RUPA-RUPA
26 Juli 2019

Cara Ampuh Membunuh Rumput Liar

Basmi rumput liar dengan beberapa bahan rumahan ini
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memiliki pekarangan rumah yang bagus dan rapi adalah impian semua orang. Melihat bunga-bunga yang tumbuh dengan indah dan bermekaran pasti sungguh menyenangkan. Sayangnya terkadang keindahan bunga ini terganggu dengan rumput liar yang tumbuh.

Rumput liar adalah permasalahan yang kerap kali timbul dan sangat mengganggu. Rumput liar ini tidak memilih-milih tempat. Ia dapat tumbuh di tanah ataupun dalam media tanam yang kecil seperti pot.

Meskipun sudah kita cabut atau pangkas, ia seperti tidak ada matinya, dapat tumbuh lagi dan lagi. Nah, untuk Moms yang merasa terganggu dengan rumput liar di dalam pekarangan atau kebun rumah Moms, cara-cara di bawah ini bisa digunakan. Yuk kita intip langsung Moms.

Baca Juga: Nah, Ini 4 Cara Mengolah Rumput Laut yang Benar!

1. Menggunakan Cuka

membunuh rumput liar, rumput liar

Foto: readersdigest.ca

Membasmi rumput liar dapat digunakan dengan cuka yang seringkali kita campur dalam makanan. Cairan ini memang terkenal mengandung asam yang tinggi, sehingga sangat ampuh membasmi rumput liar.

Namun agar cuka bisa melekat pada rumput dengan baik, Moms harus mencampurnya dengan sabun cair pencuci piring terlebih dahulu, baru setelahnya semprotkan pada rumpur liar yang ingin dibasmi. Semprotkan pada daun-daunnya, maka rumput tersebut akan perlahan-lahan menghilang.

2. Siram dengan Air Panas Mendidih

membunuh rumput liar, rumput liar

Foto: womenshealthmag.com

Namun tanpa mengeluarkan sepeser uang pun, kita dapar membasmi rumput liar dengan jitu, yaitu menggunakan air panas mendidih. Caranya dengan menyiramkan air panas yang sudah mendidih langsung pada rumput liar yang ingin dibasmi.

Air yang panas mendidih, akan membunuh pengganggu tersebut sampai akarnya. Air panas mendidih ini bisa berasal dari air bekas rebusan juga ya.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Tanaman yang Bisa Dijadikan Sebagai Pengharum Ruangan

3. Semprotkan Bensin

membunuh rumput liar, rumput liar

Foto: autoexpress.co.uk

Bahan kimia yang keras, dipercaya ampuh untuk membunuh rumput liar agar tidak tumbuh lagi. Bahan ini bisa kita temukan dalam bensin.

Campurkan bensin dengan pupuk urea, sabun cuci apapun, atau garam. Aduk rata semuanya lalu semprotkan pada rumput yang ingin dibunuh. Namun Moms perlu ingat, konsekuensi karena saking kerasnya bahan kimia pada bensin, ia bisa membunuh tanaman lain di sekitar rumput liar.

4. Baking Soda

membunuh rumput liar, rumput liar

Foto: lifestyle.kompas.com

Membasmi rumput liar selanjutnya dapat menggunakan bahan pembuat kue, baking soda. Namun tidak bisa ditaburkan begitu saja, Moms perlu membuat pasta baking soda terlebih dahulu. Kemudian siramkan di sekitar rumput liar. Guna baking soda adalah untuk menaikkan tingkat keasaman tanah.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias yang Sedang Tren dan Bisa Ditanam di Rumah

5. Taburkan Garam

membunuh rumput liar, rumput liar

Foto: goodfood.com.au

Garam dapat kita temukan dengan mudah, bahkan di rumah. Bumbu penyedap satu ini hampir selalu ada dalam setiap masakan. Caranya sangat mudah, cukup taburkan garam ke arah rumput liar dan sekelilingnya.

Sayangnya cara ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibanding cara lainnya untuk membuhun rumput liar.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu Moms dalam membasmi rumput liar yang mengganggu kerapian kebun dan pekarangan rumah ya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait