KELUARGA
11 Juli 2019

5 Cara Fokus Bekerja Meski Rumah Tangga sedang Bermasalah

Bersedih itu wajar, namun jangan sampai berlarut-larut ya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Carla Octama

Kehidupan rumah tangga adalah hal penting yang harus kita jaga keharmonisannya agar terhindar dari berbagai macam masalah.

Diperlukan kerjasama yang baik antara ayah dan ibu untuk sama-sama menjaga kehidupan rumah tangga agar tetap baik-baik saja.

Namun kita tidak bisa memprediksi jika ada masalah yang mungkin datang secara tiba-tiba. Kehidupan rumah tangga yang awalnya baik-baik saja, bisa diterjang badai hingga mungkin akhirnya berujung perceraian.

Padahal sebagai seorang wanita karir, kita harus tetap profesional bekerja meski sedang dilanda masalah rumah tangga. Namun, terkadang fokus kita menjadi terpecah akibat hal ini.

Nah, agar Moms bisa fokus bekerja, tips-tips di bawah ini bisa dicoba. Yuk cari tahu, Moms.

Baca Juga: 4 Dampak Perceraian Pada Anak, Salah Satunya Gangguan Mental

1. Beri Ruang untuk Bersedih

fokus bekerja saat bercerai

Foto: handinhandparenting.org

Sangat wajar saat akan bercerai, kita merasakan kesedihan yang amat sangat, apalagi jika rumah tangga sudah berjalan begitu lama.

Berbagai memori akan kenangan-kenangan yang menyenangkan saat pernikahan akan mendadak muncul memenuhi pikiran.

Jangan pernah memendamnya, biarkan emosi tersebut keluar secara alami, dengan begitu Moms akan lebih mudah melanjutkan pekerjaan nantinya di kantor.

Coba ambil waktu libur atau cuti pribadi untuk beristirahat, sekedar berjalan-jalan dengan anjing-anjing kesayangan, atau bahkan hanya menangis dan bersedih.

Ruang untuk sendiri itu penting agar kita bisa fokus bekerja saat akan bercerai.

2. Selalu Bersyukur

Jangan menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Jadilah orang yang selalu optimis dan positif menghadapi segala masalah.

Meskipun sulit melihat kebaikan dari perceraian yang mungkin Moms alami, tetap bersyukur atas apa yang terjadi.

Masih banyak rasa perhatian yang kita dapatkan dari orang-orang di sekitar kita. Misalnya dari sahabat yang bertanya kabar, mendapat tawaran bisnis dari klient baru, dan masih banyak lagi.

Nikmati segala kebaikan yang datang dan selalu mengucap syukur.

Baca Juga: 5 Cara Mengajari Anak untuk Bersyukur

3. Jangan Ragu untuk Meminta Bantuan

fokus bekerja saat bercerai

Foto: englishlive.ef.com

Terkadang kita gengsi untuk meminta bantuan pada orang lain. Padahal hal ini bisa sangat berguna, apalagi saat sedang bersedih.

Perlu disadari, terkadang orang lain bisa sangat berjasa untuk menolong kita menghadapi segala masalah yang sedang kita hadapi.

4. Fokus pada Satu Hal dalam Satu Waktu

Mencoba untuk fokus bekerja saat akan bercerai memang sulit. Kita akan tenggelam dalam berbagai emosi yang dirasakan, sata mencoba untuk fokus bekerja dan merawat anak-anak.

Bahkan daftar pekerjaan yang sudah dibuat, terkadang berantakan akibat hal ini. Solusinya, cobalah membuat daftar tugas harian Moms, da coba kerjakan semuanya dengan sebaik mungkin.

Mungkin tidak bisa selesai tepat waktu, namun setidaknya kita sudah berusaha untuk melakukan yang terbaik. Itu yang terpenting.

Baca Juga: 8 Tips Mengasuh Anak Bersama Mantan Pasangan Setelah Bercerai

5. Mulailah Mencintai Diri Sendiri

fokus bekerja saat bercerai

Foto: hellosehat.com

Daripada hanya menyalahkan diri sendiri, Moms bisa mencoba mencari kegiatan yang dapat membuat diri menjadi lebih bahagia. Misalnya dengan mengikuti kelas yoga, melakukan me time dengan nonton dibioskop sendiri.

Bisa juga dengan melakukan perawatan diri seperti creambath atau pijat badan yang tentunya akan membantu relaksasi.

Itulah beberapa cara untuk fokus berkerja saat akan bercerai yang mungkin bisa Moms coba. Ingat untuk tetap bersyukur dan jangan menyalahkan diri sendiri ya.

Artikel Terkait