KESEHATAN
19 Maret 2019

Yuk Atasi Perut Kembung Saat Menstruasi dengan 5 Ramuan Tradisional Ini!

Dengan ramuan tradisional, perut kembung yang mengganggu saat haid bisa segera Moms atasi
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Saat menstruasi, gangguan tak hanya berupa nyeri atau kram perut. Moms mungkin juga akan merasakan perut kembung yang membuat tidak nyaman.

Memang perut kembung akan mereda setelah darah haid keluar. Tapi, adakah cara untuk membantu meredakannya, atau setidaknya membuat perut terasa lebih nyaman?

Jika Moms merasa terganggu dengan masalah perut kembung saat haid, coba atasi dengan beberapa ramuan tradisional yang relatif lebih aman. Ini dia beberapa ramuan tradisional yang bisa Moms coba buat sendiri di rumah!

1. Teh Hangat dan Jahe

1 haid

Dilaporkan dalam jurnal European Review for Medical and Pharmacological Studies, jahe telah lama diketahui dapat membantu mengurangi gas dan mencegah kembung.

Ditemukan bahwa jahe membantu mempercepat kerja pencernaan, yang membuat gas dapat bergerak lebih cepat ke usus kecil untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan kembung.

Cara membuat ramuan ini cukup dengan menambahkan satu ruas jahe yang telah dimemarkan ke dalam secangkir teh panas. Minum dalam keadaan hangat.

2. Teh Daun Mint

2 haid

Kembung saat menstruasi juga bisa diatasi dengan daun mint. “Mint telah digunakan selama berdekade-dekade lamanya untuk mengatasi gangguan pencernaan. Mint akan menenangkan pencernaan dan membuat gas lebih mudah lewat,” ujar Dr. Luiza Petre, MD, ahli kardiologi di NYU Langone Medical Center.

Campurkan 4 lembar daun mint ke dalam segelas teh panas, diamkan beberapa saat dan minum selagi hangat. Teh dan daun mint akan membuat perut jadi terasa hangat.

Baca Juga: 4 Kelainan Menstruasi yang Harus Diketahui

3. Baking Soda dan Lemon

3 haid

Baking soda atau soda kue, bekerja sebagai antasida yang efektif untuk mengeluarkan gas penyebab perut kembung.

Ramuan tradisional untuk mengatasi kembung saat haid yang bisa Moms coba adalah campuran baking soda dan air lemon.

“Perasan lemon yang dicampur dengan baking soda akan menciptakan karbondioksida yang baik untuk pencernaan. Campuran ini bisa bekerja secara cepat mengatasi kembung,” jelas Rebecca Lee, BSN, RN, perawat di Rumah Sakit Mount Sinai, New York.

Caranya, peras setengah buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Tambahkan 1/2 sendok teh soda kue dan aduk.

Tapi ingat untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak, karena campuran ini bisa mengganggu keseimbangan pH tubuh.

4. Kayu Manis, Susu, dan Madu

4 haid

Kayu manis juga diketahui dapat membantu menenangkan perut dan mencegah penumpukan gas, sehingga dapat mengatasi kembung saat haid.

Caranya, cukup campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis ke dalam secangkir susu hangat. Tambahkan madu, dan aduk hingga rata.

Sebagai alternatif, Moms juga bisa membuat teh kayu manis dengan menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis (atau beberapa batang kayu manis) ke dalam secangkir air mendidih. Diamkan selama 5 menit, lalu minum dalam keadaan hangat.

Baca Juga: Bad Mood Saat PMS? Ini 6 Cara Mengontrol Gejala Menstruasi

5. Pepaya dan Nanas

5 haid

Pepaya dan nanas mengandung enzim papain dan bromelin yang keduanya dapat membantu kerja pencernaan dalam memecah makanan.

Moms cukup konsumsi buah-buahan ini sebelum makan nasi untuk mencegah perut kembung dan mual saat haid.

Itulah beberapa ramuan tradisional yang bisa mengatasi kembung saat haid. Tidak perlu panik lagi deh saat menstruasi!

(VAN)

Artikel Terkait