KESEHATAN
1 Februari 2018

Bagaimana Cara Diet yang Baik dan Aman untuk Ibu Menyusui?

Moms harus tahu cara diet yang aman supaya tidak memengaruhi produksi ASI.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Umur saya 26 tahun dan sedang menyusui. Berat badan 70 kg tinggi 160 cm. Saya ingin diet karena sepertinya sudah kelebihan berat badan. Bagaimana diet yang baik tapi tidak mempengaruhi produksi ASI?

Jawab:

Diet yang baik pada ibu menyusui adalah dengan penurunan berat badan secara bertahap, yang dapat dicapai dengan makanan rendah lemak dan dipadukan dengan olahraga teratur dalam batas wajar.

Sebenarnya, kegiatan menyusui sendiri membantu membakar lemak yang tersimpan selama kehamilan. Sehingga, umumnya kebanyakan ibu yang aktif menyusui dapat menurunkan 0.5kg setiap bulannya hanya dengan menyusui saja.

Penting untuk juga diketahui bahwa penurunan berat badan kembali seperti sebelum kehamilan dibutuhkan waktu yang lama, dapat memakan waktu hingga 1 tahun.

Baik untuk mengkonsumsi air putih karena penting untuk produksi ASI. Sumber yang lain, misalnya dari buah-buahan dan sayuran.

Mengenai jenis makanan untuk diet, dapat mencoba gandum atau sereal sebagai sumber karbohidrat, buah-buahan dan sayuran segar, serta makanan yang tinggi protein, kalsium, dan zat besi.

Sumber protein dapat berasal dari hewani atau pun nabati, misalnya daging ayam tanpa kulit, tahu rebus, susu kedelai. Kurangi makanan berlemak atau pun yang digoreng apabila penurunan berat badan ingin dicapai dengan baik. Untuk kudapan sehat, Anda dapat mengkonsumsi yoghurt.

Dijawab oleh dr. Alan Goni

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait