KELUARGA
3 April 2020

Lindungi Keluarga di Tengah Pandemi COVID-19 dengan 5 Cara Mudah Ini

Tetap waspada meski di rumah ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Penyebaran virus corona (COVID-19) terus meluas dan menginfeksi banyak orang di seluruh dunia.

Mengutip data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per Selasa (24/03/2020), jumlah korban infeksi virus corona telah mencapai 300,000 orang lebih di seluruh dunia.

Meski begitu, jumlah korban sembuh menurut data John Hopkins University, mencapai 100,000 orang lebih.

Di tengah pandemi virus corona ini, tidak bisa dipungkiri banyak pihak yang pasti merasa cemas dan khawatir dengan kesehatan dirinya maupun keluarga. Moms mungkin menjadi salah satunya yang khawatir dengan keluarga saat ini.

Baca Juga: Bisakah Terjadi Infeksi Virus Corona pada Balita? Berikut Penjelasannya

Tips Melindungi Keluarga dari COVID-19

Namun terlalu cemas tentu tidak akan membantu. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan untuk melindungi keluarga kita dari infeksi COVID-19. Yuk, kita intip.

1. Jauhi Pertemuan Sosial

lindungi keluarga dari covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Hal pertama yang bisa kita lakukan untuk melindungi keluarga dari COVID-19 adalah dengan menghindari tempat-tempat yang penuh dengan kerumunan orang.

Meskipun Moms dan keluarga termasuk orang yang aktif di lingkungan kompleks ataupun kegiatan komunitas, di saat-saat ini sebaiknya hindari dulu pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Semakin banyak orang, maka akan semakin besar pula kemungkinan kita untuk tertular COVID-19.

2. Tidak Bepergian ke Luar Negeri

lindungi keluarga dari covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin melihat harga-harga tiket perjalanan ke luar negeri yang amat murah, membuat kita tertarik untuk membelinya dan jalan-jalan.

Namun ingat Moms, risikonya adalah terinfeksi virus corona, apalagi jika negara yang kita kunjungi merupakan salah satu negara infeksi.

Terlebih lagi jika Moms dan keluarga mungkin sudah merencanakan perjalanan keluarga ini jauh-jauh hari, ada baiknya ditunda terlebih dahulu demi melindungi kita sendiri dan juga keluarga dari COVID-19.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan orang dewasa untuk tidak membuat rencana perjalanan atau jika sudah dibuat, tunda dulu.

Sebab, bepergian seperti liburan akan meningkatkan peluang bertemu banyak orang, yang juga meningkatkan risiko penularan virus corona.

3. Bekerja dan Beraktivitas di Rumah

lindungi keluarga dari covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Bila memungkinkan, lebih baik Moms dan Dads bekerja atau beraktivitas di rumah saja. Minimalisir kegiatan di luar rumah sebisa mungkin ya!

Beraktivitas di rumah mungkin terasa membosankan. Namun jangan khawatir Moms, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Belanja online bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan saat bosan. Moms bisa sekaligus memenuhi kebutuhan keluarga selama pandemi corona dengan belanja hal-hal yang diperlukan secara online.

Moms bisa berbelanja berbagai keperluan di Orami, lho. Jika Moms mencari kebutuhan anak dan ibu, seperti popok, susu formula, sabun bayi, dan kebutuhan bayi lainnya, maka Orami adalah jawabannya!

Moms tidak perlu khawatir berbelanja di Orami di tengah pandemi corona.

orami ecommerce

Produk-produk yang Moms beli telah diberi disinfektan untuk mencegah dari paparan virus dan bakteri.

Setiap kurir internal juga selalu mengenakan masker, serta semua kantor dan gudang Orami senantiasa terjaga kehigienisannya.

Jadi, dipastikan belanja di Orami akan tetap aman dan nyaman. Ditambah dengan berbagai promo dan diskon yang ditawarkan, Moms bisa berbelanja dengan lebih tenang! Klik di sini untuk bisa belanja dengan aman di Orami.

Baca Juga: 6 Aktivitas di Dalam Rumah Saat Pandemi Corona, Anti Bosan!

4. Gunakan Teknologi Bertukar Kabar

lindungi keluarga dari covid-19

Foto: home.bt.com

Tentu sulit bagi kita untuk menjalani isolasi diri di rumah. Kadang ada perasaan kangen dan khawatir dengan keadaan keluarga lainnya. Nah, ini saatnya Moms bisa gunakan teknologi bertukar pesan untuk sekedar ngobrol-ngobrol.

Moms bisa gunakan Skype, panggilan video di WhatsApp maupun Line, Zoom, dan Google Meet. Sehingga kita tidak kesepian dan bisa berinteraksi dengan orang lain.

5. Jagalah Kesehatan Diri

lindungi keluarga dari covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Menjaga kesehatan diri menjadi kunci yang penting. Jangan lupa untuk membiasakan diri selalu mencuci tangan dengan sabun hingga bersih. Jangan menyentuh wajah, hidung, dan mulut jika tidak diperlukan.

Baca Juga: Cara Membuat Jamu Empon-Empon untuk Menangkal Virus Corona

Pastikan untuk menggunakan masker jika merasa tidak sehat. Perlu diingat, kita juga perlu menerapkan hal-hal ini di rumah, untuk melindungi keluarga.

Nah, dengan melakukan tips-tips di atas, dipastikan Moms sudah membantu melindungi keluarga dari infeksi COVID-19. Tetap waspada ya, Moms!

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar COVID-19, Moms juga bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait