FASHION & BEAUTY
6 Februari 2020

3 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut

Ada berbagai cara untuk menjaga rambut secara alami
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, biasanya penggunaan minyak zaitun hanya untuk makanan. Tapi, tahukah Moms bahwa zaitun yang biasanya diimpor dari wilayah Mediterania terutama Spanyol, Yunani, dan Italia ini bisa digunakan untuk mempercepat rambut untuk panjang?

Dalam sebuah studi tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa menggunakan bahan yang berasal dari pohon zaitun dapat merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak zaitun pun dianggap sebagai bahan aktif dalam beberapa produk rambut, seperti sampo dan kondisioner.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Minyak Zaitun untuk Rambut

Jika Moms lebih suka merawat rambut dengan minyak zaitun murni, maka tak ada salahnya membuat masker DIY dari bahan tersebut.

Dilansir dari Healthline, inilah langkah-langkah untuk menggunakan minyak zaitun untuk memanjangkan rambut.

1. Masker Rambut Minyak Zaitun

minyak zaitun.jpeg

Masker rambut minyak zaitun untuk memanjangkan rambut yang pertama digunakan tanpa tambahan bahan-bahan lainnya.

  • Ukur sekitar 1/8 hingga 1/4 cangkir minyak zaitun untuk merawat seluruh kepala Moms. Perlu diketahui ukuran ini hanya perkiraan karena tidak semua minyak akan menyerap ke kulit kepala, dan folikel rambut, Moms. Sehingga, boleh ditambahkan lebih banyak.
  • Gosok kedua tangan untuk memanaskan minyak zaitun yang berada di telapak tangan
  • Pijat secara perlahan dan lembuh ke kulit kepala. Oleskan minyak ke akar rambut, tambahkan lebih banyak minyak bila rambut Moms bercabang
  • Tutup rambut dengan shower cap, dan biarkan perawatan minyak zaitun meresap ke kulit kepala. Setidaknya butuh 15 menit.
  • Terakhir, untuk mengeluarkan minyak, Moms harus keramas rambut dengan air hangat serta sampo yang digunakan.
  • Hindari air panas karena bisa merusak rambut. Perlu diingat, Moms mungkin perlu waktu lebih untuk membilas untuk menghilangkan minyak zaitun.

Baca Juga: Cara Membuat DIY Cuka Apel untuk Membasuh Rambut

2. Minyak Zaitun dan Telur

2 minyak zaitun

Moms, masker rambut minyak zaitun yang populer untuk memanjangkan rambut adalah dengan menggabungkan kuning telur. Kemudian diratakan ke kulit kepala.

Meskipun terdengar sedikit aneh, ada dasar ilmiah untuk penggunaan masker ini.

Menurut Oweth Kramer, MD, Kuning telur dipercaya untuk menstimulasi pertumbuhan rambut karena senyawa di dalamnya yang dinamai oleh para peneliti yaitu “peptide pertumbuhan rambut”.

Karena minyak zaitun mungkin memiliki sifat untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan menggunakan kedua bahan tersebut bersama-sama dapat memaksimalkan fungsinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel untuk Rambut Keriting

3. Minyak Zaitun dan Kelapa

minyak kelapa.jpg

  • Untuk menggunakan minyak rambut minyak zaitun untuk memanjangkan rambut, ambil 20 hingga 30 ml dalam mangkuk dan tambahkan sekitar 10 ml minyak kelapa ke dalamnya.
  • Hangatkan campuran ini dalam microwave, sambil memastikan tidak terlalu panas. Minyak harus cukup hangat untuk disentuh.
  • Bagi rambut Moms menjadi beberapa bagian dan oleskan minyak hangat dengan lembut dengan ujung jari ke kulit kepala. Lanjutkan prosedur ini, pindah dari bagian ke bagian sampai seluruh kulit kepala telah tertutup.
  • Ambil lebih banyak minyak di telapak tangan Moms dan oleskan dengan lembut minyak dari akar ke ujung sambil memegang setiap bagian secara terpisah.
  • Rendam handuk dalam air panas dan peras airnya. Suhu handuk seharusnya tidak terlalu panas.
  • Bungkus handuk ini di sekitar rambut Moms dan biarkan selama sekitar dua puluh menit. Ini tidak hanya untuk penyerapan minyak yang lebih baik tetapi juga akan meningkatkan sirkulasi darah di seluruh kulit kepala.
  • Selama musim panas, kenakan shower cap setelah meminyaki rambut dan membiarkannya selama tiga puluh menit akan memberikan kehangatan yang cukup untuk kulit kepala.
  • Cuci rambut Moms dengan sampo yang lembut. Moms juga dapat menggunakan sampo bayi karena dianggap sangat ringan.
  • Ulangi prosedur ini sekali atau dua kali seminggu selama beberapa bulan untuk menyaksikan hasil terbaik.

Baca Juga: Intip Yuk Cara Cepat Memanjangkan Rambut dengan Lidah Buaya

Beberapa bumbu dan rempah-rempah juga bisa meningkatkan efek masker rambut minyak zaitun.

Satu sendok teh biji fenugreek, bila ditambahkan ke minyak zaitun dan dipanaskan dengan lembut, membuat ramuan kuat yang mencegah ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selamat mencoba di rumah Moms!

(WAR/ERW)

Artikel Terkait