 7 Vitamin yang Dibutuhkan oleh Ibu Hamil

5. Olahraga Rutin

drink drinking female 1458671ss (2)

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah olahraga rutin. Olahraga ringan, misalnya jalan kaki, dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga membantu membuang gas dari dalam perut.

Usahakan untuk berjalan atau berolahraga setidaknya selama 30 menit. Olahraga tidak hanya membantu Moms tetap bugar secara fisik dan emosional, tetapi juga membantu mencegah sembelit dan mempercepat pencernaan.

Atau, coba lakukan kelas yoga untuk ibu hamil untuk membantu Moms lebih rileks.

Dalam jurnal Exercise in Pregnancy, pedoman aktivitas fisik dari The American College of Sports Medicine (ACSM) menyarankan 30 menit atau lebih olahraga sedang selama tiga hari dalam seminggu disarankan untuk kehamilan normal

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Moms terlebih dahulu sebelum memulai program olahraga apa pun selama kehamilan.

6. Coba Suplemen Serat

suplemen ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah coba suplemen serat. Jika Moms bukan penggemar makanan berserat tinggi, atau Moms sedang mencari alternatif yang cepat dan mudah, tanyakan kepada dokter kandunagn apakah suplemen serat, mungkin bisa membantu kita mengurangi gas di perut.

7. Mengenakan Pakaian yang Nyaman

perut kembung saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah kenakan pakaian yang nyaman. Pakaian yang ketat di sekitar pinggang dapat memberi tekanan tambahan pada perut, yang dapat meningkatkan penumpukan gas.

Mengenakan pakaian ibu yang longgar pada tahap akhir kehamilan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Baca Juga: 3 Olahraga Ibu Hamil yang Cocok di Musim Hujan

8. Tetap Tenang dan Rileks

perut kembung saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Cara mengatasi perut kembung saat hamil selanjutnya adalah tetap tenang dan rileks. "Kecemasan dan stres dapat meningkatkan jumlah udara yang Moms telan, yang dapat meningkatkan gas perut bagian atas, kembung, dan sendawa," kata Michael R. Berman, direktur medis persalinan dan pengiriman di Mount Sinai Beth Israel Medical Center.

Hilangkan stres dari hidup kita sebanyak mungkin. Temukan waktu tenang di siang hari untuk menarik napas dalam-dalam dan bersantai, atau mencoba spa prenatal yang menenangkan. Lakukan apa pun yang perlu Moms lakukan agar tetap tenang.

Itu dia beberapa cara aman mengatasi perut kembung saat hamil yang bisa Moms lakukan. Biasanya bagaimana Moms mengobati kembung?

Artikel Terkait