KEHAMILAN
17 Juni 2020

Asmirandah Keluhkan Cepat Capek saat Hamil, Ini 5 Cara Ibu Hamil Menjaga Stamina

Asmirandah sedang hamil anak pertamanya bersama suami, Jonas Rivanno.
placeholder

Foto: instagram.com/asmirandah89

placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Kabar gembira datang dari artis sinetron ternama, Asmirandah.

Perempuan berusia 30 tahun itu diketahui sedang hamil anak pertamanya bersama suami, Jonas Rivanno.

Kabar bahagia tersebut diumumkan oleh Asmirandah pada akun Instagram pribadinya @asmirandah89.

Setelah penantian selama 7 tahun pernikahan, tentu kehamilan ini menjadi momen bahagia sekaligus mengharukan bagi Asmirandah dan Jonas.

Berbeda dengan sebelum hamil, Asmirandah mengeluh mudah lelah dan stamina cepat menurun.

Hal ini tentu wajar, mengingat perubahan hormon dan bentuk tubuh menjadi salah satu penyebab stamina ibu hamil cepat menurun dan mudah lelah.

Baca Juga: Jaga Stamina Saat Puasa dengan 4 Tips Mudah Ini!

Cara Menjaga Stamina Ibu Hamil

Apa yang dirasakan oleh Asmirandah ini tentu juga dialami oleh sebagian ibu hamil.

Stamina yang kuat sangat diperlukan oleh tubuh terutama ketika hamil semester pertama.

Sebab, stamina yang kuat janin di dalam kandungan juga akan sehat. Berikut ini lima cara menjaga stamina bagi ibu hamil agar tidak mudah lelah.

1. Perhatikan Asupan Makanan

asmirandah keluhkan cepat capek saat hamil, ini xx cara ibu hamil menjaga stamina

Foto: Orami Photo Stocks

Ya, ngidam saat hamil adalah hal yang nyata dan dialami oleh sebagian ibu hamil. Meskipun sedang ngidam makanan, namun Moms juga harus memperhatikan asupan nutrisi pada makanan tersebut agar tubuh sehat dan stamina terjaga.

Pastikan makanan tersebut mengandung protein tinggi, seperti ayam, ikan dan kacang-kacangan.

Jika makanan itu adalah junk food, Moms bisa mengganti isiannya menjadi lebih sehat atau membuatnya sendiri di rumah.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi akan membuat Moms kenyang lebih lama sehingga mengurangi keinginan untuk mengkonsumsi makanan rendah nutrisi dan berlemak jahat yang tak baik untuk kesehatan tubuh saat hamil.

Selain itu, Moms juga harus memastikan si buah hati yang ada dalam kandungan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan seperti kalsium, zat besi, dan folat.

Baca Juga: Berapakah Takaran Kopi untuk Ibu Hamil?

2. Hilangkan Perasaan Cemas

asmirandah keluhkan cepat capek saat hamil, ini xx cara ibu hamil menjaga stamina

Foto: Orami Photo Stocks

Kekhawatiran mengenai banyak hal seperti apakah Moms akan menjadi ibu yang baik dan pikiran-pikiran lainnya tentu membuat emosi dan mood naik turun.

Hal ini juga bisa jadi penyebab stamina menurun. Disarankan untuk mengistirahatkan pikiran dengan cara bermeditasi selama 10 hingga 15 menit tidur.

Aktivitas ini berguna untuk menenangkan pikiran dari kecemasan berlebihan.

Selain itu, Moms juga bisa ikut perkumpulan ibu-ibu hamil untuk memperoleh dukungan dan sebagai teman cerita.

Dan yang terpenting ialah perasaan rileks sebelum tidur dan temukan kedamaian mental juga emosional.

Jangan sampai tenaga dan stamina Moms terkuras hanya untuk memikirkan kecemasan. Istirahat yang cukup untuk memperoleh stamina yang Moms dan si bayi butuhkan.

