KESEHATAN
6 Maret 2020

6 Cara Melancarkan Haid yang Tak Teratur

Haid tidak teratur bisa jadi karena ketidakseimbangan hormon. Lalu bagaimana cara melancarkan haid?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, lamanya siklus menstruasi atau haid wanita adalah 28 hari. Tetapi, tidak semua wanita punya siklus haid yang reguler atau sama setiap bulannya.

Menstruasi tidak teratur adalah ketika lama siklus menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

Untuk satu siklus, Moms bisa hitung sejak hari pertama menstruasi sampai bertemu hari pertama menstruasi selanjutnya.

Menstruasi atau haid adalah kondisi di mana endometrium, yang merupakan lapisan rahim dilepaskan. Lapisan ini kemudian muncul sebagai pendarahan dari rahim yang keluar lewat vagina.

Ada beberapa hal yang memengaruhi siklus haid tidak teratur, seperti ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon, gaya hidup kurang sehat, atau perubahan metode kontrasepsi.

Baca Juga: Benarkah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

Cara Melancarkan Haid

Tapi tenang, Moms. Ada banyak cara kok untuk melancarkan haid. Apa saja cara-cara melancarkan haid tersebut? Yuk, simak di bawah ini.

1. Kurangi Stres Berlebihan

nervous-stressed-female-student-feeling-headache-studying-cafe_1163-5168.jpg

Percaya atau tidak, para peneliti berpendapat bahwa mengurangi stres emosional yang tinggi adalah cara melancarkan haid.

Untuk itu, temukan cara untuk mengurangi stres seperti perbanyak refreshing, cukup tidur, dan makan makanan sehat.

Ingat, masalah tidak akan selesai apabila Moms memilih untuk tenggelam dalam stres daripada mencari jalan keluarnya.

Lakukan aktivitas yang bisa membuat Moms merasa happy, serta cari dukungan dari sekitar seperti keluarga, teman, dan kerabat. Coba legakan hati agar Moms tidak merasa stres berlebihan lagi, ya.

2. Meditasi

Meditasi adalah cara sederhana dan gratis untuk mengurangi stres di rumah atau di tempat kerja.

Karena stres dan haid tidak teratur ternyata berhubungan, maka meditasi tentu saja jadi salah satu cara untuk mengurangi stres dan melancarkan haid.

Untuk bermeditasi, coba lakukan hal-hal ini Moms:

  • Temukan tempat yang tenang untuk duduk.
  • Duduk tegak, dengan tangan rileks dan posisi berlutut.
  • Bernapas secara teratur.
  • Fokuskan diri pada suara napas.
  • Dengarkan suara di sekitar Moms.
  • Akui pikiran yang sedang ada dalam benak, lalu lepaskan.
  • Untuk tahap awal, cobalah bermeditasi selama beberapa menit saja, kemudian tambah waktu satu menit tiap harinya.

Baca Juga: Ini Jenis dan Gejala Kista Ovarium yang Patut Diwaspadai

3. Lakukan Yoga

cara melancarkan haid 1.jpg

Yoga telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk berbagai masalah menstruasi, termasuk jadi cara melancarkan haid.

Sebuah studi yang dilakukan Department of Obstetrics and Gynecology, Chhatrapati Sahuji Maharaj Medical University, India, pada 126 peserta menemukan bahwa 30-40 menit yoga, 5 hari selama 6 bulan bisa menurunkan kadar hormon yang berhubungan dengan haid tidak teratur.

Yoga juga telah terbukti mengurangi nyeri haid dan gejala emosional yang berhubungan dengan menstruasi, seperti depresi dan kecemasan, serta meningkatkan kualitas hidup pada wanita dengan dismenore primer (wanita yang mengalami rasa sakit luar biasa sebelum dan selama haid)

Moms bisa melakukan yoga di gym bersama teman-teman agar tetap semangat atau bisa juga mengikuti tutorial yang ada di Youtube.

Carilah gerakan yang mudah untuk pemula, jika sudah bisa baru lanjutkan ke level berikutnya.

4. Capai Berat Badan yang Ideal

Moms, kelebihan atau kekurangan berat badan bisa jadi yang membuat haid tidak teratur, lho. Hal ini tentu saja berimbas kepada ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Untuk itu, sangat penting untuk mencapai dan menjaga berat badan yang ideal.

Studi dari Marium Mustaqeem, Medical Student at Dow Medical College, Dow University of Health Sciences, Karachi, Pakistan menyebutkan bahwa wanita yang kelebihan berat badan juga lebih cenderung mengalami haid yang tidak teratur dan mengalami perdarahan dan rasa sakit yang lebih berat. Hal ini disebabkan oleh dampak sel-sel lemak terhadap hormon dan insulin.

Konsultasikan pada ahli gizi dan dokter mengenai target berat badan ideal yang perlu Moms capai, sebab berat badan ideal pada setiap orang berbeda-beda sesuai kebutuhan tubuhnya.

5. Konsumsi Vitamin D

Haruskah Busui Mengonsumsi Vitamin Prenatal 1.jpg

Vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam usus yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin D juga dapat membantu mengatur ovulasi.

Sebuah studi tahun 2015 yang dilakukan oleh Anne Marie Z Jukic dan kawan-kawannya menemukan hubungan antara tingkat rendah vitamin D dan haid tidak teratur.

Sebuah uji klinis skala kecil 2014 menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium, dapat menjadi cara melancarkan haid.

Moms juga bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, lho. Vitamin D juga bisa didapatkan dari salmon, tuna, susu, dan sereal.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Jeruk Nipis

6. Bahan-bahan Alami

Ada beberapa bahan-bahan alami yang juga bisa membantu melancarkan haid. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Jahe

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan hal ini, tetapi jahe sudah sejak lama dipercaya bisa melancarkan haid. Meskipun begitu, beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa jahe bisa mengurangi gejala PMS.

  • Kayu Manis

Kayu manis dipercaya bisa mengurangi berbagai masalah terkait menstruasi, termasuk melancarkan haid.

Sebuah studi menemukan bahwa kayu manis bisa jadi pilihan pengobatan alternatif untuk wanita dengan PCOS.

Kayu manis juga sudah terbukti secara signifikan untuk mengurangi nyeri menstruasi dan perdarahan.

  • Cuka Sari Apel

Meminum 15 ml cuka sari apel setiap hari bisa membantu melancarkan haid. Selain itu, cuka sari apel juga bisa membantu Moms menurunkan berat badan, kadar gula darah, dan insulin. Moms bisa mencampurnya dengan tambahan air dan madu.

  • Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang dapat mengurangi peradangan yang bisa jadi penyebab haid tidak teratur.

Meskipun beluma da penelitian yang menegaskan hal ini, tetapi mengonsumsi nanas untuk melancarkan haid sudah dipercaya sejak dulu.

  • Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami yang banyak dimanfaatkan untuk masalah kesehatan, termasuk melancarkan haid.

Sama seperti nanas, kandungan curcumin dalam kunyit punya sifat anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan. Beberapa penyebab haid tidak teratur biasanya disebabkan oleh peradangan.

Baca Juga: Perlu Diketahui, Cara Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Haid

Moms, itulah cara melancarkan haid yang bisa dilakukan. Apabila haid tidak kunjung datang dalam waktu yang cukup lama, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter kandungan ya, Moms.

(SR/ERW)

Artikel Terkait