NEWBORN
8 Oktober 2019

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mencegah Flu Pada Bayi

Selalu jaga kebersihan agar Si Kecil tidak tertular penyakit
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Flu merupakan infeksi pada hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang disebabkan oleh virus influenza. Ada banyak tipe virus influenza yang berbeda setiap tahunnya.

Anak-anak di bawah 5 tahun, terutama yang masih berusia kurang dari 2 tahun berisiko mengalami komplikasi serius saat terkena flu. Itulah mengapa sangat penting untuk mencegah bayi terkena flu.

Tetapi bagaimana cara yang baik dan benar dalam mencegah flu pada bayi? Temukan langkah-langkahnya dalam pembahasan di bawah ini!

1. Jaga Kebersihan

shutterstock 260417144b

Jaga kebersihan dengan baik untuk mencegah bayi terkena flu. Cuci tangan Moms, pengasuh, dan anggota keluarga lainnya yang bersentuhan dengan Si Kecil menggunakan sabun dan air hangat.

Saat berada di luar rumah yang sulit menemukan air dan sabun, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol.

Tutup hidung dan mulut menggunakan tisu saat bersin atau batuk, kemudian langsung buang tisu tersebut ke tempat sampah. Hindari menyentuh hidung, mata, dan mulut Moms.

Bersihkan lantai kamar mandi dan dapur, serta mainan Si Kecil sesering mungkin menggunakan pembersih yang mengandung desinfektan.

Sebisa mungkin, jauhkan bayi dari penderita flu atau orang yang sedang sakit. Tidak peduli seberapa waspadanya Moms, Si Kecil bisa saja terinfeksi virus.

Baca Juga: Kenali, Atresia Esofagus, Salah Satu Penyebab Bayi Sulit Menyusu

2. Tingkatkan Kekebalan Tubuh Si Kecil dengan Imunisasi

shutterstock 455879767

Vaksin flu merupakan perlindungan wajib bagi bayi terhadap flu. Jika bayi berusia minimal 6 bulan, maka ia harus mendapatkan vaksin flu setiap tahun.

Sementara bayi yang lebih muda dari 6 bulan masih belum boleh mendapatkan vaksin flu, meskipun berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi berat terkait flu.

Bukan hanya Si Kecil, Moms, pengasuh, dan anggota keluarga lainnya juga perlu mendapatkan vaksin flu setiap tahunnya. Sehingga potensi penyebaran virus flu yang dapat menyerang si kecil semakin berkurang.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

3. Perhatikan Asupan Nutrisi Si Kecil

shutterstock 611210294

Cegah flu pada bayi yang sudah berusia 6 bulan dengan menjaga asupan nutrisi Si Kecil. Untuk asupan makanan yang sehat, Dr. Sears merekomendasikan memberikan makanan anak-anak yang dikemas dengan fitonutrien.

Jenis makanan apa saja yang mengandung fitonutrien? Beberapa diantaranya adalah buah-buahan dan sayuran yang berwarna gelap, seperti tomat, bayam, ubi jalar, dan blueberry.

American Academy of Pediatrics (AAP) juga merekomendasikan suplemen vitamin D untuk anak-anak hingga usia 18 tahun untuk membantu mendapatkan 4 IU yang direkomendasikan per hari.

Vitamin D dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dan dapat ditemukan dalam makanan seperti susu, telur, yogurt, maupun paparan sinar matahari pagi.

4. Ajak Si Kecil Tetap Aktif

shutterstock 163755962

Bergerak aktif bukan hanya baik bagi tumbuh kembang, tapi juga baik dalam membantu mencegah bayi terkena flu.

Ray Sahelian, M.D., seorang dokter keluarga sekaligus penulis The Common Cold Cure, mengatakan bahwa olahraga teratur dan bergerak secara aktif dapat membantu mencegah penularan flu.

Baca Juga: Bayi Pilek? Segera Tangani Dengan Cara Ini

5. Tidur Cukup dan Berkualitas

shutterstock 110949800

Michael Bonnet, Ph.D., direktur di sebuah laboratorium yang melakukan penelitian terkait aktivitas tidur, di Dayton Department of Veterans Affairs Medical Center, mengatakan bahwa beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat membatasi aktivitas sel darah putih, yang membantu membunuh penyakit.

Oleh karena itu, pastikan bayi tidur sebagaimana yang disarankan. Di mana normalnya bayi membutuhkan sekitar 14 jam untuk tidur, sedangkan balita membutuhkan sekitar 13 jam per hari.

Itulah beberapa cara untuk mencegah bayi terkena flu. Ternyata bukan tindakan yang sulit untuk dilakukan ya Moms.

Selama ini tindakan pencegahan apa saja yang sudah Moms lakukan demi melindungi bayi dari serangan flu?

(RGW)

Artikel Terkait