KESEHATAN
20 September 2019

7 Cara Hidup Sehat Supaya Umur Panjang

Ingin umur panjang? Lakukan cara ini untuk mendapatkannya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Melihat anak tumbuh dewasa, berkeluarga, dan melahirkan cucu, mungkin adalah salah satu cita-cita yang ingin kita lewati. Untuk itu, kita memerlukan umur yang panjang agar bisa menikmati momen-momen tersebut.

Tentu di usia tua nanti, kita ingin selalu sehat supaya dapat melewati momen bersama keluarga dengan hati yang senang, tubuh yang kuat, dan tidak merepotkan.

Menjadi sehat, tidak dapat dilakukan tanpa perjuangan. Banyak hal yang perlu dilakukan sejak muda. Nah, ini dia tips umur panjang yang bisa Moms coba!

1. Menjauhi Karsinogen

Listicle 1 (1).jpg

Tips umur panjang yang pertama adalah menghindari karsinogen, karena zat ini dapat menyebabkan kanker.

Untuk menjauhi karsinogen, cukup hindari 2 hal yang paling berbaya. Jangan merokok dan terlalu banyak terkena paparan sinar matahari.

“Untuk memproduksi vitamin D yang baik bagi tubuh, cukup berada di bawah sinar matahari sekitar 15-30 menit satu hari,” ungkap Jyotir Jani, M.D,Dokter Layanan Primer di Piedmont Healthcare.

“Tentunya berada di bawah sinar matahari yang dimaksud adalah terkena paparan sinar dengan pakaian normal, bukan sunbathing,” tambahnya.

2. Ubah Pola Makan

Listicle 2 (1).jpg

Memiliki tubuh yang sehat, perlu mengubah pola makan yang sehat pula. Kurangi karbohidrat, perbanyak protein dan sayuran hijau.

Konsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti teh hijau, dark chocolate, atau minuman beralkohol seperti red wine.

Di samping itu, minum cukup air dalam satu hari ya Moms! Tips umur panjang ini juga sangat diperlukan untuk menjaga metabolisme tubuh tetap stabil.

Baca Juga: Ikuti 4 Gaya Hidup Sehat Ini Agar Terhindar dari Obesitas

3. Olahraga Teratur

Listicle 3.jpeg

Jika ingin memiliki umur panjang, terdapat studi yang menyatakan rutinlah berolahraga lari.

Orang yang rutin lari, mengurangi 25-40% risiko kematian dan hidup 3 tahun lebih panjang.

“Olahraga jogging membantu menjaga gula darah tetap normal. Di mana hal itu penting untuk membuat ginjal, mata, syaraf, dan pembuluh darah tetap sehat,” ungkap Jennifer Kuca Hopper, M. S, seorang Ahli Fisiologi di Piedmont Healthcare.

Jogging juga dapat menjaga tekanan darah tetap normal, meningkatkan kapasitas paru-paru, menghilangkan stres, dan meningkatkan kepadatan tulang,” tambahnya seperti dikutip pada Reader's Digest.

4. Kurangi Stres

Listicle 4 (1).jpg

Meski hal ini memang sulit dilakukan, terutama untuk kita manusia yang masih diberikan akal sehat dan pikiran, cobalah untuk tetap menguranginya.

Moms bisa mengurangi stres dengan cara lebih sering pergi piknik atau berlibur, melakukan hobi yang disukai, memiliki pasangan hidup, dan yang terpenting adalah memiliki tujuan hidup.

Dengan memiliki tujuan hidup, Moms jadi memiliki alasan untuk berumur panjang demi mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: 7 Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Kolesterol

5. Tidur Berkualitas

Listicle 5 (1).jpg

Banyak orang saat ini mengeluh kurang tidur karena banyaknya kegiatan atau banyaknya hal yang dipikirkan.

Tapi tahukah Moms? Yang membuat tubuh kita sehat bukan lamanya jam tidur melainkan kualitas tidur kita.

Kebanyakan orang sudah tidur cukup lama, tapi masih terus merasa lelah dan tidak merasa cukup tidur.

Hal itu karena sebelum tidur banyak hal yang dipikirkan dan membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak.

Coba rutin lakukan yoga, untuk melatih keseimbangan tubuh dan pikiran. Dengan rutin berlatih, Moms bisa mengatur pikiran dan tidur lebih nyenyak.

6. Berhubungan Seks

Ini Waktu Seks yang Tepat untuk Cepat Hamil

Menurut James Dewar, M.D, Kepala Bagian Obat-obatan di Universitas Pittsburgh Medical Center, orang yang aktif melakukan hubungan seks terbukti hidup lebih lama.

Penelitian telah membuktikan aktif berhubungan seks memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Salah satunya adalah melepaskan hormon oksitosin (hormon yang membuat bahagia), mengurangi stres, menekan tekanan darah, dan membantu tidur nyenyak.

Studi lain juga membuktikan, mengalami orgasme juga mengurangi risiko terkena kanker prostat.

7. Berpikir Positif

Listicle 7.png

Dilansir dari Reader's Digest, baru-baru ini terdapat studi dari Harvard, meneliti bagaimana tingkat keoptimisan berpengaruh terhadap masalah kesehatan.

Mereka menemukan orang yang optimis memiliki risiko kematian akibat kanker 16% lebih rendah, kematian akibat jantung dan pernapasan 38% lebih rendah, serta meninggal akibat stroke 39% lebih rendah.

Baca Juga: Penuhi Gizi Ibu Hamil Agar Tak Alami Obesitas

Para peneliti percaya bahwa memiliki pikiran positif membuat seseorang cenderung juga memiliki kebiasaan sehat seperti berolahraga, dan makan makanan yang sehat. Nah, dari 7 point di atas apa ada yang sudah Moms jalani saat ini?

(DH)

Artikel Terkait