3. Berolahraga Teratur

asmirandah keluhkan cepat capek saat hamil, ini xx cara ibu hamil menjaga stamina

Foto: Orami Photo Stocks

Olahraga tak hanya dilakukan oleh mereka yang tidak hamil, namun ibu hamil juga butuh bergerak dan berolahraga secara teratur.

Lakukan olahraga minimal 1 hari sekali selama masa kehamilan. Hal itu bisa berupa berjalan kaki menuju restoran makan siang, berenang di pagi hari, atau peregangan di atas matras dan yoga.

Jika suatu hari Moms tidak bisa berolahraga karena padatnya jadwal, Moms tidak perlu khawatir atau menyalahkan diri sendiri.

Moms bisa memulai lagi keesokan harinya. Olahraga terbukti bisa membuat ibu hamil memiliki stamina yang baik dan kualitas tidur yang lebih nyenyak. Selain itu, olahraga juga membuat ibu hamil merasa lebih siap menghadapi persalinan.

Meski begitu, ada beberapa aktivitas olahraga yang perlu Moms hindari saat hamil yakni olahraga yang berisiko terjatuh seperti panjat tebing dan lainnya.

Moms juga harus hati-hati dengan aktivitas yang melibatkan ketinggian.

Moms harus ingat, tujuan olahraga adalah untuk menjaga stamina diri sendiri, tidak untuk membuat orang lain terkesan atau memecahkan rekor apapun.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Atasi Cedera Saat Olahraga Setelah Melahirkan

4. Batasi Konsumsi Gula

asmirandah keluhkan cepat capek saat hamil, ini xx cara ibu hamil menjaga stamina

Foto: Orami Photo Stocks

Menyantap makanan manis saat hamil adalah hal yang paling menyenangkan. Namun, menurut penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Preventive Medicine berjudul Associations of Prenatal and Child Sugar Intake With Child Cognition, dijelaskan bahwa konsumsi gula berlebihan pada ibu hamil bisa mempengaruhi kecerdasan dan memori anak.

Membatasi konsumsi gula dan menggantinya dengan alternatif gula rendah lemak atau kalori dan gula alami yang berasal dari buah-buahan adalah cara alternatif untuk mengurangi konsumsi gula saat hamil.

Selain itu, pilih bahan makanan yang tidak mengalami prose masak berulang-ulang seperti donat. Ingat ya Moms, ini bukan berarti Moms tidak boleh mengonsumsi gula, namun menciptakan kebiasaan ngemil yang lebih bijaksana.

5. Jangan Sampai Dehidrasi

asmirandah keluhkan cepat capek saat hamil, ini xx cara ibu hamil menjaga stamina

Foto: Orami Photo Stocks

Tetap terhidrasi selama masa hamil adalah hal yang penting. Air minum memainkan peran penting untuk perkembangan si kecil sekaligus membantu pembentukan plasenta dan kantung ketuban.

Sebaliknya, dehidrasi bisa menyebabkan masalah kehamilan. Sehingga pastikan Moms membawa botol minum kemanapun Moms pergi.

Menurut jurnal penelitian oleh Institute of Medicine berjudul Dietary Reference Intakes for Water, Potassium, Sodium, Chloride, and Sulfate, merekomendasikan untuk mengonsumsi 10 gelas atau setara dengan 2,3 liter air per hari untuk ibu hamil.

Jika Moms bosan dengan rasa air putih, bisa membuat infuse water dengan mencelupkan potongan mentimun, stroberi, lemon, dan jeruk nipis. Pastikan untuk selalu terdehidrasi agar stamina tetap terjaga dan terhindar dari sembelit.

Berkaca dari keluhan Asmirandah, itulah lima tips untuk menjaga stamina saat hamil. Kira-kira hal apa saja yang sudah Moms lakukan untuk menjaga stamina saat hamil?

Artikel Terkait