TRIMESTER 1
1 Oktober 2020

11+ Cara Berhubungan saat Hamil, Tetap Nyaman dan Aman!

Ada banyak posisi seksual lain yang bisa Moms lakukan untuk memuaskan pasangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagaimana cara berhubungan saat hamil? Apakah sama dengan saat tidak sedang hamil? Moms pasti bertanya-tanya kan? Yuk cari jawabannya di sini.

Moms perlu tahu bahwa berhubungan seks saat hamil adalah sesuatu yang boleh dan aman dilakukan. Dorongan seks pada wanita dapat meningkat pada tahap tertentu, termasuk ketika sedang hamil. Terlepas dari itu, berhubungan seks dapat memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil.

Saat perut Moms mulai membesar, Moms mungkin menemukan bahwa posisi tertentu bisa lebih nyaman dilakukan. Oleh karena itu, Moms perlu secara terbuka membicarakan masalah ini pada pasangan agar dapat membantu keduanya menikmati seks selama masa kehamilan tersebut.

Dikutip dari Medical News Today, dijelaskan bahwa seks tidak akan membahayakan bayi, selama kehamilan berjalan dengan normal dan tidak rumit. Bayi dilindungi oleh otot rahim yang kuat, cairan ketuban dan sumbat lendir yang berkembang di sekitar serviks.

Beberapa orang percaya bahwa aktivitas seksual atau orgasme dapat mengganggu bayi, meningkatkan kemungkinan keguguran atau menyebabkan persalinan dini. Namun, dalam kehamilan yang sehat, tidak ada satu pun yang benar dari hal-hal tersebut.

Selain itu juga banyak penelitian menyimpulkan bahwa seks vaginal selama kehamilan tidak memiliki kaitan dengan peningkatan risiko persalinan prematur. Namun, jika dokter menganggap seseorang berisiko tinggi, mereka mungkin menyarankan orang tersebut menghindari hubungan seksual selama kehamilan.

Baca Juga: Hamil Muda Boleh Berhubungan Seks?

Ada kemungkinan orgasme atau penetrasi seksual dapat menyebabkan kontraksi Braxton Hicks di akhir kehamilan. Braxton Hicks adalah kontraksi ringan yang dialami beberapa ibu hamil menjelang akhir kehamilan mereka. Namun, kontraksi ini tidak menunjukkan atau menyebabkan persalinan, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Tami Rowen, MD, dokter kandungan spesialis kesehatan seksual, University of California San. Francisco, mengatakan bahwa faktanya kecuali jika dokter Moms menyarankan sebaliknya, jangan ragu untuk mencoba posisi seks sebanyak yang Moms inginkan dalam sembilan bulan ke depan atau selama masa kehamilan.

"Misalnya, jika Anda berisiko untuk melahirkan lebih awal, dokter Anda mungkin merekomendasikan untuk tidak melakukan hubungan seks sepenuhnya selama trimester ketiga hingga sekitar minggu ke-36," ujarnya seperti dikutip dari Women'sHealthMag.com.

Kabar baik lainnya, berhubungan seks saat hamil bisa terasa lebih luar biasa atau bahkan lebih menakjubkan daripada sebelumnya. Itu karena, selama masa kehamilan, kadar estrogen dan progesteron tubuh seseorang meningkat.

Kecia Gaither, MD, MPH, FACOG, dokter kandungan sekaligus dokter spesialis pengobatan janin ibu, New York City Health + Hospital / Lincoln, mengatakan hormon-hormon tersebut meningkatkan aliran darah di tubuh dan berujung meningkatkan lubrikasi vagina dan sensitivitas payudara.

Akan tetapi, Terapis seks bersertifikat, Donna Oriowo, Phd., mengatakan seseorang yang berhubungan seks saat hamil ternyata juga akan mengalami perubahan tingkat kenyamanan pada beberapa posisi tertentu.

"Karena tubuh Anda berubah, area-area tertentu dapat menjadi lebih sensitif terhadap titik nyeri. Perlu dilakukan pemeriksaan atau percobaan dari minggu ke minggu dan bahkan hari ke hari, untuk mengetahui mana yang berhasil atau posisi apa yang terasa enak, dan apa yang tidak," sarannya.

Baca Juga: Bagaimana Cara Agar Tetap Romantis Meski Jarang Berhubungan Seksual?

Cara Berhubungan saat Hamil Trimester 1

cara berhubungan seks saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Nah, berikut ini adalah 12 posisi atau cara berhubungan saat hamil dan yang aman bagi Moms berdasarkan usia kehamilan:

1. Posisi Scissors

Cara berhubungan saat hamil yang pertama adalah dengan posisi scissors. Gerakan ini tidak hanya lembut, tetapi juga merupakan bentuk penetrasi seks yang lebih dangkal daripada banyak posisi lainnya. Biasanya pasangan masih sedikit ketakutan tentang bayi yang mungkin ditusuk kepalanya.

