KESEHATAN
23 Agustus 2019

Cara Cebok yang Salah Bikin Susah Punya Anak? Ketahui Penjelasan dari Dokter Kandungan Ini!

Cara cebok yang salah ternyata bisa mengganggu proses kehamilan lho Moms
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Para perempuan perlu peduli dengan kesehatan tubuhnya secara menyeluruh. Hal ini termasuk kepedulian untuk menjaga kesehatan alat reproduksinya, yaitu vagina.

"Menjaga kesehatan vagina dapat membantu vagina Anda tetap dalam kondisi yang baik," kata Dr. Suzy Elneil, konsultan urogynaecology di University College Hospital, London, dan juru bicara Wellbeing of Women, mengutip NHS.

Lebih lanjut, ia mengatakan, secara umum, kesehatan vagina yang baik dipertahankan dengan memastikan Moms melakukan kebiasaan yang sehat. Ini termasuk pola makan yang sehat dan olahraga.

Salah satu aspek yang penting diketahui dalam menjaga kesehatan vagina, yaitu tentang cara cebok atau membersihkan vagina dengan benar.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Tidak Baik untuk Vagina, Lebih Baik Hindari Ya!

Cara Cebok atau Membersihkan Vagina yang Benar

membersihkan vagina-1

Menurut dr Grace Valentine, Sp.OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah, cara membersihkan vagina atau cara cebok dari arah belakang ke depan adalah cara yang tidak benar.

"Cara cebok yang salah itu dari arah belakang ke depan. Karena anus itu mengandung banyak bakteri dari feses, dan makanan yang sudah diolah tersebut mengandung bakteri E.coli," jelasnya.

"Ketika melakukan gerakan cebok dari belakang ke depan, bakteri E.coli tersebut mengenai bagian vagina depan. Apabila imunitas seorang wanita sedang dalam kondisi lemah, dampaknya pH vagina berubah dan menjadi lebih rentan mengalami keputihan yang abnormal," lanjut dr Grace.

Menurut dr Grace, cara cebok yang benar yaitu dengan melakukannya dari arah depan ke belakang. Selain itu, penting juga usai membersihkan vagina untuk dikeringkan hingga benar-benar kering.

Baca Juga: Cairan Berlebihan Keluar Dari Vagina Saat Berhubungan Intim, Wajarkah?

Cara Cebok yang Salah Bisa Menghalangi Punya Anak?

gatal vagina tiles

Jika Moms membersihkan vagina tidak dengan cara yang benar, maka akan ada beberapa risiko yang bisa memengaruhi keberhasilan untuk hamil. Hal ini karena adanya infeksi pada vagina.

"Semua infeksi yang terjadi di bagian vagina atau di kandungan itu akan mengganggu proses kehamilan. Termasuk bila ada keputihan yang abnormal karena bakteri tertentu," ungkap dokter Grace.

Ia menyebutkan, beberapa risiko karena keputihan abnormal yang terjadi yaitu seperti adanya kehamilan di luar kandungan.

"Kalau perempuan sering mengalami keputihan abnormal, ada kemungkinan saluran telurnya akan melebar. Sehingga, risiko untuk terjadi kehamilan di luar kandungan lebih tinggi. Jadi, bila ada infeksi harus diobati terlebih dahulu," lanjutnya.

Baca Juga: Benarkah Sering Memakai Parfum Wangi Bikin Susah Hamil?

Apakah Aman Cara Cebok dengan Memakai Sabun Khusus Vagina?

membersihkan vagina

Cara cebok dengan tisu wangi atau sabun khusus vagina yang beraroma mungkin digunakan untuk membuat vagina tetap wangi sepanjang hari. Tetapi, hal ini dapat mengganggu keseimbangan pH alami vagina lho, Moms!

"Aroma vagina dapat berubah pada waktu yang berbeda dari siklus reproduksi, dan tidak selalu dianggap sebagai tanda infeksi atau penyakit," kata Dr Elneil.

Sehingga, cara cebok terbaik untuk mencuci vagina cukup dengan menggunakan air dan sabun biasa. Menjadi wajar jika vagina memiliki aroma.

Bila Moms khawatir tentang aroma vagina yang mungkin dirasa tidak sedap, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Bisa jadi, Moms memiliki infeksi yang memerlukan perawatan.

Penyebab paling umum dari aroma vagina yang tidak sedap yaitu bacterial vaginosis. Kondisi ini mudah diobati dengan antibiotik, jadi temui dokter jika Moms merasa khawatir, ya.

itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui tentang cara cebok yang benar. Jangan sampai salah lagi ya!

Artikel Terkait