FASHION & BEAUTY
16 Oktober 2017

Cara Gampang dan Hemat Uang Bersihkan Sendiri AC di Rumah

Jika tak dirawat dan dibersihkan dengan rutin, udara yang dikeluarkan AC picu gangguan pernapasan
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Pendingin ruangan ataua AC (air conditioner) tentu jadi barang elektronik yang kita gunakan sehari-hari di rumah. Namun, AC yang tidak dirawat secara berkala dan saksama dapat menjadi polusi udara bagi penghuninya sehingga menyebabkan beberapa jenis penyakit, seperti penyakit pada saluran pernapasan.

Hal ini disebabkan karena pendingin ruangan yang kotor dapat menyimpan berbagai virus dan bakteri yang kemudian disebarkan kembali ke seluruh ruangan sehingga masuk melalui indra penciuman.

Fakta ini diperkuat dari hasil penelitian dari United State Environment Protection Agency (US EPA) bahwa polusi dalam ruang bisa 2 hingga 5 kali lebih tinggi dibandingkan polusi luar ruang. Polusi ini juga jadi 1 dari 5 besar polusi yang berisiko mengancam kesehatan manusia.

Untuk itu diperlukan pembersihan AC secara rutin. Dan sebenarnya, kita sendiri pun bisa, lo, membersihkan AC tanpa memanggil penyedia jasa layanan. Selain umur pakai lebih hemat, umur pakai AC juga lebih panjang dan tak mudah rusak.

Nah, secara umum ada 2 proses pembersihan AC, yaitu “Kecil” dilakukan untuk unit bagian dalam (indoor), misalnya filter dan penutup air conditioner, dan yang “Besar” mencakup komponen Indoor (evaporatornya) dan bagian luar (outdoor).

Pembersihan kecil bisa dilakukan sesering mungkin, misalnya dua minggu sekali. Sedangkan, pembersihan besar cukup dilakukan tiga bulan sekali.

Jika Mama ingin mencobanya, berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kuas ukuran sedang, sikat gigi yg tidak terpakai.
  • Obeng + (plus),- (Min)
  • Selang air (kalau ada), gayung, ember, deterjen pencuci pakaian.
  • Lakban (untuk menutup saklar listrik yang terbuka)
  • Sebelum membersihkan Indoor dan Outdoornya matikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan AC tersebut.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Bersihkan Alat Dapur

Ikuti langkah-langkah pengerjaan outdoor berikut ini:

  • Pakai kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi pendingin (yang berbentuk seperti radiator mobil). Pakailah sikat gigi untuk membersihkan di tempat yang sempit dan kuas tidak menjangkau area itu. Saat membersihkan untuk tahap awal ini kita tidak perlu air dan detergen. Langkah ini tidak di wajibkan membersihkan dari dalam karena debu yang menempel itu hanya luarnya saja dan membersihkan dari dalam di langkah berikutnya yang perlu detergen dan air.
  • Siapkan ember plastik (bak plastik) dan detergen, penuhilah air dan tuangkan detergen secukupnya (setengah genggam tangan orang dewasa).
  • Buka penutup outdoor yang terbuat dari plastic yang dikait oleh 2 baut (tergantung dari merk AC). Ambil gayung,dan isi air dari bak tadi dengan ¼ air saja berkali kali, kemudian:
  • Siramkan ke kisi-kisi AC dari sisi depan tanpa perlu melepaskan Fan-nya (kipas). Apabila dianggap mengganggu silakan dilepas tetapi jangan sampai ketinggalan atau ada baut yang hilang karena akan mengurangi kinerja AC. Siramlah dengan cara mengayunkan tangan agak kuat (pengganti dari mesin penyemprot yang dipakai oleh jasa pembersih AC). Siramlah dari sela-sela fan ke arah depan dan ke arah kiri, jangan menyiram kearah terlalu kana karena boks yang dilindungi oleh plat seng itu adalah mesin kompressor (kalau di kipas angin namanya Dinamo). Ulangi sampai benar-benar air yang menetes ke bawah menjadi bening dan tidak bercampur dengan kotoran seperti penyiraman pertama. Proses ini memerlukan air sebanyak 3 kali ember ukuran sedang. Dan perlu diingat, untuk penyiraman terakhir jangan memakai detergen agar tidak menimbulkan karat. Apabila sudah bersih pasang lagi kisi plastik yang melindungi Fan (kipas) dan diamkan sampai benar-benar kering sekitar 2 jam.

Baca Juga: Cara Membersihkan Sisir dengan Tepat

Membersihkan AC bagian indoor :

  • Sebelum membersihkan AC bagian indoor dengan memakai air dan detergen, terlebih dahulu lepas saklar yang menghubungkan sumber listrik. Kemudian, tutup saklar dengan lakban atau sejenisnya, untuk menghindari percikan air masuk ke lubang tersebut
  • Buka penutup AC yang dikaitkan dengan 2 baut dengan obeng +(plus). Sebelum membuka baut buka terlebih dahulu penutup baut dengan cara mencongkel dengan obeng –(min). Setelah itu, tarik ke atas perlahan-lahan. Biasanya ada pengunci tanpa baut yang mengangkut ditutupnya itu.
  • Apabila penutupnya sudah terbuka, lepas kabel/soket yang menghubungkan Swing / pengarah angin. Selanjutnya tarik Swing ke depan perlahan-lahan. Apabila sudah terbuka swingnya kita mulai membersihkan AC tersebut.
  • Bersihkan debu yang menempel di kisi-kisi pendingin tersebut dengan kuas. Apabila susah dijangkau dengan kuas pakailah dengan sikat gigi tanpa memakai air terutama Roller Fan (kipas berbentuk bulat yg terbuat dari plastik yang menghasilkan angin). Untuk membersihkannya kita perlu alat tambahan berupa Cutter / pisau kecil untuk membuang debu yang lengket di roller fan tersebut.
  • Tutup MCB/control panel/mesin pengontrol memakai plastik atau sejenisnya agar lebih aman dari percikan air yang terletak sebelah kanan kisi pendingin. Karena dari alat itulah semua proses pendinginan, remote control dll diletakkan.
  • Mulailah dengan menyiramnya seperti langkah-langkah membersihkan AC bagian outdoor di atas. Apabila sudah bersih, pasang kembali Swing Fan terlebih dahulu baru penutup luarnya (cover AC).
  • Tunggulah 2 jam atau lebih untuk menyalahkan AC, semakin lama semakin baik. Untuk penyalaan pertama posisikan remote ke posisi FAN jangan ke posisi COOL, DRY, atau AUTO. Ini dimaksudkan untuk menghilangkan air yang masih tersisa di dalamnya, 10 menit kemudian baru bisa diubah ke posisi yang diinginkan.

(HEI)

Artikel Terkait