Semua aliran darah di bawah sana akan membuat panggul pasangan Moms melawan klitoris dan terasa lebih menakjubkan dari biasanya. Posisi gunting juga merupakan pilihan yang baik untuk pasangan yang melakukan hubungan seks non-penetrasi.

"Ini juga cara yang bagus untuk mendapatkan stimulasi penuh pada klitoris, labia minora dan majora," ujar Oriowo.

Caranya: duduk di tempat tidur saling berhadapan. Angkat kaki kanan pasangan Moms di atas kaki kiri Moms dan begitu pula sebaliknya.

Sekarang, bersandarlah ke belakang, sementara pasangan Moms menopang diri dengan lengannya. Kemudian minta mereka dengan lembut berputar ke arah Moms, daripada mendorong secara agresif.

2. Posisi X-Files

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi X-files. Mungkin sulit bagi Moms yang sedang hamil untuk berbaring telentang dalam waktu yang lama, sehingga posisi ini harus segera dieksekusi dengan cepat.

Dalam gerakan ini, pasangan Moms memiliki akses penuh ke payudara dan puting dan Moms tentunya akan merasa sangat sensitif berkat lonjakan estrogen dan progesteron yang menyenangkan.

Caranya: berbaring telentang dengan kaki di udara dan menyilang atau melingkari leher pasangan Moms. Menyilangkan kaki membuat bukaan vagina Anda semakin rapat, yang akan terasa lebih intens ketika pasangan Moms mulai beraksi.

3. Posisi Cross Buttocks

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi cross buttocks. Ya, ini adalah posisi seks yang gila, tetapi mengapa tidak melakukannya sebelum perut Moms yang membesar mulai benar-benar mengambil alih tubuh Moms?

Caranya: mulailah dengan posisi misionaris. Akan tetapi sebelum aksi dimulai, mintalah pasangan Moms menggeser kaki dan dada mereka dari tubuh Moms sehingga anggota badan mereka melintasi tubuh Moms.

Baca Juga: Susah Orgasme Saat Berhubungan Seks, Normalkah?

4. Posisi Misionaris Edge-of-Couch

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi misionaris edge-of-couch. Jika Moms menyukai misionaris, maka ini adalah cara yang menyenangkan untuk mengubah keadaan. Posisi ini juga memungkinkan pasangan Moms melakukan semua pekerjaannya yang bisa menjadi bonus jika Moms lelah.

Caranya: berbaring di tepi tempat tidur, kursi, atau sofa dengan kaki menempel kuat di lantai. Pasangan Moms akan berlutut atau berdiri, tergantung pada ketinggian permukaan. Minta pasangan Moms memegang paha dan dia akan siap memasuki vagina Moms dengan penisnya.

Cara Berhubungan saat Hamil Trismester 3

5. Posisi Doggy Style

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi doggy style. "Ramaikan suasana tanpa banyak aksi. Jika Moms merasakan sakit di punggung ketika melakukan posisi ini, pertimbangkan untuk menopang dada Moms dengan beberapa bantal atau coba variasi entri belakang berikutnya", kata Alyssa Dweck, MD, Ginekolog dan Rekan Penulis ' V is for Vagina'.

Oriowo menambahkan bahwa posisi ini juga posisi yang bagus untuk merangsang anus atau posisi yang nyaman jika Moms pemberi penetrasi.

Caranya: bertumpulah pada tangan dan lutut Moms, baik di tempat tidur atau lantai. Minta pasangan Moms masuk dari belakang menggunakan penisnya atau mainan lain seperti vibrator.

Dari posisi ini, mereka juga dapat dengan mudah menambahkan beberapa rangsangan klitoris untuk membawa Moms langsung ke O-town.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Berhubungan Seks Agar Hubungan Lebih Harmonis

6. Posisi Leap Frog

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi leap frog. Posisi seks ini juga bisa berarti "Aku terlalu lelah untuk menahan diri," tetapi itu lebih dari sekadar memberi Moms istirahat. Leap frog salah satu posisi terbaik selama kehamilan karena, dengan memiringkan panggul Moms, itu mengubah kedalaman penetrasi untuk membumbui segalanya. Penggunaan bantal direkomendasikan untuk menopang lengan dan kepala Moms.

Caranya: berbaring telungkup di tempat tidur, dengan lutut ditekuk dan pinggul terangkat. Condongkan tubuh ke depan dan sangga tubuh Moms menggunakan lengan bawah dan bantal. Mintalah pasangan Moms masuk dari belakang, sambil juga menekuk lututnya.

7. Posisi Hot Seat

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi hot seat. "Trimester kedua akan menunjukkan perut yang sedikit buncit, tapi masih mudah untuk bermanuver [untuk seks], "kata Terri Vanderlinde, MD, seorang Ginekolog dan Konselor Pengobatan Seksual.

