COVID-19
2 Oktober 2020

Banyak Orang Obesitas Terinfeksi COVID-19, Ini 5 Cara Kurus Saat Pandemi yang Bisa Dilakukan

Jaga tubuh tetap bugar ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Penelitian oleh Ahmed M. Abbas yang diterbitkan dalam jurnal Obesity Medicine, mengungkapkan bahwa orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan juga rentan terinfeksi COVID-19.

Dalam penelitian pada 26 Agustus di Obesity Reviews, tim peneliti internasional mengumpulkan data dari sejumlah makalah telaah sejawat yang menangkap 399.000 pasien.

Mereka menemukan bahwa orang dengan obesitas yang tertular SARS-CoV-2 dan dirawat di rumah sakit, 113% lebih mungkin daripada orang dengan berat badan sehat, 74% lebih mungkin untuk dirawat di ICU, dan 48% lebih mungkin untuk meninggal.

Lalu, adakah tips kurus saat pandemi COVID-19 sekaligus mencegah risiko obesitas? Cari tahu jawabannya berikut ini.

Baca Juga: Protokol Kesehatan Lengkap dari dr. Reisa untuk Moms yang Bekerja di Kantor

5 Cara Agar Kurus COVID-19 dan Cegah Obesitas

Bobot tubuh yang meningkat selama COVID-19 merupakan tantangan bagi masyarakat terutama mereka yang kesehariannya bekerja dan beraktivitas di rumah saja.

Nah, agar tidak kebablasan menjadi obesitas dan bobot tubuh tetap ideal, berikut ini lima cara kurus saat pandemi COVID-19.

1. Pastikan Tubuh Selalu Terdehidrasi

cara kurus saat pandemi-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam hal penurunan berat badan, apa yang diminum saat beraktivitas sama berpengaruhnya dengan apa yang dimakan.

Soda, teh manis, dan minuman olahraga biasanya sarat dengan gula tambahan dan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin dan mineral.

Minuman ini tidak hanya meningkatkan asupan kalori saja Moms, tetapi juga risiko kenaikan berat badan. Sebaliknya, minum lebih banyak air agar terasa lebih kenyang, sehingga mengurangi asupan kalori harian.

Sebuah penelitian dalam jurnal Circulation yang dilakukan terhadap 24 orang dewasa dengan kelebihan berat badan dan obesitas menunjukkan bahwa minum 16,9 ons (500 mL) air sebelum sarapan mengurangi jumlah kalori yang dimakan saat sarapan sebesar 13 persen.

Minum air putih dapat menjadi cara kurus saat pandemi yang tentunya perlu dilakukan.

2. Lakukan Aktivitas Fisik

77% pasien covid-19 obesitas, ini xx cara sehat punya tubuh lebih ramping di masa pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun saat ini tidak memungkinan untuk olahraga di gym, tapi bukan berarti hal itu bisa Moms jadikan alasan untuk tidak berolahraga.

Masukkan rutinitas fisik seperti jalan-jalan pagi sambil berjemur, push up, angkat beban, atau yoga secara online ke dalam aktivitas harian Moms sebagai cara kurus saat pandemi COVID-19.

Latihan interval intensitas tinggi (HIIT), yoga, aerobik, dan pilates adalah beberapa latihan yang dapat dilakukan hampir di mana saja dengan peralatan sederhana atau tanpa peralatan.

Aktivitas ini tidak hanya membakar kalori ekstra untuk mencegah penambahan berat badan, tetapi juga membantu mengelola stres dan kecemasan.

Baca Juga: Obesitas Bisa Memperburuk Infeksi COVID-19, Ini Penjelasannya

3. Menyetok Persediaan Makanan Sehat

77% pasien covid-19 obesitas, ini xx cara sehat punya tubuh lebih ramping di masa pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Diet atau menjaga pola makan tetap sehat akan lebih mudah dilakukan apabila Moms mengisi dapur dan kulkas dengan persediaan makanan sehat dan bernutrisi tinggi seperti buah hingga sayuran.

Sebaliknya, jika dapur atau kulkas diisi oleh makanan junk food maka secara otomatis meningkatkan risiko makan berlebihan dan tidak sehat.

Pastikan saat Moms berbelanja ke pasar, isi keranjang atau tas bawaan dengan makanan berserat tinggi, bernutrisi dan penuh vitamin. Mulai dari buah, sayur, biji, dan kacang sebagai cara kurus saat pandemi, ya.

4. Hindari Konsumsi Alkohol

77% pasien covid-19 obesitas, ini xx cara sehat punya tubuh lebih ramping di masa pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Medical Daily, jika Moms atau anggota keluarga lainnya memiliki permasalahan dengan kecanduan alkohol, maka sebaiknya mulai dihindari. Misalnya, menentukan hari bebas alkohol setiap minggu.

Dengan mengurangi konsumsi alkohol, maka akan memperbaiki kualitas tidur dan mengurangi asupan kalori serta gula. Direkomendasikan untuk menerapkan hari bebas alkohol selama lima hari setiap minggunya untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: 9 Diet Sehat untuk Merencanakan Kehamilan

5. Buat Jadwal dan Usahakan Disiplin

77% pasien covid-19 obesitas, ini xx cara sehat punya tubuh lebih ramping di masa pandemi

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Healthline, membuat jadwal dan mematuhinya adalah cara yang bagus untuk membangun kebiasaan sehat sekaligus menciptakan rasa kenormalan, ini juga menjadi cara kurus saat pandemi COVID-19.

Tetapkan kapan bangun tidur, kapan harus olahraga, dan kapan harus makan. Selain itu, Moms juga bisa mencoba merencanakan menu makanan selama seminggu agar tidak kebingungan dengan menu makanan setiap harinya.

Selain itu, pastikan untuk memasak sendiri makanan di rumah agar lebih hemat dan sehat. Menariknya, penelitian mengaitkan perencanaan makan dengan peningkatan kualitas makanan, peningkatan variasi makanan, dan berat badan rata-rata

Itulah lima cara kurus saat pandemi dan terhindar dari obesitas selama pandemi COVID-19. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan melaksanakan protokol kesehatan ya, Moms.

Artikel Terkait