Pada posisi ini tangan pasangan Moms bebas untuk mengelus payudara dan klitoris. Bagaimana jika Moms melakukannya di depan cermin? Tentu saja itu membuatnya sangat seksi dan intim.

Caranya: Minta pasangan Moms duduk di tepi tempat tidur atau kursi dan Moms juga ikut duduk di atas pasangan Moms dengan membelakanginya. Moms dapat menguji sudut mana yang paling nyaman dan menyenangkan.

Baca Juga: Nyeri Saat Berhubungan Seks, Mungkin Saja Terkena 3 Penyakit Kelamin Ini

8. Posisi Cowgirl

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi cowgirl. Posisi ini memungkinkan Moms mengatur kecepatan dan kedalaman penetrasi sambil memberi pasangan Moms akses langsung ke payudara. Kondisi ini akan membuat Moms lebih sensitif daripada yang Moms perkirakan.

Caranya: minta pasangan Moms berbaring telentang dan dengan kaki terentang. Berlutut di sebelahnya, lalu rentangkan kaki Moms dan angkat pinggul pasangan sambil menghadap ke depan.

Sambil berlutut, turunkan tubuh Moms ke bawah dan mulailah naik dan turun, sepelan atau secepat yang Moms rasa nyaman dan hingga pasangan Moms terus semakin menikmatinya.

9. Posisi Spider

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi spider. "Laba-laba yang saling berhadapan bagus untuk memberikan ruang pada perut dan juga masturbasi bersama. Usahakan untuk menjaga sudut agar Anda yang hamil tidak perlu berbaring sepenuhnya, melainkan lebih ditopang," ujar Oriowo.

Seperti biasa, Moms dapat menggunakan bantal untuk menopang tubuh jika tidak ingin menggunakan lengan bawah.

Caranya: duduk di tempat tidur dengan kaki saling berhadapan, lengan ke belakang untuk menopang diri. Sekarang, gerakkan vagina Moms ke penis pasangan.

Pinggul Moms akan berada di antara kaki mereka yang melebar, lutut Moms ditekuk, dan kaki di luar pinggul atau rata di tempat tidur. Sekarang bergoyanglah maju mundur.

Baca Juga: 4 Posisi Seks yang Pas untuk Penderita Nyeri Leher dan Punggung

Cara Berhubungan saat Hamil Trismester 3

10. Posisi Spooning

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi spooning. Dengan berbaring miring, Moms menghilangkan tekanan dari punggung dan rahim sambil tetap berhasil meluruskan atau membuka perut. Moms dapat mengambil posisi ini kapan saja, tetapi yang terbaik adalah diaplikasikan pada tahap akhir kehamilan.

Ngomong-ngomong, Moms direkomendasikan untuk selalu memiliki sedikit kemiringan atau bantal, di bawah pinggul yang paling dekat dengan tempat tidur, agar menjaga berat badan bayi dari vena cava Moms.

Caranya: Moms berdua berbaring miring menghadap ke arah yang sama, pasangan Moms di belakang. Tekuk sedikit lutut Moms dan dorong pantat Moms ke arah penis pasangan, sehingga dia bisa masuk.

Menyesuaikan kemiringan tubuh Moms akan memvariasikan sudut masuk dan membantu mengayun serta mendorong.

11. Posisi Reverse Cowgirl

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi reverse cowgirl. Variasi dari posisi seks wanita di atas membuat Moms tetap terkendali, namun tetap meningkatkan rangsangan klitoris. Ini tergantung pada seberapa sering atau kuat Moms mencondongkan tubuh ke depan atau ke belakang, maka Moms benar-benar dapat mengubah sudut untuk menemukan tempat yang tepat dan nyaman.

Caranya: minta pasangan Moms berbaring telentang dengan kaki terentang. Berlutut di samping pasangan Moms, lalu putar dan rentangkan kaki Moms dengan mengangkangi pinggul mereka sambil menghadap kakinya.

Berlutut, turunkan tubuh, dan mulailah naik dan turun.

12. Posisi Table Top

Cara berhubungan saat hamil selanjutnya adalah dengan posisi table top. Posisi ini bagus untuk trimester ketiga, karena memberikan posisi yang nyaman untuk Moms dan akses mudah untuk pasangan Moms.

Caranya: Moms harus duduk dengan pantat di tepi tempat tidur, bangku, atau meja dengan pasangan Moms menopang kaki. Minta pasangan Moms melalui posisi ini dan pasangan Moms akan suka karena ini adalah hal yang mudah dilakukan.
Baca Juga: 5 Posisi Seks yang Cocok Dilakukan Saat Bercinta Kilat di Siang Hari

Nah, itulah beberapa cara berhubungan saat hamil setiap trimesternya. Beda trimester, beda jugacara berhubungan saat hamil. Ini semua bergantung pada kondisi perut Moms yang semakin membuncit. Ingat Moms, keamanan dan kenyamaan Moms harus jadi yang utama ya!

Selamat mencoba!

Artikel Terkait